Comscore Tracker

Ada NCT 127, Ini Top 10 Album KPop Terbaik 2020 Versi Billboard

Cek apakah idolmu masuk #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Billboard baru-baru ini merilis daftar 10 Album KPop terbaik 2020. Meskipun mereka mengakui bahwa tidak mungkin untuk memasukkan berbagai macam genre KPop, hanya dalam sepuluh album, mereka memasukkan solois dan grup, artis idola dan indie, serta artis pendatang baru dan b dalam daftar.

Berikut adalah pilihan mereka untuk 10 album KPop terbaik tahun ini. Yuk simak!

1. BETTER (BoA)

Ada NCT 127, Ini Top 10 Album KPop Terbaik 2020 Versi Billboardsmglobalshop.com

Di #1 di daftar Billboard adalah album terbaru dari artis ikonik BoA, BETTER. Ini adalah album full-length ke-10 miliknya, yang dirilis pada 1 Desember dengan lagu utama Better

Album ini merupakan simbol perayaan ulang tahun kedua puluh sejak dia pertama kali memulai debutnya di bawah SM Entertainment pada tahun 2000 pada usia 13 tahun. Sungguh luar biasa bahwa dia masih memproduksi album yang begitu bagus dan diterima dengan baik setelah dua dekade di industri ini!

2. Neverland (Cosmic Girls)

Ada NCT 127, Ini Top 10 Album KPop Terbaik 2020 Versi Billboardgenius.com

Neverland adalah mini album kedelapan Cosmic Girls, dirilis pada 9 Juni tahun ini dengan title track Butterfly

Neverland adalah album pertama mereka yang menghasilkan lebih dari 100 ribu penjualan, sekarang sekitar 105 ribu total unit terjual, dan juga mengalahkan rekor mereka untuk sebagian besar penjualan hari pertama. 

Album ini berhasil mencapai peringkat #2 di Gaon Album Chart, dan lagu Butterfly meraih posisi #81 di chart Billboard K-Pop Hot 100.

3. SOUL LADY (Yukika) 

Ada NCT 127, Ini Top 10 Album KPop Terbaik 2020 Versi Billboardgenius.com

Yukika adalah artis Jepang yang tinggal di Korea Selatan, dan sebelumnya bekerja sebagai model dan pengisi suara. SOUL LADY adalah album debutnya.

Album ini dirilis pada 21 Juli tahun ini dan telah terjual sekitar 7,5 ribu eksemplar, dengan title track dengan nama yang sama.

4. Equal (WOODZ) 

Ada NCT 127, Ini Top 10 Album KPop Terbaik 2020 Versi Billboardekorea-shop.com

WOODZ memulai debutnya sebagai artis solo di luar UNIQ pada Juli 2016 dengan nama Luizy. Tercatat, ia juga pernah menjadi bagian dari boy group X1. 

Sejalan dengan perubahan arah musiknya pada tahun 2018, ia mengubah nama panggungnya menjadi WOODZ, dan telah merilis sejumlah single serta lagu yang ditulis dan diproduksi untuk artis lain. 

Equal adalah mini album pertamanya, dirilis pada 29 Juni tahun ini, dan telah terjual hampir 150 ribu copy.

5. Neo Zone (NCT 127)

Ada NCT 127, Ini Top 10 Album KPop Terbaik 2020 Versi Billboardsmglobalshop.com

Neo Zone adalah album studio full-length kedua NCT 127, dirilis pada 6 Maret dengan lagu utama Kick It. Ini adalah album terlaris NCT 127 hingga saat ini, dengan hampir 900 ribu unit terjual! 

Ini juga album pertama grup yang mencapai 5 besar di tangga lagu Billboard 200, serta album pertama mereka yang menerima sertifikasi multi-platinum dari KMCA.

Baca Juga: [QUIZ] Dari Member NCT 127 Favoritmu, Baiknya Kamu Liburan ke Sini!

6. Eyes Wide Open (TWICE)

Ada NCT 127, Ini Top 10 Album KPop Terbaik 2020 Versi Billboardtwice.fandom.com

Eyes Wide Open merupakan album full-length kedua TWICE, yang dirilis pada 26 Oktober tahun ini dengan lagu utama I Can't Stop Me

Album ini telah terjual hampir 500 ribu eksemplar, dan menjadi album dengan peringkat tertinggi di chart Billboard 200 di #72.

Hal ini menjadikan mereka juga sebagai girl grup Korea ketiga yang menempati peringkat 100 teratas di chart ini setelah 2NE1 dan BLACKPINK.

7. Nonstop (Oh My Girl) 

Ada NCT 127, Ini Top 10 Album KPop Terbaik 2020 Versi Billboardkpop.fandom.com

Nonstop adalah mini album ke-7 Oh My Girl, dirilis pada 27 April tahun ini dengan title track Nonstop dan b-side yang sangat populer Dolphin

Kedua lagu ini menjadi charting tertinggi mereka di Gaon Digital Chart, masing-masing berada di peringkat #2 dan #9. Album tersebut terjual sekitar 44 ribu unit.

8. XX (Sumin)

Ada NCT 127, Ini Top 10 Album KPop Terbaik 2020 Versi Billboardvisla.kr

Sumin adalah artis solo yang pertama kali melakukan debutnya pada tanggal 7 Desember 2015 dengan lagu 뜨거워 질 거야. Dia telah memproduseri artis seperti BTS dan Red Velvet (dia dikreditkan untuk lagu-lagu terkenal seperti Jimin "Lie", Red Velvet "Look", dan WOODZ's "Pool"). 

Ia juga dikenal karena membangun genre musik KPop baru yang disebut Neo KPop. XX, dirilis pada 23 Juni tahun ini.

9. tellusboutyourself (Yerin Baek) 

Ada NCT 127, Ini Top 10 Album KPop Terbaik 2020 Versi Billboardgenius.com

Yerin Baek pernah menjadi bagian dari duo 15& bersama dengan Park Jimin, dan memulai debutnya sebagai artis solo pada November 2015 dengan mini album Frank.

Secara keseluruhan, dia telah merilis dua mini album dan dua album full-length, yang mana tellusaboutyourself adalah yang terbaru. Album ini juga ditulis dalam lirik bahasa Inggris, dirilis pada 10 Desember tahun ini.

10. Go Live (Stray Kids)

Ada NCT 127, Ini Top 10 Album KPop Terbaik 2020 Versi Billboardstray-kids.fandom.com

Go Live merupakan album terlaris dari Stray Kids hingga versi repackaged-nya, In Life yang terjual lebih dari 330 ribu copy album. Ini adalah pencapaian yang besar bagi grup dengan usia kurang dari 2 tahun. 

Dengan title track God's Menu, yang merupakan lagu energik dengan performance yang luar biasa, tidak mengherankan jika album tersebut berhasil masuk dalam daftar ini!

Itulah top 10 album KPop terbaik 2020 versi Billboard. Apakah artis idolamu masuk?

Baca Juga: 10 Potret Menawan Jeongyeon TWICE dengan Rambut Panjang, Anggun Banget

Rafif Susena Photo Writer Rafif Susena

Penulis Lepas

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya