Comscore Tracker

5 Musisi yang Konsisten Bermusik di Jalur Religi, Musiknya Syahdu

Mereka konsisten di jalur ini meski sedang tidak Ramadan

Ramadan dan lagu religi seperti dua hal yang tidak terpisahkan. Ketika Ramadan hadir, lagu-lagu religi pun mulai banyak disenandungkan. Bahkan musisi yang biasanya mengusung genre di luar religi, pada bulan Ramadan mulai merilis single religi.

Meski usai Ramadan tidak lagi merilis lagu religi, tapi hal semacam ini memang sah-sah saja dalam dunia showbiz.

Namun, di antara musisi-musisi tersebut ada juga yang memang fokus dan konsisten bermusik di jalur religi. Baik itu saat Ramadan atau bahkan sebelum dan sesudahnya, mereka tetap melahirkan lagu-lagu religi dalam setiap albumnya.

Siapa saja mereka? Yuk, simak.

1. Bimbo

5 Musisi yang Konsisten Bermusik di Jalur Religi, Musiknya Syahdumusik.pokelagu.com

Bimbo adalah grup musik yang sudah ada sejak tahun 1960an. Berbagai genre lagu telah lahir dari musisi kawakan ini. Mulai dari lagu balad yang puitis, lagu tentang kritik sosial, sampai pada lagu religi sudah banyak mereka bawakan. Hingga sekarang, lagu religi ini pun masih lekat dengan image Bimbo.

Suara merdu yang khas membuat semua generasi tetap bisa menikmati kemerduan dan kesederhanaannya. Meski sudah tidak se-eksis dulu, tapi Bimbo mampu konsisten di jalur religi. Beberapa lagu bahkan kembali dibawakan musisi lain, terutama di saat Ramadan seperti sekarang ini.

2. Hadad Alwi

5 Musisi yang Konsisten Bermusik di Jalur Religi, Musiknya Syahduen.redsearch.org

Hadad Alwi dikenal sebagai musisi yang sangat konsisten dengan lagu religi sejak awal kemunculannya. Hingga sekarang jika menyebut Hadad Alwi, salah satu yang terlintas adalah kesuksesannya berduet dengan penyanyi cilik. Sebut saja Sulis, lagu Ummi-nya sampai sekarang masih diingat dengan jelas.

Sangat lekat dengan image duet, setelah Sulis beranjak remaja, Hadad Alwi kembali menggandeng penyanyi cilik lain. Selain itu, ternyata Hadad Alwi juga pernah berduet dengan Duta Sheila on 7, Tasya, dan Gita Gutawa.

Baca Juga: Ini Dia 5 Platform Digital Terkeren untuk Melejitkan Karya Musisi

3. Opick

5 Musisi yang Konsisten Bermusik di Jalur Religi, Musiknya Syahdukapanlagi.com

Aunur Rofiq Lil Firdaus atau lebih dikenal dengan nama Opick menjadi musisi berikutnya yang juga eksis di jalur religi. Meski Opick juga mencipta beberapa lagu pop, tapi orang juga mengenalnya sebagai penyanyi lagu-lagu religi. Meski bukan penciptanya, Tombo Ati menjadi salah satu lagu yang lekat dengan Opick.

Tidak hanya lagu, penampilan Opick pun sangat khas dengan pakaian style muslim lengkap dan sorbannya. 

4. Debu

5 Musisi yang Konsisten Bermusik di Jalur Religi, Musiknya SyahduYouTube

Grup musik Debu memang tidak perlu diragukan lagi eksistensinya di jalur religi. Baik lagu berbahasa Indonesia, Arab maupun bahasa asing lainnya, aura Timur Tengah Debu terlihat sangat jelas. Suara penyanyinya yang merdu juga tidak kalah mengesankan, di samping wajah-wajah personelnya yang memang berasal dari berbagai negara.

Meski memiliki aliran sufi yang cukup kental, nyatanya Debu tidak hanya menggunakan rebana sebagai alat musiknya. Santur, tambura, harpa, biola, dan bass ikut meramaikan setiap lagu yang mereka bawakan.

5. Sabyan

5 Musisi yang Konsisten Bermusik di Jalur Religi, Musiknya Syahduinstagram.com/sabyan_gambus

Grup gambus Sabyan dikenal luas setelah lagu Deen Assalam mulai viral. Grup yang beranggotakan Nissa, Anisa, Ayus, Kamal, Tebe dan Sofwan ini memang dikenal dengan lagu-lagu islami serta shalawat.

Selain meng-cover lagu islami dan merilis beberapa single, Sabyan juga akan merilis albumnya Ramadan ini. Dengan mengusung tajuk Bismillah, album baru Sabyan akan berisi 9 lagu. Kita tunggu saja ya single andalannya resmi rilis.

Nah, itu tadi beberapa musisi tanah air yang konsisten bermusik di genre religi. Ada yang jadi favoritmu?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya