Comscore Tracker

12 Film Horor yang Ternyata Diangkat dari Kisah Nyata

Kok merinding ya?

Film-film yang dibuat berdasarkan kisah nyata memang akan selalu menarik dan bikin kamu penasaran banget buat nonton, apalagi kalau ternyata film tersebut bergenre horor yang menampilkan hantu dan segala misteri yang mengitarinya. Mengetahui kalau apa yang kamu tonton adalah peristiwa nyata menambah pacu adrenalin kamu selama menonton, membuat nonton film horor jadi kegiatan yang seru banget.

Supaya kamu bisa benar-benar menikmati pengalaman ber-horor-ria kamu, ini lho 12 film Hollywood dan film Indonesia yang didasarkan oleh kisah yang benar terjadi. Cek kiri kanan dulu, pastiin kamu nggak mendadak ditemenin siapa pun, ya.

1. The Amityville Horror (1979)

Hingga kini, masih terjadi perdebatan mengenai apakah kisah horor di rumah Amityville memang benar terjadi. Namun, keluarga Lutz yang pernah menghuni rumah itu masih tetap pada pendirian mereka yang mengaku diganggu setan dan mayat berjalan di rumah tersebut. Hii…

2. Ratu Pantai Selatan (1980)

Bicara soal legenda terkenal yang berbau mistis, Kanjeng Ratu Kidul pasti adalah nama pertama yang muncul. Sosoknya merupakan penguasa Pantai Selatan, yang dekat dengan keseharian masyrakat keraton Yogyakarta yang sangat segan pada sang ratu dan banyak melakukan ritual penghormatan untuknya. Film ini memfiksikan sosok Ratu Pantai Selatan ini.

3. Texas Chainsaw Massacre (1974)

Texas Chainsaw Massacre terkenal dengan sosok Leatherface yang menggunakan gergaji mesin sebagai senjata pembunuh ini merupakan sosok nyata pembunuh bernama Ed Gein yang memakai kulit korbannya sebagai pakaian dan topeng, serta menggunakan gigi dan tulang-belulang korbannya untuk peralatan rumah. Selain itu, Ed juga suka membobol pemakaman dan mencuri mayat.

4. Rumah Kentang (2012)

Khas Indonesia, kisah nyata yang seram pasti akan dibumbui dengan fiksi supaya lebih greget, dan tidak terkecuali Rumah Kentang. Kisah nyata yang melatarbelakangi film ini adalah adanya kematian anak kecil yang tidak sengaja terpeleset masuk ke dalam panci yang tengah memasak kentang. Sejak itu, sering muncul bau tajam kentang dan suara anak kecil menjelang malam. Bulu kuduk kamu gimana, sehat?

5. The Entity (1982)

Pengakuan seorang wanita bernama Doris Blither di tahun 1974 menghebohkan dunia paranormal. Doris mengaku dirinya diserang dan diperkosa, bahkan disiksa oleh sosok yang tidak kelihatan. Dua orang paranormal yang mengadakan investigasi pun mengiyakan penemuan aneh di rumahnya.

6. Si Manis Jembatan Ancol (1973)

Siti Ariah memang pernah hidup di dunia nyata, dan memang mengalami apa yang dialami oleh hantu Manis Jembatan Ancol ini, yaitu diperkosa sebelum dibunuh dan dibuang mayatnya ke pinggir laut.

7. The Exorcism of Emily Rose (2005)

Sosok asli tokoh Emily Rose bernama Anneliese Michel, seorang gadis yang didiagnosis dokter menderita kejang parah. Namun, Anneliese makin lama makin bersikap aneh hingga menyerang anggota keluarganya sendiri, meminum air kencingnya dan bereaksi ketakutan di sekitar benda-benda berbau keagamaan. Anneliese menjalani sekitar 40 kali exorcism, atau ritual pengusiran setan, sebelum akhirnya meninggal di tahun 1976 karena pneumonia.

Baca Juga: Kamu yang Ngakunya Berani, Coba Tonton 25 Film Horor Terseram Sepanjang Masa Ini

8. Hantu Jeruk Purut (2006)

Pemakaman Jeruk Purut di Jakarta memang menyimpan cerita-cerita seram, salah satunya adalah hantu pastor tanpa kepala yang sangat sering muncul di dalam film yang kisah sentralnya adalah fiksi. Ngeri, sih, kalau sampai ketemu sama si pastor kepala buntung…

9. The Conjuring (2013)

Film yang dua tahun lalu jadi hits ini memang berdasarkan kisah sepasang suami istri yang pekerjaannya adalah pastor pengusir setan sekaligus paranormal bernama Ed dan Lorraine Warren. Lorraine Warren yang masih hidup hingga sekarang itu pun pernah membantu kasus rumah Amityville yang disebutkan tadi.

10. Terowongan Casablanca (2007)

Meski dibelokkan secara fiksi, namun banyak kesaksian warga yang pernah melihat hantu nenek-nenek seram yang suka menampakkan diri di terowongan yang berlokasi di daerah Kuningan, Jakarta Selatan tersebut.

11. The Haunting in Connecticut (2009)

Film ini diangkat dari laporan yang diterima dari wilayah Connecticut oleh Carmen Snedeker yang melaporkan suatu kejanggalan di rumahnya. Hantu yang mengganggu keluarganya itu juga ditangani oleh suami istri paranormal Ed dan Lorraine Warren yang memberikan kesaksian mengenai kondisi nyata yang sangat mengerikan dan tidak dapat benar-benar dirangkum dalam satu film.

12. Rumah Pondok Indah (2006)

Rumah yang berlokasi di Jalan Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan ini memang benar ada dan dianggap seram. Pasalnya, banyak warga yang menyatakan hilangnya penjual nasi goreng yang mangkal di sekitar rumah angker tersebut.

Kalau kamu, ada nggak kisah horor yang kamu alami dan layak untuk dijadikan film saking seramnya? 

Baca Juga: Cuma di Indonesia, 15 Judul Film Horor Ini Bakal Bikin Kamu Mikir Keras

Topic:

Berita Terkini Lainnya