Comscore Tracker

5 Fakta Album Love Goes, Sam Smith Belajar tentang Cinta

Cerita Sam Smith di balik album Love Goes #HypeIDN

Kembali menyapa penggemar, pelantun lagu Stay With Me, Sam Smith merilis album ketiganya bertajuk Love Goes. Rilis pada 30 Oktober 2020, membutuhkan waktu dua tahun lho untuk mengerjakan album ini.

"Aku sekarang 28 tahun, itu berarti aku berusia 26-27 tahun di tahun itu (saat mengerjakan album). Ya, itu cukup intens, aku telah tumbuh dewasa. Aku belajar untuk lebih bertanggung jawab dalam hidup, aku belajar banyak tentang hubungan, cinta, dan yang paling utama aku mencari cara untuk tidak insecure," ujar Sam Smith.

Dalam wawancara virtual pada Senin, 12 Oktober 2020, Sam Smith membagikan kisahnya di balik pembuatan album ini kepada IDN Times. Yuk, simak 5 fakta di balik album Love Goes di bawah ini!

1. Sam Smith menggarap Love Goes dalam dua tahun yang paling eksperimental

5 Fakta Album Love Goes, Sam Smith Belajar tentang CintaSam Smith dalam konferensi pers virtual album Love Goes (12/10/2020) (Dok. Universal Music)

Dua tahun terakhir menjadi tahun yang paling eksperimental untuk Sam Smith, baik dalam kehidupan pribadi maupun karier bermusik. Namun kerennya, dalam dua tahun ini pula Sam Smith mengerjakan album ketiganya. Siapa yang menyangka, ia justru mendapat banyak pelajaran, salah satunya mencintai diri sendiri.

"Aku menghabiskan banyak waktu masa kecilku merasa insecure dengan tubuh dan seksualitasku. Namun, dalam dua tahun yang luar biasa ini, aku mencoba fokus untuk membebaskan diri dan menjadi diriku sendiri," ujar penyanyi 28 tahun ini. 

2. Love Goes menjadi tanda hubungan pertama Sam Smith sebagai queer

5 Fakta Album Love Goes, Sam Smith Belajar tentang CintaSam Smith Love Goes (instagram.com/samsmith)

Love Goes merupakan judul album yang diambil dari salah satu lagu dalam album ini. Sesuai dengan judulnya, lirik lagu ini menceritakan tentang bagaimana sebuah cinta terjadi.

Berbeda dari dua album pertamanya yang lebih bercerita tentang cinta satu pihak, di album ketiganya ini lebih menceritakan tentang berbagi cinta. Selain itu, Sam juga mengatakan album ini seperti menandai hubungan pertamanya sebagai queer.

"Bagi queer, hubungan pertama sangatlah penting dan perubahan hidup bisa menjadi sangat sulit. Jadi bagiku, Love Goes menjadi tanda bagaimana aku mengerti apa itu cinta," ungkapnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Lagu Sam Smith yang Sempurna Jadi Teman Kala Menangis

3. Setiap lagu memiliki cerita dan emosi yang berbeda

5 Fakta Album Love Goes, Sam Smith Belajar tentang CintaKolase track list album Love Goes (instagram.com/samsmith)

Berbeda dari album pada umumnya yang memiliki satu cerita yang utuh, kali ini Sam Smith menciptakan 11 lagu dengan cerita dan emosi yang berbeda-beda. Jadi, setiap orang tidak perlu mendengarkan album ini secara berurut dari awal sampai akhir.

Hal ini dilakukan agar para pendengar bisa menikmati ragam selera musik yang dimiliki penyanyi kelahiran 19 Mei 1992 ini. Selain itu, Sam Smith juga menggambarkan tiap lagu dengan jenis bunga yang berbeda-beda, lho.

"Aku menggambarkan setiap lagu dalam berbagai jenis bunga karena setiap lagu memiliki emosi, perasaan, dan keindahannya masing-masing," ucapnya. 

4. Sajikan banyak tarian dan genre pop

5 Fakta Album Love Goes, Sam Smith Belajar tentang CintaSam Smith Love Goes (instagram.com/samsmith)

Setelah sukses dengan dua albumnya, In The Lonely Hour (2014) dan The Thrill of It All (2017), Sam Smith sajikan lagu yang lebih pop dan bisa bikin kamu ikutan nari dalam album ketiganya ini. Salah satu lagunya, Diamond, telah dirilis pada 18 September 2020. Dalam MV tersebut, Sam menunjukkan kemampuannya dalam menari. Terlihat luwes dan keren banget!

"Dalam album ini lagunya lebih populer dan sedikit ringan. Ketika aku bernyanyi tentang perasaanku, aku tidak ingin datang ke studio dan merasa depresi. Kali ini studio akan menjadi tempat yang aman dan menyenangkan untukku," ujarnya.

5. Ini dua lagu favorit Sam Smith!

5 Fakta Album Love Goes, Sam Smith Belajar tentang CintaSam Smith Love Goes (instagram.com/samsmith)

Terdapat 11 lagu, Sam Smith punya dua lagu favorit, nih. Another One menjadi lagu yang paling sering didengarkan, karena bisa membuatnya menari dan menangis di waktu yang bersamaan. Selain itu, bagi Sam lagu ini merupakan salah satu tulisan dan terapi terbaik untuknya. Lagu kedua yang jadi favoritnya adalah Love Goes yang berkolaborasi dengan Labrinth.

"Aku tahu akan klise ketika mengatakannya, tetapi ini karena pengalaman yang menyenangkan ketika bekerja dengan Labrinth. Jadi, aku tidak sabar orang-orang akan mendengarkan lagu ini," ujar Sam Smith.

Punya makna dan cerita yang menyentuh, itu dia 5 fakta di balik pembuatan album Love Goes oleh Sam Smith. Wah, selamat Sam Smith untuk peluncuran album ketiganya!

Baca Juga: Memasuki Umur ke-28, Begini 5 Fakta Sam Smith Tak Semua Orang Tahu

Topic:

  • Olivia Sabat
  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya