Comscore Tracker

7 Lagu Opening Anime yang Paling Banyak Diputar di Spotify

Tsuyokuuu... nareruuu... riyuu wo shitaaa~

Lagu Opening atau pembuka biasanya selalu kita dengar di awal ketika kita menonton sebuah serial Anime, lagu-lagu ini umumnya berfungsi untuk membangun suasana sebelum memasuki alur cerita yang sebenarnya. Tetapi jika lagu tersebut terbukti nyaman di telinga kita, pastinya kita akan memasukannya kedalam playlist musik pribadi kita untuk didengar secara terus-menerus.

Dan kali ini terdapat beberapa lagu pembuka Anime yang paling banyak diputar para penggemar di aplikasi musik seperti Spotify, lagu dari serial Anime apa saja kah itu? Mari masuk ke daftar yang pertama.

1. Gurenge (Demon Slayer) 

https://www.youtube.com/embed/CwkzK-F0Y00

Serial Anime Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba telah terbukti memiliki komunitas penggemar yang besar. Setelah debut di tahun 2019 yang digarap oleh studio Ufotable, serial ini benar-benar memuaskan banyak penggemar dengan animasi yang begitu berwarna.

Tidak hanya animasinya saja, lagu pembuka dari serial Demon Slayer ini juga terbukti sangat dinikmati oleh para penggemar. Salah satu contohnya adalah lagu Gurenge yang dinyanyikan oleh penyanyi LiSA sudah diputar kurang lebih sebanyak 310 juta kali di Spotify.

2. Kaikai Kitan (Jujutsu Kaisen) 

https://www.youtube.com/embed/i1P-9IspBus

Jujutsu Kaisen adalah anime yang cepat populer di tahun 2020 setelah pemutaran perdana nya musim gugur. Para penggemar langsung jatuh cinta dengan karakter seperti Yuji Itadori yang selalu optimis dan karakter kuat berambut putih seperti Satoru Gojo. Jujutsu Kaisen memiliki rating tinggi dari sajian animasi, cerita, serta tidak terkecuali dengan Soundtrack-nya.

Lagu Kaikai Kitan yang dinyanyikan oleh Eve dengan cepat menjadi salah satu lagu pembukaan anime yang paling banyak didengarkan pada tahun 2020, setelah penggemar mendengarnya untuk pertama kali di bagian pembuka. Kini lagu pembuka Anime tersebut telah diputar sekitar 230 juta kali.

3. Unravel (Tokyo Ghoul) 

https://www.youtube.com/embed/Fve_lHIPa-I

Lagu Unravel karya TK From Ling Tosite Sigure telah menjadi salah satu lagu pembuka Anime yang paling ikonik sejauh ini. Lagu ini merupakan lagu tema pertama Tokyo Ghoul yang populer ketimbang lagu soundtrack lainya.

Vokal unik dan penyampaian emosional Toru Kitajima sang vokalis benar-benar menjual lagu ini dengan liriknya yang menyedihkan, sejajar dengan kisah tragis Kaneki Ken dalam alur cerita Anime ini. Unravel kini telah diputar kurang lebih sebanyak 220 juta kali.

Baca Juga: 5 Anime yang Ceritakan di Balik Layar Pembuatan Anime

4. Inferno (Fire Force) 

https://www.youtube.com/embed/wfCcs0vLysk

Fire Force adalah salah satu anime yang menonjol di tahun 2019 setelah debut musim panasnya. Seri Anime ini dengan cepat menjadi salah satu seri shonen paling populer dan bahkan mengungguli serial lainya di genre yang sama.

Lagu intro pertamanya yang berjudul Inferno karya Mrs. GREEN APPLE adalah lagu J-rock yang berkesan merangkum seluruh situasi di musim pertama Anime Fire Force. Kini lagu tersebut berhasil mendapatkan pemutaran kurang lebih sebanyak 187 juta kali.

5. Kaibutsu (Beastars) 

https://www.youtube.com/embed/dy90tA3TT1c

YOASOBI adalah salah satu band Jepang paling populer di tahun 2021. Pencapaian terbesar mereka adalah lagu berjudul Kaibutsu atau dalam bahasa Inggris berjudul "Monster" yang lepas landas di tangga lagu Billboard Hot 100 Jepang sepanjang tahun.

Lagu ini merupakan lagu pembuka kedua di serial Anime Beastars, meski orang-orang belum familiar dengan anime yang satu ini, mungkin beberapa sudah mengetahui lagu tersebut karena popularitas media sosialnya yang meluas. Buktinya, lagu tersebut telah mendapatkan pemutaran sebanyak 183 juta kali di aplikasi Spotify.

6. Blue Bird (Naruto Shippuden) 

https://www.youtube.com/embed/KpsJWFuVTdI

Lagu Blue Bird karya Ikimonogakari keluar pada tahun 2008 dan memuncak di nomor tiga di tangga lagu tunggal Oricon. Lagu ini adalah lagu opening dari serial Naruto Shippuden yang mungkin sudah sering kamu dengar.

Sebagai opening ketiga Naruto Shippuden, lagu tersebut telah menjadi favorit penggemar yang sangat bagus untuk dinyanyikan bersama-sama. Popularitas di media sosial seperti YouTube maupun TikTok pun beberapa waktu yang lalu juga kembali menaik, kini Blue Bird telah mendapatkan pemutaran sekitar 167 juta kali di Spotify.

7. Cry Baby (Tokyo Revengers) 

https://www.youtube.com/embed/O1bhZgkC4Gw

Tokyo Revengers menggemparkan dunia setelah debut Anime-nya pada musim panas 2021 lalu. Lagu pembuka yang dinyanyikan oleh Official Hige DANdism berjudul Cry Baby juga sama populernya dengan Anime tersebut.

Cry Baby telah mengumpulkan pendengar bahkan dari luar komunitas penggemar Tokyo Revengers. Lagu ini merupakan lagu pembuka yang ceria dan tajam dengan memadukan elemen jazzy teater dengan hard rock, serta vokal yang sangat baik dari sang vokalis, Satoshi Fujihara. Cry Baby memperoleh 159 juta streaming di Spotify, dan jumlah streaming meningkat setiap hari.

Lagu opening sejauh ini memang sudah terbukti menjadi salah satu poin penting dari produksi sebuah serial Anime. Selain menjadi pembangun suasana sebelum kita memasuki alur cerita utama, lagu tersebut juga bisa menjadi pengingat kita dengan isi berita dari serial yang telah selesai kita tonton. Kalau menurut kamu bagaimana? Apa lagu Anime kesukaan kamu sejauh ini?

Baca Juga: 5 Karakter Anime yang Memiliki Orangtua Unik, Ada Anya Forger!

Ilham Maulana Photo Verified Writer Ilham Maulana

Penulis konten dan Hobies dalam dunia Anime, Film, Musik dan Olahraga.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya