Comscore Tracker

Gak Hanya EXO yang Punya Sub Unit, Inilah 5 Sub Unit Super Junior! 

Untuk fans KPop jadul pasti tahu, nih!

Buat kamu yang ngefans lama banget dengan KPop, pasti gak asing lagi mendengar nama Super Junior. Mereka telah membawa KPop menjadi terkenal di seluruh negara Asia, Amerika, hingga Eropa. Kalau gak percaya, coba deh bertanya pada fans KPop, biasanya mereka masuk ke dunia KPop, karena Super Junior. 

Super Junior telah debut sejak tahun 2005, tetapi hits banget saat merilis lagu berjudul "Sorry Sorry". Ternyata, gak hanya keseluruhan Super Junior yang hits banget, ada juga sub unitnya yang tak kalah menarik. Nah, kamu udah pernah dengar sub unit Super Junior, belum? Yuk, baca dulu di bawah ini!

1. Super Junior K.R.Y

https://www.youtube.com/embed/HYt-1l7xhZQ

Super Junior K.R.Y dibentuk pada tahun 2006 dengan mengusung genre ballad. Beranggotakan vokalis terbaik Super Junior, yakni Kyuhyun, Ryeowook, dan Yesung. Mereka debut dengan merilis dua lagu untuk mengisi soundtrack drama berjudul "Hyena", yaitu "The One I Love" dan "The Night Chicago Died".

Ternyata, K.R.Y cukup sukses menarik hati para fans, khususnya di Jepang. Mereka sempat menyelenggarakan konser pada tahun 2012 yang dihadiri oleh sekitar 72 ribu fans. 

2. Super Junior-T

https://www.youtube.com/embed/K2CNJiAq_cY

Pada tahun 2007, dibentuk Super Junior T yang membawa konsep lagu trot asli Korea. Sub unit ini terdiri dari Leeteuk, Heechul, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, dan Kangin. Mereka berhasil debut dengan lagu berjudul "Rokuko" yang dinobatkan sebagai salah satu best-selling single pada tahun 2007. 

Sub unit yang satu ini mengedepankan penampilan lucu. Tak heran, kalau Super Junior T justru diingat sebagai sub unit yang jenaka. Salah satu penampilan yang lucu ditunjukkan melalui parodi drama berjudul "Princess Hours". 

Baca Juga: Old But Gold, 9 Lagu dari Sub Unit BTS Ini Jarang Diketahui Fans

3. Super Junior Happy

https://www.youtube.com/embed/Cehi-lCqSX0

Dibentuk pada tahun 2008 dengan anggota, yaitu Leeteuk, Eunhyuk, Shindong, Sungmin, Yesung, dan Kangin. Membawa konsep lagu upbeat yang menyenangkan dengan target pasar para remaja. Gak hanya lagu, tetapi MV-nya juga dibikin sangat berwarna-warni yang langsung bikin happy.

Dua lagu yang paling hits dari Super Junior Happy, yaitu "Pajama Party" dan "Cooking Cooking". Meskipun tak mendapatkan penghargaan, tetapi buat para penggemar KPop zaman dahulu kala, pasti gak asing, deh!

4. Super Junior-M

https://www.youtube.com/embed/pit7RS4mPI0

Nah, kalau di EXO sempat ada sub unit EXO-M, tetapi jauh sebelumnya, Super Junior sudah punya Super Junior M sejak tahun 2008, lho! Terdiri dari, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kyuhyun, Zhoumi, Henry, dan Hangeng. Sempat mengalami pergantian anggota, karena Hangeng yang meninggalkan Super Junior. Pada tahun 2011, ditambahkan Sungmin dan Eunhyuk untuk melengkapi formasi sub unit ini.

Banyak sekali penghargaan yang diterima oleh Super Junior-M, seperti Most Popular Group, Best Male Group, hingga Asia's Most Popular New Group. Gak heran, Super Junior-M punya banyak lagu hits yang populer banget, seperti "Super Girl", "Perfection", dan "Swing". 

5. Super Junior-D&E

https://www.youtube.com/embed/LloLMZlnLXQ

Untuk sub unit yang satu ini hanya terdiri dari dua orang, yaitu Donghae dan Eunhyuk. Mereka debut sebagai duo pada tahun 2011 dengan lagu "Oppa Oppa" yang gak kalah hits. Kesuksesan lagu tersebut, membawa Super Junior-D&E untuk merilis versi Jepangnya pada tahun 2012.

Sub unit ini sering melakukan konser di Jepang, Korea, hingga tur Asia sejak tahun 2014-2018. Gak hanya "Oppa Oppa", kamu pasti mengingat lagu-lagu mereka seperti, "Still You" dan "Growing Pains". 

Mengingat sub unit milik Super Junior, bikin nostalgia, ya!

Baca Juga: 9 Sub-unit Grup KPop Ini Gak Kalah Tenar dari Grup Asalnya

Prila Sherly Photo Verified Writer Prila Sherly

@prilasher

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You