Comscore Tracker

Ada yang Batal Tayang, 5 KDrama Kontroversial di Awal Tahun 2021

Ada yang membuatmu kecewa? #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Drama Korea tentu tak selalu disambut baik oleh penonton. Ada yang memiliki respon positif dan ada yang menuai kritikan pedas.

Selama awal tahun 2021 ini, sudah terdapat beberapa drama yang memiliki kontroversial selama penayangan, baik karena pemain ataupun jalur ceritanya. KDrama baru yang terancam penayangannya adalah Snowdrop yang dibintangi oleh Jung Hae In dan Jisoo BLACKPINK. Ini merupakan imbas dari kritik pedas drama Joseon Exorcist.

Tak hanya Joseon Exorcist dan Snowdrop, terdapat beberapa drama kontroversial di awal tahun 2021. Apa saja?

1. Mr. Queen

Ada yang Batal Tayang, 5 KDrama Kontroversial di Awal Tahun 2021Dok. tvN (via asianwiki.com)

Di awal penayangan, Mr. Queen menuai kritikan karena dianggap menjelekkan sejarah. Namun, drama tersebut tetap menayangkannya dan mendapat rating tinggi karena tingkah lucu antara Shin Hye Sun dengan Kim Jung Hyun.

Nama drama Mr. Queen pun kembali naik setelah kontroversi Joseon Exorcist karena memiliki penulis yang sama. Imbas dari kontroversi drama yang dibintangi Jang Dong Yoon, Mr. Queen kembali menerima kritikan yang menjelekkan sejarah.

2. Dear. M

Ada yang Batal Tayang, 5 KDrama Kontroversial di Awal Tahun 2021Dok. KBS2 (via asianwiki.com)

Sebelum mulainya kontroversi drama Joseon Exorcist, terdapat kasus yang sedang ramai dipercbincangan, yaitu bullying. Banyak artis Korea Selatan, mulai dari aktor hingga komedian dituduh melakukan bullying terhadap orang sekitarnya saat sekolah.

Aktris Park Hye Soo pun dituduh melakukan bullying terhadap temannya. Hal tersebut membuat netizen marah dan meminta Park Hye Soo meninggalkan drama tersebut.

Rumor tersebut pun membuat penayangan drama dan press conference ditunda. Hingga saat ini, belum ada kelanjutan mengenai kapan drama tersebut akan ditayangkan.

Baca Juga: Gantikan Dear.M, Ini 10 Fakta Drama Imitation yang Penuh Idol Korea

3. River Where the Moon Rises

Ada yang Batal Tayang, 5 KDrama Kontroversial di Awal Tahun 2021Dok. tvN (via hancinema.net)

Akibat kasus bullying, drama River Where the Moon Rises diminta netizen untuk mengeluarkan aktor Jisoo yang telah mengakui kasus bullying yang ia lakukan selama SMP.

Oleh karena itu, River Where the Moon Rises pun mengganti sosok Jisoo dengan Na In Woo yang populer akibat drama Mr. Queen. Pihak produksi drama tetap mengeluarkan Jisoo, meskipun proses syuting yang dilakukan bersama aktor sad boy tersebut telah mencapai 95%.

4. Joseon Exorcist

Ada yang Batal Tayang, 5 KDrama Kontroversial di Awal Tahun 2021Dok. SBS (via soompi.com)

Joseon Exorcist menuai kritikan hingga muncul petisi pemberhentian penayangan setelah 2 episode perdananya ditayangkan. Episode tersebut yang telah menampilkan properti dan makanan Tiongkok, serta distorsi sejarah.

Diketahui, Tiongkok dan Korea Selatan sedang berseteru karena Tiongkok mengklaim bahwa kimchi hingga hanbok diakui sebagai milik Tiongkok. Inilah yang akhirnya menambah geram masyarakat Korea Selatan. Akhirnya, penayangan Joseon Exorcist pun dibatalkan.

5. Snowdrop

Ada yang Batal Tayang, 5 KDrama Kontroversial di Awal Tahun 2021instagram.com/jtbcdrama

Imbas dari Joseon Exorcist, netizen Korea mulai mengkritik Snowdrop setelah membaca sinopsis tak resmi yang beredar. Tahun 1987 adalah tahun kunci pergerakan demokrasi populer Korea Selatan yang mengarah pada pembentukan republik saat ini.

Nama karakter pada pemeran utama merupakan sosok nyata dari peristiwa tersebut sehingga muncul petisi untuk menghentikan syuting drama tersebut. Kabar terbarunya, JTBC menegaskan bahwa karakter Ji Soo tidak ada hubungannya dengan aktivis tersebut. Hal ini membuat JTBC memutuskan untuk mengganti nama karakter yang diperankan oleh Ji Soo.

Kelima drama tersebut mengalami kontroverai di tahun 2021. Semoga pemain, penulis, dan tim produksi mengambil pelajaran dan lebih berhati-hati lagi agar tidak menimbulkan kontroversi.

Baca Juga: Terancam Gagal Tayang, 9 Potret Jisoo BLACKPINK saat Syuting Snowdrop

Queena Sekar Jasmine Photo Writer Queena Sekar Jasmine

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya