Comscore Tracker

Bikin Nostalgia, Ini 9 Lagu yang Siap Menyambut Kita di Bulan Ramadan

Tak terasa Ramadan sudah di depan mata

Kurang dari sebulan lagi, umat muslim di seluruh dunia akan segera berjumpa dengan bulan baik yang sudah dinantikan sejak lama. Meskipun seakan pandemi telah membuat suasana bulan Ramadan sedikit berbeda, tapi nuansa Ramadan tetap terasa sama ketika lagu-lagu ini kembali diputar di bulan yang penuh ampunan.

1. Lagu milik Opick, "Ramadhan Tiba" pasti tidak pernah absen diputar di berbagai media

https://www.youtube.com/embed/XLunTSk5Z-c

Rilis pada tahun 2008, lagu ini merupakan karya yang dinyanyikan oleh Aunur Rofiq Lil Firdaus atau yang kita kenal sebagai Opick. Ini adalah lagu yang sangat identik dengan nuansa bulan Ramadan.

Ketika kita datang ke pusat perbelanjaan di bulan Ramadan, maka lagu ini akan menjadi kawan kita selama berbelanja di bulan penuh rahmat tersebut.

2. Suara khas Tompi dengan lagu "Ramadhan Datang" juga selalu akrab dengan telinga kita

https://www.youtube.com/embed/vHeVMT_U7N8

Sebuah lagu yang merupakan bagian dari album Soulful Ramadhan 2. Lagu diperdengarkan ke publik pertama kali tahun 2010.

Judul ini termasuk salah satu lagu yang tak pernah luput masuk ke dalam playlist lagu ketika Ramadan datang. Jangan-jangan kamu malah sudah hafal liriknya.

3. Musik dan suara lembut Haddad Alwi selalu berhasil membuat suara Ramadan menjadi kian syahdu

https://www.youtube.com/embed/xWsVHT-9XQo

Haddad Alwi adalah salah satu musisi Indonesia yang terkenal dengan lagu-lagu religi yang ia bawakan di akhir tahun 90-an. Lagu yang rilis tahun 2013 ini merupakan perpaduan harmoni suara Haddad Alwi dan Anti.

Lagu "Marhaban Ya Ramadhan" ini seakan memiliki tempat tersendiri di bulan Ramadan. Lagu ini membuat kesan bulan Ramadan menjadi makin dirindukan. 

Baca Juga: Ulang Tahun ke-16, 10 Potret Terkini Alwi Assegaf yang Masih Imut!

4. Musisi luar negeri, Maher Zain pun punya lagu Ramadan populer di Indonesia

https://www.youtube.com/embed/IhIiusMJsgU

Lagu "Ramadan" punya Maher Zain dirilis terlebih dahulu dalam versi bahasa Inggris di tahun 2013. Kemudian, di tahun 2019 lagu ini juga muncul dalam versi bahasa Melayu.

Diputar dalam versi bahasa apa pun, lagu ini selalu berhasil membuat hati menjadi lebih damai. Jadi mmakin menantikan datangnya bulan Ramadan.

5. Serasa flashback ke masa kecil, lagu Tasya Kamila masih sering diputar

https://www.youtube.com/embed/ZN1OqEJMlr0

Masih ingat lagu "Arti Puasa" yang sempat menemani masa kecil kita? Kenangan masa kecil ketika latihan berpuasa sontak muncul ketika mendengar lagu ini diputar.

Suara imut Tasya di tahun 2001 seolah memberikan semangat kepada anak-anak untuk berpuasa di bulan Ramadan. Sampai sekarang pun lagu ini masih sesekali diputar.

6. Lagu "Puasa" dari Bimbo memberikan sentuhan yang khas setiap Ramadan datang

https://www.youtube.com/embed/T1EdbTMkJH4

Ada juga lagu "Puasa" dari Bimbo yang legendaris. Lagu ini diperdengarkan pertama kali pada tahun 2007.

Syahdunya lagu ini seakan tak lekang oleh waktu. Suara legend dari grup musik Bimbo membuat momentum Ramadan seolah tak boleh dilewatkan begitu saja.

7. Mendekati hari kemenangan, lagu "Selamat Lebaran" dari Ungu menyemarakkan persiapan Lebaran

https://www.youtube.com/embed/1npdjb3YgP0

Tradisi berbelanja baju baru di akhir Ramadan membuat berbagai pusat perbelanjaan umumnya ditemani playlist khusus. Biasanya lagu "Selamat Lebaran" dari Ungu ikut diperdengarkan.

Lagu keluaran tahun 2013 ini menjadi salah satu lagu yang hampir tidak pernah absen diputar mendekati hari Lebaran. Bener, gak?

8. Lagu "Selamat Hari Lebaran" dari almarhum Ustad Jefri Al Buchori juga menandai akhir Ramadan

https://www.youtube.com/embed/vXEWnpLsU3s

Dibuka dengan suara takbir yang begitu indah dari almarhum Ustad Jefri Al Buchori, lagu "Selamat Hari Lebaran" yang dikeluarkan tahun 2005 ini meninggalkan kesan begitu mendalam. Kalau sudah dengar lagu ini, berarti sebentar lagi bulan puasa sudah berakhir.

Suasana Ramadan yang telah dilalui dan suasana hari raya bersama sanak keluarga di kampung halaman begitu kental terasa di dalam setiap nada dan lirik yang lagu ini berikan. Jadi kangen kampung halaman.

9. Lagu "Idul Fitri" yang sempat dinyanyikan oleh Gita Gutawa seolah mewakili suasana Lebaran

https://www.youtube.com/embed/OtaJ1N_DvYs

Anak sulung Erwin Gutawa ini bukanlah musisi pertama yang menyanyikan "Idul Fitri" ciptaan Ismail Marzuki di tahun 1954. Lagu ini sudah sempat dibawakan oleh beberapa musisi, salah satunya Tasya Kamila pada tahun 2001.

Alur dalam lagu ini seakan menunjukkan bagaimana tradisi Lebaran di Indonesia yang penuh kehangatan dan sarat akan makna. Rasanya menyejukkan hati saat didengar.

Bukan hanya mereka saja sebenarnya yang membuat suasana bulan Ramadan dan Lebaran semakin semarak. Masih banyak musisi lain yang lagu-lagunya juga tak lekang oleh waktu dan masih terus membekas di telinga para penikmat musik Indonesia.

Qonit Arifah Photo Writer Qonit Arifah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya