Comscore Tracker

5 Lagu Karya Ahmad Dhani yang Sukses Dibawakan oleh Musisi Lain

Lagu mana yang kamu suka?

Siapa yang tak kenal dengan Ahmad Dhani? Pentolan grup band legendaris Dewa 19 ini merupakan musisi dan pencipta lagu yang telah melahirkan ratusan judul lagu dengan lirik-lirik jeniusnya.

Bersama Dewa 19, Ahmad Dhani telah merilis sebanyak sembilan album yang hampir semua lagu dalam album-albumnya menjadi hits. Selain menciptakan lagu untuk band-nya, musisi kelahiran Surabaya ini juga menciptakan lagu untuk artis dan musisi lain. Apa saja lagu-lagunya yang dibawakan oleh penyanyi lain? Berikut ulasannya.

1. Reza - 'Pertama'

https://www.youtube.com/embed/RfU75PYUdjk

Lagu 'Pertama' merupakan lagu karya Ahmad Dhani yang dibawakan oleh penyanyi Reza Artamevia. Lagu ini terdapat dalam album pertamanya Reza yang berjudul Keajaiban, dirilis pada tahun 1997.

Lagu ini pun menjadi awal kesuksesaan bagi Reza untuk menapaki industri musik Indonesia setelah sebelumnya menjadi penyanyi latar dalam grup band Dewa 19. Dalam album ini, Reza juga menyanyikan kembali lagu karya Randy Anwar yang dipopulerkan oleh Vina Panduwinata, berjudul 'Dia' dengan aransemen baru.

2. Ratu - 'Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi'

https://www.youtube.com/embed/b9qkxspA7eE

Grup musik bentukan Maia Estianty ini ternyata juga ikut mempopulerkan lagu karya Ahmad Dhani dalam album pertamanya, Bersama yang dirilis pada tahun 2003. Lagu yang pernah dipopulerkan oleh Dewa 19 ini kembali meraih kesuksesannya saat dibawakan oleh grup duo yang digawangi oleh Maia, yang saat itu masih menjadi istri Ahmad Dhani, dan Pinkan Mambo.

Pasalnya, album ini berhasil mengangkat nama Ratu di industri musik Indonesia. Namun ditengah kesuksesan album ini, Pinkan Mambo mengundurkan diri dari grup band yang membesarkannya dan digantikan oleh Mulan Kwok (sekarang Mulan Jameela) pada album berikutnya.

Baca Juga: 9 Inspirasi Gaya Couple Mulan Jameela dan Ahmad Dhani, Tak Ada Duanya!

3. Reza - 'Cinta Kan Membawamu Kembali'

https://www.youtube.com/embed/tnDfFEORLcA

Sama halnya dengan Ratu, Reza juga membawakan kembali lagu yang telah dipopulerkan oleh Dewa 19, berjudul 'Cinta Kan Membawamu Kembali'. Lagu tersebut termasuk dalam album kedua Reza yang bertajuk Keabadian. Selain menjadi pencipta lagu, Ahmad Dhani juga bertindak sebagai produser di album ini.

Lagu karya Ahmad Dhani lainnya yang tidak kalah hits dalam album ini adalah 'Aku Wanita'. Lagu tersebut kembali dinyanyikan oleh Bunga Citra Lestari yang berkolaborasi dengan DJ kenamaan, Dipha Barus pada tahun 2017.

4. Ari Lasso - 'Rahasia Perempuan'

https://www.youtube.com/embed/swOweDDl-5U

Setelah empat tahun tidak bersama Dewa 19, Ari Lasso merilis album keduanya yang berjudul Keseimbangan. Album ini mencetak beberapa hits, salah satunya adalah 'Rahasia Perempuan' yang diciptakan oleh Ahmad Dhani.

Album ini pun meraih kesuksesan sama seperti album pertamanya, Sendiri Dulu dan nama Ari Lasso kian bersinar di industri musik tanah air. Selain lagu 'Rahasia Perempuan', lagu karya Ricky 'Five Minutes' yang berjudul 'Hampa' juga menjadi hits dalam album ini. Bahkan lagu tersebut pun masih disukai oleh penikmat musik Indonesia hingga kini.

5. Chrisye feat. Ahmad Dhani - 'Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada'

https://www.youtube.com/embed/Wh1qpLBZn-o

Setelah berkolaborasi dengan musisi Erwin Gutawa selama 10 tahun terakhir, Chrisye akhirnya memutuskan untuk berkolaborasi dengan artis-artis lain, salah satunya Ahmad Dhani. Pentolan grup band Dewa 19 ini membawakan lagu ciptaannya bersama Chrisye, yang berjudul 'Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada'.

Lagu ini terdapat dalam album terakhir Chrisye yang berjudul Senyawa. Lagu tersebut pun menjadi hits karena video klipnya yang sering ditayangkan di televisi. Setelah perilisan album ini, nama Chrisye kian tenggelam karena kanker paru-paru yang menggerogoti tubuhnya hingga akhirnya membuat penyanyi bersuara melengking itu mengembuskan nafasnya yang terakhir pada 30 Maret 2007.

Itulah beberapa lagu karya Ahmad Dhani yang dipopulerkan oleh penyanyi atau musisi lain. Meskipun tidak dibawakan oleh Dewa 19, namun karya Ahmad Dhani ini tetap disukai oleh masyarakat terutama anak muda.

Baca Juga: Siap Bikin Terpukau, MALIQ & D’Essentials Bawa Ulang Lagu Ahmad Dhani

Nurrahman Fadholi Photo Verified Writer Nurrahman Fadholi

Mahasiswa, pengajar, dan penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya