Comscore Tracker

Tentang Idola, 5 Fakta Lagu Terbaru Sisca JKT48 

Sudah dengar lagunya Sisca JKT48 belum? #IDNTimesHype

Belum lama ini, Sisca JKT48 merilis single solo pertamanya berjudul Berdebar pada 30 Juli 2021 kemarin. Lagu mengenai rasa suka pada idola yang belum pernah ia jumpai ini, ia ciptakan sendiri. 

Mau tahu seperti apa cerita lengkapnya? Bersama IDN Times di Live Instagram CETAR (CERITA ARTIS) pada Rabu, 18 Agustus 2021, Sisca JKT48 membagikan cerita serunya. Check this out! 

 

1. Cerita di balik lagu Berdebar

Tentang Idola, 5 Fakta Lagu Terbaru Sisca JKT48 Sisca JKT48 (instagram.com/jkt48sisca)

Dalam program acara Instagram Live: CETAR (Cerita Artis), Sisca JKT48 menceritakan beberapa fakta menarik tentang lagu Berdebar. Menurut Sisca, Berdebar ia tulis sendiri dan diperuntukkan untuk idola-idolanya. 

Sisca menjelaskan bahwa liriknya tidak ia buat langsung dalam satu waktu. Ada lirik yang ia tulis di tahun ini, tetapi ada  juga lirik yang ia tulis pada Oktober 2020. 

"Sebenarnya bait awalnya itu aku ambil dari hm sis hm yang biasanya aku nyanyiin dari mention di Twitter," jelas Sisca

Sisca mengatakan bahwa ada beberapa bait yang ia temukan saat workshop. Menurutnya, terkadang ia harus dipancing dulu dengan lagu atau musik supaya mendapatkan ide. 

2. Menceritakan rasa suka pada idola

Tentang Idola, 5 Fakta Lagu Terbaru Sisca JKT48 Sisca JKT48 (instagram.com/jkt48sisca)

Selain itu, Sisca juga menceritakan arti di balik lagu Berdebar.  "Berdebar itu tentang kita jatuh cinta sama idola kita sendiri yang notabenenya belum pernah kita jumpai. Kita gak kenal dia, dia gak kenal kita, bahkan dia gak tahu kalau kita itu ada," ujar Sisca. 

Sisca menambahkan kalau lagu ini ia ciptakan karena banyak orang yang menyukai idolanya, termasuk pendukung JKT48 dan juga dirinya sendiri. Ia merasa lagu ini bukan hanya diperuntukkan untuknya, melainkan untuk banyak orang yang dapat relate dengan lagu ini. 

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Lagu Sisca JKT48 'Berdebar', Ciptaan Sendiri

3. Proses pembuatan lagu Berdebar

Tentang Idola, 5 Fakta Lagu Terbaru Sisca JKT48 Sisca JKT48 (instagram.com/jkt48sisca)

Sisca mengatakan dari awal ia ingin memiliki single sendiri. Kemudian, ia memberanikan diri meminta izin pada management untuk membuat single-nya. 

"Awalnya aku kirim voice notes ke management dan kami saling kasih feedback," ucap Sisca. 

Sisca menjelaskan bahwa pembuatan Berdebar tidak singkat karena ia masih harus fokus dengan group JKT48. Namun, ia tetap menyempatkan waktu untuk workshop agar lagu dapat cepat dirilis. 

"Februari aku udah mulai workshop. Prosesnya hampir lima bulan, termasuk workshop dan recording karena belum syuting MV," ujar Sisca. 

Sisca juga menjelaskan bahwa ia masih dibawah naungan JKT48, maka dari itu management-nya membantu penuh pembuatan lagu Berdebar ini. Ia juga dibantu oleh Yessi Kristanto yang juga arranger lagu ini. 

"Aku sering konsultasi sama Kak Yessi. Aku dateng ke Kak Yessi dengan bawa lirik dan Kak Yessi yang menyusun musiknya. Kak Yessi membantu untuk bikin option musik. Jadi berdebar ini mau dibungkus seperti apa," jelas Sisca. 

4. Kesulitan yang dialami

Tentang Idola, 5 Fakta Lagu Terbaru Sisca JKT48 Sisca JKT48 (instagram.com/jkt48sisca)

Sisca mengaku mengalami beberapa kesulitan, seperti pembuatan lirik lagu Berdebar. "Aku ingin bikin lirik yang universal. Jadi, idolanya bisa cewek atau cowok dan begitu juga yang nyanyiin," ucap Sisca.

Sisca menjelaskan bahwa ia tidak ingin lagu yang hiperbola atau memiliki banyak kiasan, tetapi tidak juga yang terlalu frontal. 

"Ada lirik yang aku bikin pas aku lagi nonton dia. Pas lagi rekaman juga aku mikir bisa gak ya aku membawakan lagu ini dan pesannya tersampaikan dengan baik, bukan hanya aku show off aja," jelas Sisca. 

5. Target ke depannya untuk Berdebar

Tentang Idola, 5 Fakta Lagu Terbaru Sisca JKT48 Sisca JKT48 (instagram.com/jkt48sisca)

Saat ditanya mengenai targetnya untuk lagu Berdebar, Sisca menjawab ia ingin dikenal sebagai Sisca JKT48, bukan hanya sebagai salah satu anggota JKT48.

"Aku ingin orang yang belum tau aku, jadi tahu aku. Aku gak ingin orang mengenal aku sebagai anggota JKT48 yang bisa nyanyi doang, tapi ya sebagai Sisca. Mungkin gak mudah di gapai, tapi pelan-pelan pasti bisa," jelas Sisca. 

Nah, itu tadi lima fakta di balik lagu Berdebar yang diciptakan oleh Sisca JKT48. Kalian udah dengerin Berdebar belum? Kalau belum, kalian bisa dengerin di platform musik, seperti Spotify, Apple Music, dan lainnya, ya!

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya