Comscore Tracker

7 Rekomendasi Lagu Islami yang Cocok Diputar saat Ramadan, Syahdu!

Melodi dan liriknya bikin hati adem #IDNTimesHype

Masih dalam suasana pandemik, membuat Ramadan tahun ini gak banyak berbeda dari tahun lalu. Meski begitu gak menyurutkan semangat untuk berpuasa dan beribadah tentunya. Bulan suci dan penuh berkah ini memang selalu ditunggu-tunggu umat Islam setiap tahunnya. 

Agar Ramadanmu makin berwarna, berikut rekomendasi lagu yang cocok menemani aktivitas saat #RamadanDiRumahAja, dijamin makin seru dan ceria. Keep listening!

1. Tompi- Ramadan Datang

https://www.youtube.com/embed/vHeVMT_U7N8

Dalam albumnya Soulful Ramadan, ada satu lagu Tompi yang sangat mencuri perhatian. Lirik dan musik videonya sangat menggambarkan suasana Ramadan sehingga membuat lagu berjudul "Ramadan Datang" ini paling disukai banyak orang. Paling pas jika diputar jelang buka puasa.

2. Maher Zain- Ramadan

https://www.youtube.com/embed/IhIiusMJsgU

Penyanyi Maher Zain memang identik dengan lagu-lagu islami. Genre musik yang diusungnya pun jadi salah satu banyak orang menyukai lagu-lagunya. Yaitu genre R&B dan Soul.

Salah satu lagu Maher paling populer adalah berjudul "Ramadan". Lagu ini sendiri dirilis tahun 2013 dan sekarang jadi salah satu lagu ikonik paling sering diputar pas Ramadan. Faktanya nih, lagu ini  juga dibuat ke berbagai versi lho!

3. BCL- Bulan Penuh Ampunan

https://www.youtube.com/embed/QgRgWLs2uOw

Lagu yang gak boleh terlewat nih, "Bulan Penuh Ampunan" yang dinyanyikan oleh Bunga Citra Lestari. Lagu ini dirilis pada tahun 2015 lalu dan hingga sekarang jadi lagu wajib diputar saat Ramadan lho.

Lewat lagu yang bernuansa Melayu ini, BCL mengajak untuk lebih taat beribadah dan selalu bersyukur. Liriknya bikin hati adem deh!

Baca Juga: 10 Lagu Religi Hits yang Penuh Makna untuk Ramadan

4. Haddad Alwi- Marhaban Ya Ramadan

https://www.youtube.com/embed/xWsVHT-9XQo

Haddad Alwi Assegaff merupakan salah satu penyanyi religi hits di Indonesia. Berbagai lagu bernuansa islami telah dinyanyikan oleh pria kelahiran 13 Maret 1966. Salah satunya "Marhaban Ya Ramadan". Lagu ini dibuat memang untuk menyambut bulan suci Ramadan lho.

5. Haddad Alwi- Rindu Muhammadku

https://www.youtube.com/embed/l50dEZ0qS-U

Meski dalam liriknya gak membahas tentang Ramadan, namun yang membuat lagu "Rindu Muhammadku" ini jadi istimewa karena mengingatkan banyak kejadian yang terjadi di bulan Ramadan semasa zaman Nabi Muhammad SAW.

Seperti kejadian Perang besar atau Badar Al-Kubra (2 Hijriyah), Penaklukkan Makkah (tanggal 10, 8 Hijriyah) dan penduduk Yaman memeluk agama Islam (10 Hijriyah) terjadi pada bulan Ramadan.

Sungguh banyak peristiwa maupun kejadian besar yang terjadi pada bulan suci penuh ampunan ini. Hal ini pun menjadi pegingat bagi kita akan perjuangan keras Nabi Muhammad SAW bersama kaum muslimin untuk menyiarkan agama Islam. 

6. Opick- Ramadan Tiba

https://www.youtube.com/embed/XLunTSk5Z-c

Kalo lagu ini sih, gak boleh terlewat ya. "Ramadan Tiba" yang dinyanyikan Opick sangatlah legendaris. Tiap tahun gak pernah bosan buat dengerin. Iya gak?

7. Ungu Band feat Lesty Kejora- Bismillah Cinta

https://www.youtube.com/embed/na5rVR5SIFM

Ungu jadi salah satu band legendaris yang cukup produktif merilis lagu religi. Teranyar Ungu band menggandeng penyanyi Lesty Kejora untuk menyanyikan lagu "Bismillah Cinta". Melodinya yang easy listening membuat betah dengerin.

Apalagi liriknya menyimpan berbagai makna, seperti situasi kita yang saat ini dilanda pandemi pun dituliskan apik oleh Pasha. 

Nah, itu dia beberapa rekomendasi lagu yang cocok banget diputar saat Ramadan. Lagu mana nih yang paling favoritmu?

Baca Juga: Suara 10 Penyanyi Religi yang Wajib Jadi Teman Berbuka Puasa, Legit!

S H Photo Verified Writer S H

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya