Comscore Tracker

Siap-siap Tisu, 12 Film Korea Tersedih Ini  Bikin Banjir Air Mata 

Sedihnya kebangetan #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Gak cuma dramanya, film asal Negeri Ginseng juga telah menjadi salah satu hiburan yang banyak dinanti. Suguhkan genre yang variatif, cerita yang menarik, dan deretan aktor dengan visual menawan, sontak membuat publik makin kepincut dengan KMovie. Bahkan untuk film yang menguras air mata karena kelewat sedih sekalipun, tetap digemari, lho.

Harus siap-siap banyak tisu kalau kalau nonton, berikut sederet film Korea tersedih yang sukses bikin banjir air mata. Kisahnya juga relate dengan kehidupan, lho!

1. A Moment to Remember (2004)

https://www.youtube.com/embed/0xh0gcxAIa0

A Moment to Remember merupakan film yang diadaptasi dari drama televisi Jepang berjudul Pure Soul (2001). Film yang sukses menempati box office di Korea dan Jepang ini bercerita tentang romansa antara Su Jin (Son Ye Jin) dan Chul Soo (Jung Woo Sung) yang diwarnai kisah hilang ingatan akibat Alzheimer.

2. Hearty Paws (2006)

https://www.youtube.com/embed/3zFI_iSB804

Hearty Paws bercerita tentang persahabatan manusia dengan anjing, antara kakak beradik Chan Yi (Yoo Seung Ho) dan So Yi (Kim Hyang Gi) dengan Maeum. Suatu hari, So Yi meninggal karena tenggelam hingga Chan Yi sangat terpukul dan menyalahkan anjingnya. Kebencian Chan Yi membuatnya menelantarkan dan meninggalkan Maeum.

Kesetiaan Maeum ternyata gak membuatnya berhenti mengikuti Chan Yi dan membantunya saat mengalami kesulitan. Akhirnya anak laki-laki itu pun menyadari bahwa Maeum satu-satunya keluarga yang dia miliki.

3. Harmony (2010)

https://www.youtube.com/embed/xIxEwMjnfuY

Mengambil latar belakang penjara, Harmony berkisah tentang Jeong Hye, wanita naif yang dipenjara karena membunuh suaminya akibat serangan fisik. Kondisinya yang tengah hamil membuat ia harus menjalani kehamilan dan persalinan di lingkungan penjara.

Lepas 18 bulan, sang anak harus ditinggalkan untuk diadopsi. Rasa rindu membuat Jeong Hye ingin bertemu dengan sang anak. Perjuangannya demi menghabiskan waktu di luar penjara bersama sang anak pun sukses bikin penonton banjir air mata.

4. Hello Ghost (2010)

https://www.youtube.com/embed/Dje7QvPBZ3s

Film genre komedi mengangkat tema keluarga, Hello Ghost sukses bikin penonton ngakak dan sedih sekaligus. Bercerita tentang Sang Man yang terus menerus mengalami kegagalan saat mencoba bunuh diri. Gak hanya itu, dia malah jadi bisa melihat hantu, lho.

Sang Man pun menemui dukun yang malah memberinya saran untuk membantu para hantu tersebut menyelesaikan urusan yang belum tuntas di dunia. Meski diwarnai dengan adegan kocak yang sangat menghibur, tapi film ini punya twist ending yang bakal bikin nangis gak habis-habis. 

5. A Long Visit (2010)

https://www.youtube.com/embed/4m-k4L2OA2A

A Long Visit atau My Mom, merupakan film yang kental dengan kisah perjuangan dan kasih sayang seorang ibu untuk anaknya. Diawali dengan adegan Ji Suk, seorang penulis, yang tengah dalam perjalanan ke kampung halaman untuk menemui ibunya. Dalam perjalanan, dia teringat kisah masa kecil dan kasih sayang ibunya untuk dirinya. Buat yang kangen ibu, wajib nonton film yang satu ini.

6. A Werewolf Boy (2012)

https://www.youtube.com/embed/bGyLPT6pQs8

Buat yang sudah pernah nonton A Werewolf Boy (2012) pasti setuju kalau film yang mempertemukan Song Joong Ki dan Park Bo Young ini bikin gak bisa menahan derasnya air mata. Berawal dari pertemuan dengan anak lelaki "liar", Sun Yi (Park Bo Young) menjadi dekat dan mengajarkan banyak perilaku manusia pada Chul Soo (Song Joong Ki).

Berujung saling jatuh cinta, pada akhirnya mereka harus menghadapi kondisi yang sangat dramatis. Dijamin nangis, deh, nonton duet akting aktor dan aktris kece ini.

7. Hope (2013)

https://www.youtube.com/embed/sA4D_cTze2w

Diangkat dari kisah nyata Na Young, Hope (2013) mengusung cerita pilu seorang gadis kecil bernama So Won usai mengalami penculikan dan pemerkosaan hingga berujung trauma. So Won pun sampai harus menjalani operasi dan menggunakan kantong kolostomi sepanjang hidupnya. Gak sampai di situ, perjuangan sang ayah untuk menemukan pelakunya pun gak kalah bikin haru, lho.

Baca Juga: 10 Drama dan Film Korea Ini Berasal dari Legenda Korea, Tonton Yuk!

8. Miracle in Cell No. 7 (2013)

https://www.youtube.com/embed/rAsBlmSIksk

Miracle in Cell No. 7 merupakan film komedi dengan kisah yang cukup mengharukan. Melodrama keluarga ini bercerita tentang seorang ayah yang mengalami keterbelakangan mental yang dituduh membunuh hingga harus masuk penjara.

Di sel penjara, dia malah bisa bersahabat dengan narapidana lain yang notabene adalah penjahat berperangai kasar. Uniknya, teman-teman penjahat inilah yang membantu untuk mempertemukan dia dengan anak perempuan satu-satunya yang sangat dirindukannya.

9. Ode To My Father (2014)

https://www.youtube.com/embed/A2sD18Xw7bE

Mengusung tema sejarah tentang evakuasi Hungnam tahun 1950 di masa Perang Korea, Ode To My Father menjadi salah satu film terlaris sepanjang sejarah. Film keluarga yang memenangkan banyak award ini bercerita tentang perjuangan hidup anggota keluarga yang terpisah dan berusaha saling bertemu.

10. Salut D'Amor (2015)

https://www.youtube.com/embed/rFYQU9C9lzI

Meski menyajikan genre komedi romantis, tapi romansa dalam Salut D'Amor (2015) juga gak kalah bikin mewek. Bukan kisah cinta pasangan muda, film yang jadi debut Chanyeol EXO ini bercerita tentang romansa pasangan usia lanjut yang terhalang restu dari sang anak. Merasakan kenyamanan dari perbedaan karakter hingga saling jatuh cinta, ternyata perjuangan cinta mereka harus dipenuhi lika-liku. Wajib masuk watch list, nih.

11. Pure Love (2016)

https://www.youtube.com/embed/IBeoBQ82zto

Pure Love, atau dikenal juga dengan judul Unforgettable, diawali dengan cerita seorang penyiar radio yang mendapat surat dari cinta pertamanya. Hal ini pun membuatnya teringat pada kisah masa lalu tentang persahabatan mereka.

Berawal dari kisah tentang persahabatan lima remaja, hubungan mereka diwarnai perasaan cinta antara Beom Sil (Do Kyung Soo) dan Soo Ok (Kim So Hyun). Beom Sil adalah sosok sahabat setia yang selalu rela meminjamkan punggungnya untuk menggendong Soo Ok yang punya keterbatasan. 

12. Be With You (2018)

https://www.youtube.com/embed/_6tJmGxGaK4

Penggemar film bergenre melodrama pasti gak bakal melewatkan Be With You (2018). Dibintangi So Ji Sub dan Son Ye Jin, film ini bercerita tentang pasangan suami istri, Woo Jin dan Soo Ah, serta anak lelaki mereka, Ji Ho. Kebahagiaan keluarga kecil ini harus terenggut setelah Soo Ah meninggal karena sakit. Namun, ayah dan anak ini justru bertemu dengan perempuan yang sangat mirip dengan sosok sang ibu. 

Buat yang sudah nonton semua KMovie tadi, ada yang sampai nangis sesenggukan gak, nih? Jika kamu sedang mencari genre yang serupa, coba tonton film-film di atas, ya!

Baca Juga: Rekomendasi 10 Film Komedi Romantis Korea yang Pas Ditonton Malam Hari

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya