Comscore Tracker

Penuh Bintang! 12 Agensi Ternama yang Menaungi Aktor dan Aktris Korea

Ada yang aktornya merangkap CEO, lho! #WaktunyaKorea

Popularitas aktor dan aktris Korea memang sudah gak diragukan lagi. Bukan hanya di negara sendiri, fans mereka bahkan sudah merambah dunia internasional. Selain pesona visual dan kepiawaian akting yang mumpuni, popularitas aktor dan aktris Korea gak luput dari peran agensi mereka. Bahkan, nama besar agensi juga ikut memengaruhi perkembangan karier para bintang Korea, lho.

Bertabur bintang, berikut sederet agensi ternama yang menaungi aktor dan aktris Korea populer.

1. VAST Entertainment

Berdiri sejak 2016 dengan Hyun Bin sebagai CEO, VAST Entertainment kian menegaskan diri sebagai salah satu rumah terbaik bagi sejumlah bintang populer Korea. Selain Hyun Bin sendiri, ada nama Shin Do Hyun, Lee Yeon Hee, Stephanie Lee, Park E Hyun, dan Go Ha, minus Lee Jae Wook yang baru saja hengkang pada Maret 2021.

2. KeyEast Entertainment

Awalnya KeyEast berdiri dengan nama Tuneboom Korea Co., Ltd hingga akhirnya resmi mengusung nama KeyEast pada Maret 2006. Sempat berkolaborasi dengan JYP Entertainment, sejak 2018 KeyEast diakuisisi oleh SM Entertainment dengan saham pengendali 25%.

Sejumlah aktor dan aktris populer masih bernaung di bawah KeyEast hingga sekarang. Sebut saja Hwang In Yeop, Moon Ga Young, Woo Do Hwan, Kang Han Na, Lee Dong Hwi, hingga Jo Bo Ah.

3. S.A.L.T Entertainment

Fans KDrama pasti juga sudah gak asing lagi dengan S.A.L.T Entertainment. Nama S.A.L.T yang merupakan kepanjangan Sharing, Amusement, Love, and Trust sejalan dengan visi yang diusung, yaitu menghargai satu sama lain berdasarkan kepercayaan dan saling berdampingan untuk bekerja sama.

Gak heran kalau bintang populer, seperti Park Shin Hye, Kim Seon Ho, Kim Ji Won, Kim Ju Hun, dan Lee Jun Kyung masih betah bernaung di bawah S.A.L.T Ent.

4. BH Entertainment

Jadi rumah untuk sejumlah aktor dan aktris populer seperti Kim Go Eun, Park Bo Young, dan Han Hyo Joo, BH Entertainment juga jadi salah satu agensi ternama di Negeri Ginseng. Mengusung nilai people and personality, BH Entertainment juga punya moto yang menarik, yaitu "Happiness Together".

5. Awesome Entertainment 

Berdiri sejak 2018, Awesome Entertainment merupakan agensi yang dibuat oleh Yang Geun Hwan usai keluar dari KeyEast. Berawal dari hanya mengelola tiga artis, yakni Park Seo Jun, Hong Soo Hyun, dan Yura, Awesome Entertainment kemudian juga jadi rumah bagi artis yang bernaung di bawah Content Y Entertainment usai sahamnya diambil alih.

Sebut saja Han Ji Hye, Lee Hyun Woo, Kim Do Wan, Bae Hyun Sung, Jo So Min, dan terbaru Kim Yoo Jung baru bergabung pada September 2020 lalu.

6. Management Soop 

Management SOOP Corporation adalah agensi artis yang berdiri pada tahun 2011. Sejak 2019, Management SOOP jadi bagian dari Kakao M sebagai anak perusahaan. Hingga saat ini telah banyak aktor dan aktris populer yang bernaung di bawah agensi yang namanya memiliki arti 'hutan' ini. Artis tersebut di antaranya adalah Gong Yoo, Bae Suzy, Nam Joo Hyuk, Gong Hyo Jin, Jung Yu Mi, Choi Woo Shik, dan Kim Jae Wook.

Baca Juga: Comeback di Second Anna, 9 Potret Bae Suzy yang Kian Paripurna!

7. King Kong by Starship Entertainment 

Awalnya agensi ini berdiri dengan nama King Kong Entertainment pada 2009. Kemudian setelah diakuisisi oleh Starship Entertainment, anak perusahaan Kakao M, pada 2015 berubah nama menjadi King Kong by Starship Entertainment.

Aktor dan aktris yang bernaung di antaranya adalah Lee Dong Wook, Kim Bum, Yoo Yeon Seok, Lee Kwang Soo, Chae Soo Bin, dan Lee Elijah. Selain itu, King Kong Ent. juga mengelola sejumlah grup KPop seperti Monsta X dan Cravity.

8. Blossom Entertainment 

Blossom Entertainment adalah salah satu manajemen bakat yang didirikan oleh aktor Cha Tae Hyun dan sang manajer, Seung Byeong Ok, pada Maret 2012 silam. Selain Cha Tae Hyun, agensi ini juga menaungi beberapa aktor lain, seperti Park Bo Gum, Chae Sang Woo, Han Sang Jin, Lim Ju Hwan, dan Son Seung Won.

9. Namoo Actors 

Namoo Actors merupakan agensi manajemen bakat yang berdiri sejak 2004. Agensi ini mengusung misi menjadi sosok teman yang jujur, suporter yang bisa diandalkan, dan partner yang terpercaya bagi artis-artisnya. Gak heran kalau sederet aktor dan aktris populer ikut bernaung di bawahnya.

Sebut saja aktor Ji Sung, Lee Joon Gi, Lee Tae Sun, hingga Song Kang. Kalau aktrisnya ada Moon Chae Won, Park Eun Bin, Park Min Young, dan Shin Se Kyung.

10. YG Entertainment  

Dikenal sebagai salah satu dari tiga raksasa label rekaman ternama, YG Entertainment ternyata juga menaungi sejumlah artis hiburan, termasuk dari dunia akting. Agensi yang diketahui jadi rumah grup KPop Blackpink ini juga menaungi Kim Hee Ae, Choi Ji Woo, Lee Soo Hyuk, Lee Sung Kyung, Yoo In Na, dan Jang Ki Yong di bawah bendera YG Stage.

11. A-MAN Project 

Sudah jadi rahasia umum kalau A-MAN Project merupakan agensi yang didirikan oleh aktor Lee Jong Suk setelah memutuskan keluar dari YG Entertainment pada 2018 silam. Selain Lee Jong Suk sendiri, ada aktris Kwon Nara yang juga ikut bergabung dengan A-MAN Project. Sayangnya hal ini sempat menimbulkan isu miring dan tuduhan kurang mengenakkan pada Lee Jong Suk karena rumor kedekatannya dengan Kwon Nara.

12. Gold Medalist

Bisa dibilang Gold Medalist Entertainment cukup baru sebagai agensi yang menaungi artis di Korea Selatan. Didirikan pada Januari 2020 oleh produser Kim Mi Hye dan Lee Ro Bae, kini Gold Medalist jadi rumah baru untuk Kim Soo Hyun, Seo Ye Ji, dan Kim Sae Ron.

Selain tiga nama besar tadi, ada juga aktor rookie Choi Hyun Wook, salah satu pemeran di serial drama Taxi Driver, yang ikut bergabung dengan Gold Medalist. Ada juga aktor pendatang baru Kim Seung Ho yang memulai debutnya lewat web drama My Fuxxxxx Romance.

 

Bukan hanya bertabur bintang, kedua belas agensi tadi juga  punya nama besar di industri hiburan Korea. Gak heran kalau fans KDrama juga mengenal dan bahkan paham sejarahnya.

Baca Juga: Ada yang Kompak Satu Grup, 10 Idol Ini Tinggalkan Agensi di Tahun 2021

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya