Comscore Tracker

6 Fakta Lagu Terbaru Rizky Febian yang Jadi OST Film Kata 

Gak cuma nyanyi, Rizky Febian juga main di film Kata ini

Rizky Febian merilis single terbarunya berjudul Merelakan, pada 9 September 202. Lagu ini juga menjadi soundtrack film Kata yang akan segera tayang. Penyanyi yang kerap disapa Iky ini tidak hanya mengisi soundtrack film Kata, tetapi ia juga ikut berperan dalam film tersebut. 

Mau tahu seperti apa cerita lengkapnya? Bersama IDN Times di Live Instagram CETAR (CERITA ARTIS) pada Selasa, 14 September 2021, Rizky Febian membagikan cerita serunya. 

1. Cerita di balik lagu Merelakan

6 Fakta Lagu Terbaru Rizky Febian yang Jadi OST Film Kata Rizky Febian (instagram.com/rizkyfbian)

Dalam program acara Instagram Live: CETAR (Cerita Artis), Rizky Febian atau yang kerap disapa Iky ini menceritakan beberapa fakta menarik tentang lagu terbarunya Merelakan.

Iky mengatakan bahwa ia menulis lirik lagu Merelakan sendiri berdasarkan pengalamannya. Ia menarik benang merahnya agar relate dengan film Kata.  

"Sebenarnya aku nulis ini dari yang pernah aku rasain. Jadi, ketika aku ditugaskan untuk membuat satu lagu ini dan melihat kondisi Nugraha (karakter di film Kata) seperti apa. Akhirnya aku mencari tahu apa yang pernah aku rasain juga dengan konteks yang sama," ujar Iky. 

Iky bercerita bahwa dalam menulis lagu ini, ia tidak merasa kesulitan berkat pengalaman pribadi yang pernah ia rasakan sebelumnya.

"Aku harus merelakan di saat harus kehilangan orang saat itu, orang yang aku sayangi. Daripada aku harus berlarut-larut dalam kesedihan, yang ada juga almarhumah (ibunya Iky) di sana tidak bahagia," ujar Iky.

2. Lagu tentang merelakang seseorang

6 Fakta Lagu Terbaru Rizky Febian yang Jadi OST Film Kata Rizky Febian (instagram.com/rizkyfbian)

Iky bercerita bahwa makna di balik lagu Merelakan adalah bagaimana cara seseorang untuk merelakan orang yang disayanginya demi kebahagiaan orang tersebut. 

"Terkadang hidup itu tidak boleh memaksakan keinginan diri kita. Di lagu ini juga ingin memperlihatkan bahwa merelakan itu adalah suatu hal yang emas. Ketika kita sedang menjalankan suatu hal, tetapi kita sudah mengetahui bahwa sebenarnya dengan ada kita, dia itu gak bahagia. Jadi alangkah baiknya kalau kita mencoba merelakan seseorang itu agar ke depannya lebih baik," ungkap Iky. 

3. Proses pembuatan lagu Merelakan

6 Fakta Lagu Terbaru Rizky Febian yang Jadi OST Film Kata Rizky Febian (instagram.com/rizkyfbian)

Iky mengatakan bahwa pada awalnya ia datang ke Falcon Pictures untuk menawarkan beberapa lagu miliknya agar dapat dibuat untuk soundtrack film.

"Saat itu aku bawa lima lagu. Berharap bisa dipakai, karena mikir lagi pandemik gimana caranya bisa mensejahterakan pegawai. Duh, apalah udah muter otak, ada lagu siapa tahu Falcon mau," kata Iky. 

Namun, ternyata saat sudah proses syuting film Kata, lagu yang awalnya ia tawarkan tadi tidak ada yang terpakai. 

"Tiba-tiba sutradara Pak Herwin langsung nodong, beliau bilang, 'Ky bikinin dua lagu, mood-nya seperti ini, nuansanya seperti ini gambarannya kaya gini, cepet, aku kasih deadline,'" ujar Iky. 

Setelah dirinya diberi tugas untuk membuat lagu, Iky mengatakan hanya memerlukan beberapa hari untuk menulis lagu tersebut. Ia dapat menyelesaikan dua lagu dengan cepat karena mendapatkan inspirasi setelah membaca novel Kata.  

Baca Juga: 'Dekati' Vanesha Prescilla, 10 Adu Pesona Pradikta Vs Rizky Febian

4. Konsep di balik video klip Merelakan

https://www.youtube.com/embed/c6KPf3saU9w

Dalam video klip Merelakan, terlihat ada Iky yang sedang memecahkan kaca. Ia mengatakan bahwa hal tersebut adalah sebuah simbol. 

"Buat nunjukkin luapan amarah, kekecewaan, sedih, sakit hati yang terpendam lama dan gak bisa, nih, gue harus luapinnya ke mana. Kalo ke orang yang ada gue nyiksa orang. Di sini karakter Nugraha, kan bukan seperti itu. Jadi, sebenarnya mobil dan lukisan itu adalah simbol rasa kekecewaan dan sakit hati," ujar Iky. 

5. Jadi soundtrack film Kata di mana Iky juga ikut bermain dalam film tersebut

6 Fakta Lagu Terbaru Rizky Febian yang Jadi OST Film Kata soundtrack film Kata (instagram.com/falconpictures_)

Iky mendapat tawaran untuk bermain dalam film Kata. Namun, sebelum setuju bermain di film ini, ia memiliki satu syarat, yakni soundtrack film Kata harus dibuat oleh dirinya. 

"Di satu sisi, ini kali pertama aku bermain film. Nah, aku gak mau orang-orang di luar sana kaget atau belum terbiasa ketika tiba-tiba lihat Rizky Febian yang biasanya nyanyi langsung ke film," ungkap Iky.

Iky juga mengatakan bahwa saat bermain film, ia tidak ingin keluar dari zona nyamannya. Ia tidak ingin menghilangkan image dirinya sebagai seorang penyanyi. 

6. Alasan harus mendengarkan lagu Merelakan

6 Fakta Lagu Terbaru Rizky Febian yang Jadi OST Film Kata Rizky Febian (instagram.com/rizkyfbian)

Saat ditanya alasan harus mendengarkan lagu ini, Iky menjawab bahwa dengan karyanya yang satu ini dapat menyampaikan semua makna yang dirasakan semua orang. 

"Perasaan yang dirasakan bisa terwakilkan dan mewakili perasaan kalian yang merasakan. Semoga dengan lagu ini kita jadi bisa mengambil pembelajaran bukan hanya untuk kalian semua, begitu pun aku. Sampai detik ini, setiap karya-karya yang aku buat selalu aku dengarkan, malah untuk renungan hati aku. Aku harap setiap lagu aku bisa jadi motivasi dan menginspirasi banyak orang," tutup Iky. 

Nah, itu tadi enam fakta di balik lagu Merelakan yang diciptakan oleh Rizky Febian. Jangan lupa dengerin lagu Merelakan dan tunggu film Kata rilis, ya! 

Baca Juga: Duetnya Bikin Baper, 10 Potret Kompak Rizky Febian dan Ziva Magnolia

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya