Comscore Tracker

5 KDrama yang Mengangkat Kisah Perjuangan Single Mom, Pernah Nonton? 

Penuh haru dan bikin banjir air mata #WaktunyaKorea #HypeIDN

KDrama dengan tema keluarga dan liku-likunya seringkali memiliki daya tarik yang besar sebab dianggap relate dengan kehidupan. Mulai dari hubungan antar anggota keluarga sampai konflik yang muncul, dikemas lewat visual dan cerita yang mampu menciptakan haru. Lebih spesifik lagi, tema keluarga yang mengangkat kisah ibu tunggal seringkali membuat penonton banjir air mata. 

Berikut beberapa judul KDrama yang mengangkat kisah perjuangan single mom yang sayang buat dilewatkan. 

1. When The Camellia Blooms (2019) 

https://www.youtube.com/embed/VO_TQgPPrIY

Drama yang mengusung genre com-rom dan thriller ini bercerita tentang Oh Dong Baek (Gong Hyo Jin), seorang ibu tunggal yang hidup bersama putra semata wayangnya, Pil Goo (Kim Kang Hoon). Demi kelangsungan hidup mereka, Dong Baek membuka usaha bar dan restoran bernama "Camellia" di sebuah kota kecil bernama Ongsan. 

Statusnya sebagai single parents membuat Dong Baek menjadi bahan gosip oleh warga sekitar. Namun, kemudian Dong Baek bertemu dengan Hwang Yong Shik (Kang Ha Neul), polisi setempat yang tampan tapi agak konyol. Sudah bisa diduga, Yong Shik pun jatuh cinta pada Dong Baek sejak awal pertemuan mereka. 

Menariknya, gak hanya menawarkan romansa, drama ini kemudian memunculkan kisah misteri tentang kasus pembunuhan berantai. Bahkan, Dong Baek yang diduga menjadi saksi salah satu kasus, kemudian ikut menjadi incaran sang pembunuh. 

2. Wonderful Mama (2013) 

https://www.youtube.com/embed/g-9haPqr5ic

Perjuangan single mom berikutnya datang dari drama Wonderful Mama. Diceritakan seorang ibu tunggal bernama Yoon Bok Hee (Bae Jong Ok) yang awalnya hanya seorang pedagang kecil di pasar. Ditinggal suami, Bok Hee pun banting setir jadi rentenir hingga sukses dan jadi kaya raya.

Bok Hee memiliki tiga anak yang bernama Go Young Chae, Go Young Soo, dan Go Young Joon. Meski sudah dewasa, tapi ketiganya sangat manja dan kekanakan. Suatu hari, Bok Hee didiagnosa mengidap penyakit alzheimer. Kondisi ini membuat Bok Hee merasa khawatir dengan masa depan anak-anaknya.

Dengan bantuan orang kepercayaannya, Bok Hee pun menjalankan misi untuk memberi pelajaran pada ketiga anaknya. Perlahan ketiga anak Bok Hee pun menjadi lebih dewasa dan mampu lebih bertanggung jawab serta mandiri.

Baca Juga: Menohok Hati, Ini 14 Quotes dari KDrama 'Do You Like Brahms?'

3. Angry Mom (2015) 

https://www.youtube.com/embed/uMMGiJU5rKg

Angry Mom menceritakan tentang Jo Kang Ja (Kim Hee Seon) dan putrinya Oh Ah Ran (Kim You Jung). Kang Ja sendiri memiliki riwayat sebagai siswi nakal yang kemudian hamil di luar nikah hingga harus keluar dari sekolah demi membesarkan anaknya. 

Saat Ah Ran duduk di bangku SMA, dia mendapat perlakuan buruk sebab sering di-bully oleh teman-temannya. Mengetahui hal ini, Kang Ja tidak tinggal diam dan berniat untuk melindungi putrinya dari bullying

Akhirnya Kang Ja pun datang ke sekolah dengan menyamar sebagai siswi baru. Saat dalam upaya untuk melindungi putrinya, Kang Ja justru dikejutkan dengan fakta tentang sisi gelap di dunia pendidikan. 

4. Marriage Contract (2016) 

https://www.youtube.com/embed/18WOWryEbZ0

Kang Hye Soo (Uee) adalah seorang ibu tunggal yang berjuang membesarkan anaknya seorang diri dalam kemiskinan. Selain itu, Hye Soo juga masih harus menanggung beban hutang yang ditinggalkan oleh mantan suaminya. Meski bukan hal yang mudah, tapi Hye Soo berusaha sekuat tenaga untuk tetap dapat mencukupi kebutuhan anaknya. 

Malang, ternyata Hye Soo malah divonis mengidap kanker otak. Namun dia tetap harus membesarkan anaknya sekaligus berjuang melawan penyakit tersebut. Di lain sisi, ada seorang pengusaha kaya bernama Han Ji Hoon (Lee Seo Jin) yang mencari donor hati untuk ibunya.

Bukan pendonor biasa, Ji Hoon membutuhkan seseorang yang mau bersandiwara untuk melakukan pernikahan demi memenuhi keinginan ibunya yang mendambakan seorang menantu. Hye Soo akhirnya mencalonkan diri demi jaminan masa depan anaknya. 

5. Was It Love? (2020) 

https://www.youtube.com/embed/DdQzeCDAHlQ

Was It Love? menceritakan tentang perjuangan hidup Noh Ae Jeong (Song Ji Hyo) yang seorang ibu tunggal bersama anaknya, Noh Ha Nee (Uhm Chae Young). Bekerja sebagai produser film, Ae Jeong malah terlilit hutang karena ditinggal kabur pemimpin perusahaan. 

Usaha Ah Jeong untuk melunasi hutang kemudian mempertemukannya dengan pria-pria dari masa lalu, Oh Dae O (Son Ho Jun) dan Ryu Jin (Song Jong Ho). Ditambah lagi, Ha Nee mulai penasaran dengan ayah kandungnya yang meninggalkan mereka 14 tahun silam. 

Rasa penasaran Ha Nee ini kemudian membawa sebuah pertemuan dengan seorang pria lagi. Dia adalah Oh Yeon Woo (Koo Ja Sung), adik kelas Ah Jeong di kampus. 

Itu tadi lima KDrama yang mengangkat kisah perjuangan single mom, mulai dari genre komedi, romance, sampai thriller. Yuk, tonton!

Baca Juga: 15 Sosok Ibu Tangguh yang Mencuri Perhatian di KDrama 2020, Panutan!

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya