Comscore Tracker

6 Fakta Unik Film 12 Angry Men, untuk Kalian Pecinta Film Klasik!

Belum nonton film ini? Wah parah! #HypeIDN

12 Angry Men merupakan film yang diperankan oleh Henry Fonda dan disutradarai oleh Sidney Lumet, dan rilis pada tahun 1957. Film yang ber-genre drama ini merupakan salah satu film terbaik, yang anehnya gagal mendapatkan keuntungan disaat film ini rilis. Namun, film ini justru menjadi salah satu film drama yang paling legendaris, bahkan hingga kini. Berikut fakta-fakta unik dari film 12 Angry Men, untuk kalian yang gemar menonton film klasik!

1. Alur cerita yang unik

https://www.youtube.com/embed/_13J_9B5jEk

Secara singkat, 12 Angry Men Bercerita tentang bagaimana 12 juri dari sebuah persidangan membuat keputusan dari kasus pembunuhan yang diduga dilakukan oleh seorang anak dibawah umur. Keputusan yang mereka ambil dapat menentukan apakah anak ini akan divonis bersalah atau tidak. Dalam film ini, konflik antar juri terasa sangat intens dengan tensi yang memuncak di setiap menit film ini tayang. Hampir setiap karakter juga diperkenalkan hanya berdasarkan watak, sudut pandang terhadap kasus, serta latar belakang karakter.

2. Teknik pengambilan gambar yang menggambarkan tensi dalam ruangan

6 Fakta Unik Film 12 Angry Men, untuk Kalian Pecinta Film Klasik!https://filmotomy.com

Film ini diambil dari sudut pengambilan gambar yang cukup unik guna menyiratkan tensi dalam ruangan tersebut, selama proses diskusi dan konflik antar juri berlangsung. Sutradara film ini, Sidney Lumet, melakukan teknik pengambilan gambar di atas garis mata karakter dalam film. Dan selama konflik dan tensi semakin memanas, posisi pengambilan gambar dalam film ini perlahan menurun. Dan di akhir film, posisi kamera berada sejajar dengan mata setiap karakter, hingga akhirnya dibawah posisi mata setiap karakter. Teknik pengambilan gambar ini dilakukan untuk menggambarkan semakin besarnya tekanan yang dihadapi oleh setiap juri pada film ini.

3. Pembangunan karakter

6 Fakta Unik Film 12 Angry Men, untuk Kalian Pecinta Film Klasik!https://www2.bfi.org.uk

Untuk membantu setiap aktor mendalami perannya masing-masing dalam film ini, Sidney Lumet mengumpulkan semua pemeran dalam satu ruangan selama beberapa jam. Hal ini dilakukan agar mereka dapat merasakan intensitas yang didapatkan dari perkumpulan yang dilakukan dalam ruangan yang cukup sempit.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Drama dan Film yang Bikin Kamu Kangen Sekolah

4. Perkenalan karakter tanpa nama

6 Fakta Unik Film 12 Angry Men, untuk Kalian Pecinta Film Klasik!https://twincitiesgeek.com

Dalam film ini, hanya ada 2 karakter yang namanya disebutkan dalam film. Selain itu, semua juri dapat diidentifikasi melalui profesi atau pekerjaannya. Penonton juga dapat mengidentifikasi setiap karakter dari sudut pandang mereka terhadap kasus yang dihadapi, sentimen emosional yang mempengaruhi keputusan mereka, serta latar belakang yang membentuk watak mereka dalam film ini.

5. Film gagal di zamannya

6 Fakta Unik Film 12 Angry Men, untuk Kalian Pecinta Film Klasik!https://www.metacritic.com

Meskipun 12 Angry Men merupakan salah satu film legendaris yang masih diingat hingga kini, film tersebut justru gagal mendapat keuntungan yang diharapkan pada saat rilis di tahun 1957. Meskipun begitu, film ini seringkali digunakan sebagai referensi dalam sekolah-sekolah bisnis dan juga seminar-seminar. Film ini digunakan sebagai referensi untuk menggambarkan dinamika suatu tim serta bagaimana resolusi konflik dibentuk.

6. Penggunaan lensa untuk menggambarkan tekanan dalam sempitnya ruangan

6 Fakta Unik Film 12 Angry Men, untuk Kalian Pecinta Film Klasik!https://www.britannica.com

Hampir seluruh bagian dari film ini, diambil di dalam satu ruangan sempit yang sama. Selain pengambilan gambar yang unik, Sidney Lumet juga memanfaatkan lensa untuk membangun tekanan serta kesan claustrophobic bagi para penonton.

Dan itulah beberapa fakta unik mengenai film klasik 12 Angry Men yang kalian wajib ketahui!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Bertema Pencurian Terbaik, Menegangkan!

Rahadian Omar Gustafianto Photo Writer Rahadian Omar Gustafianto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya