Comscore Tracker

5 Pelawak Indonesia yang Ikonik, Idola walau Sudah Wafat

Masih ingatkah dengan mereka?

Komedi merupakan salah satu hiburan yang digemari masyarakat selain musik. Panggung komedi mulai merambah ke industri hiburan tanah air saat grup lawak Srimulat tampil di stasiun televisi TVRI dan populernya film-film yang bergenre komedi pada era 80-an.

Pada era 1990-an, panggung komedi kembali diramaikan oleh grup lawak Bagito dan Patrio saat mereka tampil di salah satu stasiun televisi swasta. Selain itu, banyak pelawak Indonesia yang populer pada era tersebut namun sebagian dari mereka telah wafat. Berikut adalah pelawak legendaris yang sangat dikenal oleh era 1990-an.

1. Benyamin Sueb

5 Pelawak Indonesia yang Ikonik, Idola walau Sudah Wafatdok. youtube.com/RCTI Files

Siapa yang tak kenal komedian satu ini? Pelawak berdarah Betawi ini merupakan seniman serba bisa. Tidak hanya bermain film dan melawak, Benyamin juga piawai menyanyi. Karirnya di dunia musik telah menghasilkan puluhan album sejak tahun 1970-an.

Namanya juga dikenal saat membintangi sinetron Si Doel Anak Sekolahan pada tahun 1994 sebagai Babe Sabeni. Namun saat meraih kepopulerannya karena membintangi sinetron ini, komedian kelahiran 5 Maret 1939 ini menghembuskan nafasnya yang terakhir pada 5 September 1995 karena serangan jantung.

2. Taufik Savalas

5 Pelawak Indonesia yang Ikonik, Idola walau Sudah Wafatyoutube.com/PROGRAM NOSTALGIA RCTI

Taufik Savalas merupakan pembawa acara yang dikenal saat membawakan acara Asal (Asli atau Palsu) pada tahun 2000. Selain itu, pria yang bernama asli Muhammad Taufik ini juga dikenal sebagai komedian dan juga bintang iklan. Bahkan ia juga sempat bermain dalam beberapa sinetron yang ditayangkan di beberapa stasiun televisi swasta.

Namun pada saat sedang berada di puncak kejayaan, pelawak bertubuh gempal ini meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan lalu lintas di Purworejo, Jawa Tengah seusai menghadiri sebuah acara di Purworejo pada 11 Juli 2007. Taufik Savalas meninggal pada usia 41 tahun.

3. Basuki

5 Pelawak Indonesia yang Ikonik, Idola walau Sudah Wafatdok. youtube.com/Antangin ID

Masih ingat iklan obat masuk angin yang dibintanginya dengan jargon wes ewes ewes? Iklan tersebut dibintangi oleh mendiang Basuki. Basuki merupakan pelawak yang tergabung dalam grup lawak Srimulat.

Putra mendiang Suwito Hadiwiryono atau Pete Srimulat ini juga dikenal saat membintangi sinetron Si Doel Anak Sekolahan sebagai Mas Karyo. Kariernya di dunia hiburan pun berlangsung hingga ia menghembuskan nafasnya yang terakhir pada 12 Desember 2007. Basuki meninggal akibat serangan jantung sehabis bermain futsal dengan kawan-kawannya.

Baca Juga: 10 Idol yang Bisa Alih Profesi Jadi Pelawak Saking Kocaknya

4. Ade Namnung

5 Pelawak Indonesia yang Ikonik, Idola walau Sudah Wafatdok. youtube.com/LUCU AJA BOLEH

Pria bernama asli Syamsul Effendi ini merupakan seorang pembawa acara sekaligus pelawak. Namanya dikenal saat tampil di acara komedi, Tawa Sutra pada tahun 2006 bersama Arie Untung, Fanny Fadillah, mendiang Budi Anduk, Ruben Onsu, dan Peppy.

Ade Namnung juga sempat membawakan acara musik Dahsyat pada tahun 2010 hingga terbaring sakit pada tahun 2012. Presenter bertubuh gemuk ini meninggal dunia pada 31 Januari 2012 karena serangan jantung. Ade meninggal pada usia 35 tahun.

5. Timbul Suhardi

5 Pelawak Indonesia yang Ikonik, Idola walau Sudah Wafatdok. youtube.com/MNCTV OFFICIAL

Sama seperti Basuki, Timbul merupakan pelawak yang tergabung dalam grup lawak Srimulat. Selain itu, pelawak kelahiran Magelang, 28 Desember 1942 ini juga dikenal saat tampil di acara Ketoprak Humor yang ditayangkan di stasiun televisi RCTI pada tahun 1998.

Timbul juga membintangi beberapa sinetron yang ditayangkan di televisi. Pada 26 Maret 2009, Timbul menghembuskan nafas terakhirnya akibat komplikasi penyakit stroke, vertigo, dan diabetes. Timbul meninggal pada usia 67 tahun.

Selain lima pelawak Indonesia di atas, masih ada beberapa pelawak lagi yang telah wafat seperti Budi Anduk, Asmuni, Dono, dan Kasino. Meskipun mereka telah wafat, namun namanya telah dikenal oleh generasi 1990-an.

Baca Juga: 5 Profesi Marshel Widianto sebelum Jadi Pelawak Sukses

Nurrahman Fadholi Photo Verified Writer Nurrahman Fadholi

Mahasiswa, pengajar, dan penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya