Comscore Tracker

9 KDrama yang Diadaptasi dari Serial Barat Populer, Udah Nonton? 

Gak semuanya sukses tapinya #WaktunyaKorea #HypeIDN

Serial drama Korea dikenal selalu mampu menyajikan cerita yang menarik dan jauh dari kesan membosankan. Meski telah ada banyak judul, tapi para pecinta KDrama selalu menanti drama terbaru dari Negeri Ginseng ini. Selain karena visual dari para cast, tema cerita yang akan diusung pun gak kalah bikin penasaran. 

Jika seringkali didapati KDrama yang mengadaptasi webtoon atau manga, ternyata ada juga yang diadaptasi dari serial Barat yang terbilang populer. Mau tahu apa saja? Check this out! 

1. The World of the Married (2020)

https://www.youtube.com/embed/V_onhncQ_us

The World of the Married sempat menjadi serial drama yang populer di awal tahun 2020. Banyak penonton yang sangat mendalami alur cerita yang disajikan hingga ikut terbawa emosi. Gak heran sih, karena tema pernikahan yang diwarnai munculnya orang ketiga memang selalu sukses bikin geram. 

Namun, yang belum banyak diketahui ternyata drama ini merupakan hasil adaptasi dari serial barat populer yang berjudul Doctor Foster. Meski begitu, ada beberapa bagian cerita yang dibuat berbeda, termasuk ending-nya. 

2. Designated Survivor: 60 Days (2019) 

https://www.youtube.com/embed/HXQd4Wnd1Es

Designated Survivor: 60 Days merupakan drama yang diadaptasi dari serial Amerika Serikat berjudul Designated Survivor. Drama yang tayang di tvN dan Netflix ini dibintangi oleh Ji Jin Hee, Heo Joon Ho, Kang Han Na, Lee Joon Hyuk, dan Bae Jong Ok.

Mengusung genre kriminal politik, cerita dalam drama ini berfokus pada Profesor Park Moo Jin yang menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup. Ledakan misterius yang menelan korban dari kalangan pejabat termasuk presiden, membuat Park Moo Jin terpaksa menjadi presiden selama 60 hari. Meski awalnya enggan, dalam perjalanannya Park Moo Ji tumbuh menjadi pemimpin yang hebat. 

3. Mistress (2018)

https://www.youtube.com/embed/8Qjv7u8y6V4

Mistress menjadi KDrama selanjutnya yang juga diadaptasi dari serial Britania Raya dengan judul yang sama. Versi Korea drama yang tayang di OCN ini dibintangi oleh Han Ga In, Shin Hyun Bin, Choi Hee Seo dan Goo Jae Yi.

Cerita dalam drama ini berfokus pada empat wanita yang berusia 30 tahunan dengan kisah cinta yang terbilang rumit. Mereka berusaha menyelesaikan masalah masing-masing dengan caranya sendiri termasuk dalam hal penemuan jati diri. 

Baca Juga: 11 Drama Korea Ter-uwu Adaptasi Webtoon yang Harus Kamu Tonton

4. Suits (2018)

https://www.youtube.com/embed/IKFg3jgFhE4

Mengambil judul yang sama dari karya aslinya, Suits menambah deretan KDrama yang mengadaptasi serial Barat. Drama dengan genre hukum ini menampilkan akting ciamik Jang Dong Gun dan Park Hyung Sik. Berbeda dengan versi Amerika yang tayang dalam beberapa musim, versi Korea hanya hadir dalam 16 episode.

Suits sendiri bercerita tentang Choi Kang Seok, seorang pengacara legendaris dari firma hukum, Kang & Ham, yang merekrut pengacara muda dengan ingatan kuat bernama Go Yeon Woo. Mereka pun bekerja sama untuk menuntaskan berbagai kasus dan masalah yang ada. 

5. Life on Mars (2018)

https://www.youtube.com/embed/nBfKn188dmE

Selanjutnya, ada KDrama Life on Mars yang diadaptasi dari serial Inggris dengan judul sama. Jika versi asli tayang dalam dua musim yang masing-masing terdiri dari 8 episode, versi Korea hanya selesai dalam satu musim dengan 16 episode. 

Menariknya, drama yang mengangkat kisah detektif ini dibumbui genre fantasi tentang perjalanan waktu. Detektif yang terlempar ke masa lalu tersebut harus memecahkan kasus-kasus kriminal agar dapat kembali ke masa depan.

6. Less Than Evil (2018) 

https://www.youtube.com/embed/uum52PFPEEw

Less Than Evil ternyata juga hasil adaptasi dari serial Inggris yang berjudul Luther. Di versi Korea, drama bertema detektif ini menampilkan akting dari aktor kawakan Shin Ha Kyun yang memerankan Woo Tae Suk sebagai representasi John Luther.

Diceritakan Woo Tae Suk yang adalah detektif handal akhirnya harus bekerja sama dengan Eun Sun Jae (Lee Seol), seorang psikopat, demi memecahkan kasus. Menariknya, drama ini berhasil masuk dalam beberapa nominasi dan membawa pulang penghargaan di MBC Drama Award 2018.

7. Criminal Minds (2017) 

https://www.youtube.com/embed/fCoUDCJwlmY

Sudah pernah nonton serial Barat Criminal Minds? Orang pasti sudah gak asing dengan serial drama asal Amerika yang satu ini. Menyuguhkan genre kriminal dan misteri, ternyata ada KDrama yang mengadaptasi ceritanya, lho. Mengambil judul yang sama, Criminal Minds versi Korea ditayangkan oleh tvN pada Juli 2017 silam. 

Drama ini menceritakan tentang sekelompok profiler terlatih yang tergabung dalam tim National Criminal Investigation (NCI). Tugasnya tentu saja untuk melacak keberadaan penjahat yang mendalangi pembunuhan berantai. 

8. Entourage (2016)

https://www.youtube.com/embed/0tQ75DQw5CQ

Salah satu original series HBO yang berjudul Entourage juga kemudian diadaptasi ke dalam KDrama dengan judul yang sama. Sayangnya, kesuksesan yang diraih versi asli tidak diikuti oleh versi Korea sebab kurang mendapat perhatian dari publik.

Padahal, sebenarnya drama yang dibintangi oleh Lee Kwang Soo, Seo Kang Joon, Park Jung Min, dan Cho Jing Woong ini memiliki cerita yang terbilang menarik. Drama ini bercerita tentang kehidupan artis top, baik dari sisi karier, persahabatan, maupun kisah asmaranya. 

9. The Good Wife (2016)

https://www.youtube.com/embed/azfahpwn4Yw

KDrama dengan tema keluarga juga gak kalah seru untuk ditonton, seperti The Good Wife yang merupakan adaptasi dari serial televisi Amerika Serikat. Versi drakor-nya dibintangi oleh Yoo Ji Tae, Jeon Do Yeon, Lee Woon Geun, dan Nana.

Drama ini bercerita tentang kehidupan rumah tangga Kim Hye Kyung yang berubah sejak suaminya, Lee Tae Joon, terlibat skandal politik dan korupsi. Alhasil, Kim Kye Kyung pun kembali menjalani profesinya sebagai pengacara demi menyelamatkan suami dan keluarganya.

Nah, itu tadi sembilan KDrama yang ternyata mengadaptasi dari serial drama Barat populer. Kalau kamu, suka versi asli atau versi KDrama? Tonton semua aja! 

Baca Juga: Manis bak Gula, 9 Aktor Kece Ini Comeback KDrama November 2020

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya