Comscore Tracker

5 Film Dokumenter di Netflix yang Wajib Kamu Tonton Tahun 2021

Inspiratif banget! #IDNTimesHype

Pandemi mengubah total cara kita menonton film, dari yang biasa nobar film rame-rame di bioskop sampai daftar akun Netflix, iflix, dan sebagainya. Tapi bukan berarti diam di rumah sambil menonton film itu membosankan! Kamu bisa berlarut-larut dalam film atau drama dan sejenak melupakan kondisi di luar sana.

Selain menikmati drama dari Barat, Korea, Jepang, dan sebagainya, kamu juga bisa belajar lewat film dan series dokumenter yang tayang di Netflix. Tahun ini, kamu bisa menyelami berbagai topik mulai dari gaya hidup minimalis sampai peredaran narkoba di Amerika Serikat.

Apa saja judul film dokumenter yang akan tayang tahun ini di Netflix? Yuk, disimak!

1. The Minimalists: Less is Now 

https://www.youtube.com/embed/jn-xbOCZOiQ

Duo aktivis gaya hidup minimalis Joshua Fields Millburn dan Ryan Nicodemus kembali untuk menulis dan menarasikan proyek Netflix mereka setelah Minimalism: A Documentary About the Important Things (2015). 

Diarahkan oleh Matt D’Avella, film dokumenter sepanjang 53 menit ini mendampingi dua sahabat berbicara tentang urgensi mengadopsi gaya hidup minimalis di masa kini.

Gaya hidup minimalis saat ini tengah menjamur di berbagai belahan dunia. Bagi kamu yang ingin memulai gaya hidup ini atau sekedar ingin memahami gerakan ini, The Minimalists: Less is Now wajib kamu masukkan dalam daftar tontonan!

2. Surviving Death

https://www.youtube.com/embed/Cq5V9SgO1_A

Untuk kamu yang lebih berani, coba tilik docu-series ini tentang kematian. Berdasarkan sinopsisnya, serial ini akan “menghubungkan hasil penelitian termutakhir dengan kesaksian mereka yang hampir bersentuhan dengan — dan hampir mengalami — kematian”.

Surviving Death merupakan serial berisi enam episode yang diangkat dari buku best selling karya Leslie Kean, dan tiap episode dijamin akan membuatmu merinding.

Tidak percaya? Episode pertama membahas tentang mungkin tidaknya manusia bisa mempertahankan kesadaran mereka, bahkan setelah meninggal secara fisik. Sementara, episode terakhir menyelidiki tiga orang yang mengaku telah mengalami reinkarnasi.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Film Dokumenter Netlix Populer 2020, Sudah Nonton?

3. Crack: Cocaine, Corruption & Conspiracy  

https://www.youtube.com/embed/Jx81w4VPXno

Pada tahun 1980-an, muncul narkotika yang murah namun khasiatnya luar biasa di tengah resesi. Beredarnya kokain memicu kepanikan moral yang diperkuat oleh rasisme di Amerika Serikat.

Sesuai namanya, dokumenter garapan Stanley Nelson ini berusaha mengungkap asal-usul kokain yang mencurigakan. Lalu diikuti dengan marginalisasi komunitas Kulit Berwarna yang terdesak di penjara dan sistem kesehatan akibat obat terlarang tersebut.

Bagi kamu yang ingin sedikit mikir, CRACK: Cocaine, Corruption & Conspiracy mungkin bisa jadi tontonan pas di waktu senggang.

4. Night Stalker: The Hunt for a Serial Killer 

https://www.youtube.com/embed/Mva2nGveYss

Pada tahun 1985, wilayah Los Angeles dan San Fransisco digemparkan oleh serangkaian pembunuhan dan penyerangan yang brutal.

Sang pembunuh, yang dijuluki “Night Stalker”, memangsa anak-anak berusia enam tahun hingga lansia berumur 82 tahun. Korbannya berasal dari latar belakang rasial serta sosio ekonomis yang beragam, menjadikan kasus ini semakin sulit untuk dipecahkan.

Akhirnya, tim gabungan penyelidik yang dipimpin Gil Carillo dan Frank Salerno berhasil membekuk “Night Stalker” yang kemudian diidentifikasi sebagai seorang pemuda bernama Richard Ramirez.

Disutradarai Tiller Russell, docu-series yang terdiri dari empat bagian ini mengulas proses investigasi yang pelik, sambil menunjukkan bagaimana Ramirez menjadi seorang psikopat melalui sebuah rekaman yang diambil dari balik jeruji penjara.

Night Stalker sangat direkomendasikan untuk mereka yang ketagihan dokumenter tentang kriminalitas dan penyelidikan (crime and investigation).

5. Tony Parker: The Final Shot

https://www.youtube.com/embed/pEBEM8Vszxs

Bagi yang ingin menonton film dokumenter yang ringan tapi tetap inspiratif, Netflix baru saja merilis dokumenter tentang Tony Parker tahun ini.

Tony Parker dinobatkan sebagai pemain bola basket nomor satu di Perancis. Kini, fansnya bisa mengikuti perjuangan sang pebasket legendaris: dari asal-usulnya yang sederhana sebagai remaja penggemar bola basket di Perancis hingga sepak terjangnya dengan San Antonio Spurs.

Bagi kalian yang kangen dengan almarhum Kobe Bryant, kalian bisa menonton wawancaranya dalam film dokumenter ini, bersama dengan bintang NBA lainnya seperti Tim Duncan, David Robinson, dan Greg Popovich.

Film ini hanya berdurasi 98 menit, jadi bagi kalian yang tertarik dengan bola basket atau ingin menonton kisah inspiratif, Tony Parker tidak boleh kamu lewatkan tahun ini.

Bagaimana? Apakah kamu antusias menilik tawaran dokumenter Netflix tahun ini?

Baca Juga: 5 Travel Show Terbaik Netflix yang Wajib Ditonton Pecinta Petualangan

Pradna Paramitha Photo Writer Pradna Paramitha

Saya lulusan Sastra Inggris yang gemar menulis fiksi dan non-fiksi dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Saat ini berkontribusi untuk Neo Historia sebagai penulis page FB Neomistik.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya