Comscore Tracker

7 Film Fantasi Adaptasi Novel yang Sukses Tembus Box Office Hollywood

Ada yang menjadi film terbaik Oscar!

Tidak sedikit film-film hollywood adaptasi dari novel best seller yang sukses di pasaran serta box office. Genre yang diangkat pun bervariasi, mulai dari drama, horor, laga, hingga komedi. Namun, ada beberapa juga yang diambil dari novel fantasi yang bisa dibilang sangat laris di pasaran. Melihat kesuksesan yang didapat, tidak sedikit pula semua seri dari novel-novel tersebut dibuatkan versi filmnya.

Nah, berikut ada 7 film hollywood adaptasi dari novel yang sukses menembus box office. Kira-kira film apa saja ya? Simak yuk.

1. Harry Potter Series

7 Film Fantasi Adaptasi Novel yang Sukses Tembus Box Office Hollywoodnerdist.com

Harry Potter bisa dibilang menjadi film fantasi adaptasi novel yang paling sukses. Kenapa? Karena hampir di semua seri filmnya selalu berhasil meraih pendapatan yang tinggi dan berhasil masuk di jajaran box office.

Bahkan di seri terakhir Harry Potter, yakni Harry Potter and the Deathly Hallows part 2 berhasil menjadi salah satu film dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa. Luar biasa kan! Film ini menceritakan tentang petualangan Harry Potter bersama teman-temannya untuk mengalahkan penyihir jahat bernama Voldemort.

2. The Hobbit SeriesThe Lord of the Rings Series

7 Film Fantasi Adaptasi Novel yang Sukses Tembus Box Office Hollywoodwikia.com

Film yang diangkat dari novel karya J. R. R. Tolkien ini terdiri dari tiga seri yang semuanya masuk dalam jajaran Box Office. Hebatnya dalam seri terakhir yang berjudul The Return of the King, berhasil meraih 11 penghargaan dari 11 nominasi yang didapatkan dalam Academy Awards

Gak heran kalau film ini sering dianggap proyek film terbesar dan paling ambisius, dengan anggaran total 281 juta dolar AS. Proyek ini memerlukan delapan tahun untuk menyelesaikan tiga seri filmnya. Dan semua latarnya diambil di Selandia Baru, negara asal sang sutradara.

3. The Hobbit Series

7 Film Fantasi Adaptasi Novel yang Sukses Tembus Box Office Hollywoodindianexpress.com

Kalau film yang satu ini masih ada sangkut pautnya dengan The Lord of The Rings. Seri ini merupakan prekuel dari trilogi film The Lord of the Rings. Gak heran kalau beberapa aktor The Lord of the Rings muncul kembali, seperti Ian McKellen, Andy Serkis, Elijah Wood, dan Orlando Bloom. Film pertama, berjudul The Hobbit: An Unexpected Journey, dirilis pada 12 Desember 2012. Film kedua, dengan subjudul The Desolation of Smaug, dirilis pada 13 Desember 2013, dan film ketiga, dengan subjudul The Battle of the Five Armies, dirilis pada 17 Desember 2014

4. Pan's Labyrinth

7 Film Fantasi Adaptasi Novel yang Sukses Tembus Box Office Hollywoodblocland.com

Film besutan Guillermo del Toro ini mendapatkan review positif dari para kritikus ketika perilisannya. Pan's Labyrinth ditayangkan secara perdana di Festival Film Cannes pada tanggal 27 Mei 2006 dan dirilis di Spanyol pada tanggal 11 Oktober 2006 dan di Meksiko pada tanggal 20 Oktober 2006. 

Selama penayangannya, film ini berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar 83,258,226 dolar AS dengan anggaran pembuatan sebesar 19 juta dolar AS. Oleh karenanya, Pan's Labyrinth berhasil masuk dalam jajaran box office.

5. Avatar

7 Film Fantasi Adaptasi Novel yang Sukses Tembus Box Office Hollywoodindependent.co.uk

Film buatan James Cameron ini kala itu menjadi film termahal yang pernah dibuat. Film Avatar mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 83%, berdasarkan 299 ulasan, dengan rating rata-rata 7.5/10. Selama penayangannya, Avatar mendapatkan pendapatan sebesar 760,507,625 dolar AS di Amerika Utara dan 2,027,457,462 dolar AS di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai 2,787,965,087 dolar AS melebihi anggaran produksi film 237 juta dolar AS. Pada pembukaan akhir pekan, film ini menempati posisi teratas di box office.

6. The Shape of Water

7 Film Fantasi Adaptasi Novel yang Sukses Tembus Box Office Hollywoodcinematografo.it

Guillermo del Toro kembali menunjukkan kualitasnya sebagai sutradara. Kali ini film yang ia besut berhasil menjadi film terbaik dalam ajang Academy Awards 2018. Film yang menceritakan kisah romantis antara manusia dangan makhluk aneh ini mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 92%, berdasarkan 349 ulasan, dengan rating rata-rata 8.4/10. Pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai 194,672,570 dolar AS, melebihi anggaran produksi film 19.5 juta dolar AS.

7. The Chronicles of Narnia Series

7 Film Fantasi Adaptasi Novel yang Sukses Tembus Box Office Hollywooddailymotion.com

The Chronicles of Narnia dibuat berdasarkan novel The Chronicles of Narnia yang ditulis oleh C. S. Lewis pada pertengahan tahun 1950-an. Film ini sendiri terdiri dari tiga seri dimana ketiganya berhasil masuk dalam jajaran Box Office. Dari ketiga serinya, seri pertama yang berjudul The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe merupakan seri paling sukses karna berhasil meraih pendapatan sebesar 748,806,957 dolar AS. Sementara untuk seri kedua dan ketiganya hanya berhasil meraih pendapatan sekitar 400 juta dolar AS.

Keenan Photo Community Writer Keenan

I'm nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You