Comscore Tracker

Hengkang dari Indonesia, Lihat Lagi 7 Iklan Pepsi yang Menarik Banget!

Ada yang kreatif, kontroversi, dan nyeleneh

Hampir setiap orang gemar mengonsumsi minuman berkarbonisasi. Enggak heran kalau minuman jenis ini sendiri banyak dihadirkan di rumah makan cepat saji. Dua di antara produsen minuman berkarbonisasi yang punya pangsa pasar besar di Indonesia bahkan dunia yaitu Pepsi dan Coca-Cola.

Namun, sayangnya salah satu produsen ini harus hengkang dari Indonesia, yaitu Pepsi. Seperti yang sudah diwartakan oleh IDN Times sebelumnya, PepsiCo Inc asal AS hengkang dari Indonesia per 10 Oktober 2019 setelah memutuskan tak lagi memperpanjang kontrak dengan PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (AIBM).

Kendati hengkang, bukan berarti Pepsi tak memiliki peminat di Indonesia. Juru bicara Pepsi Indonesia Mutya Andina mengatakan bahwa pihaknya sangat ingin bisa kembali ke pasar Indonesia.

Di banyak negara Pepsi bisa dibilang sudah menjadi produk minuman yang begitu digandrungi. Kompetitor Coca-Cola ini bahkan kerap membuat iklan yang sangat menarik. Mulai dari secara terang-terangan menyindir kompetitornya, hingga mengambil selebriti dan atlet dunia sebagai bintang iklannya.

Daripada penasaran, langsung saja lihat semenarik apa iklan Pepsi.

1. Sindir Kompetitor

https://www.youtube.com/embed/GyY15Jkkg2A

Di negara asalnya, Amerika Serikat, saling sindir antar satu brand dengan brand lain melalui iklan sudah bukan hal tabu lagi. Hal itu seperti apa yang dilakukan oleh Pepsi dan Coca-Cola. Dua perusahaan besar yang saling bersaing ini tak jarang membuat iklan yang saling sindir.

Salah satunya seperti iklan yang diproduksi Pepsi ini. Dalam iklan tersebut tampak seorang anak mendekati mesin minuman otomatis. Awalnya, anak tersebut memasukkan koin dan memilih Coca-Cola. Lalu keluarlah dua kaleng Coca-Cola.

Namun, rupanya anak tersebut tidak benar-benar ingin minum Coca-Cola. Ia hanya ingin menjadikan dua kaleng Coca-Cola sebagai pijakan kaki agar ia bisa sampai menyentuh tombol Pepsi yang cenderung berada lebih tinggi. Setelah berhasil mendapatkan Pepsi yang diinginkan, anak tersebut lantas langsung pergi.

Benar-benar menyindir banget, 'kan?

2. Pepsi x Michael Jackson

https://www.youtube.com/embed/po0jY4WvCIc

Siapa yang enggak kenal dengan The King of Popo Michael Jackson. Begitu terkenalnya Michael Jackson bahkan membuat Pepsi enggak ragu untuk menjadikannya bintang iklan. Iklan yang diberi judul Michael Jackson Pepsi Generation ini adalah salah satunya.

Meskipun Michael Jackson sempat mengaku bahwa ia tak pernah benar-benar meminum minuman berkarbonisasi walau menjadi bintang iklan Pepsi, namun iklan yang diproduksi tahun 1984 tersebut tetap begitu menarik perhatian publik karena adanya sosok The King of Pop yang tengah naik daun kala itu.

Baca Juga: Selamat Tinggal Pepsi! Resmi Keluar dari Indonesia per 10 Oktober

3. Pepsi x Kendall Jenner

https://www.youtube.com/embed/dA5Yq1DLSmQ

Di antara iklan Pepsi yang pernah dibuat, iklan yang rilis tahun 2017 ini cukup kontroversi sehingga banyak dikecam oleh warganet. Kecaman tersebut datang lantaran iklan tersebut mengisahkan Kendall Jenner yang ikut dalam aksi demonstrasi kemudian mampu mendamaikan pihak demonstran dengan kepolisian hanya bermodal sekaleng Pepsi.

Banyak yang mengecam iklan tersebut lantaran muncul tepat setelah kasus rasialisme tengah memanas di Amerika Serikat. Tepatnya yang dilakukan oleh pihak kepolisian. Kasus tersebut pun memancing gelombang protes dan demonstrasi di Amerika Serikat.

Lantaran iklan Pepsi tersebut berlatar belakang demonstrasi yang tidak jelas apa, banyak yang kemudian menganggap bahwa iklan tersebut menyinggung soal aksi demo rasialisme di AS. Dan seolah iklan tersebut berusaha memberitahu bahwa kasus rasialisme adalah kasus ringan yang tak perlu terlalu dipermasalahkan.

4. Pepsi x Manchester United & Real Madrid

https://www.youtube.com/embed/qTaOLr9TTkM

Nama besar Pepsi membawa produsen satu ini cukup banyak menjadi sponsorship untuk beberapa klub besar. Dua di antaranya adalah Manchester United dan Real Madrid. Salah satu iklan yang rilis pada 2007 ini menjadi contoh bagaimana Pepsi mengemas iklan dengan sangat baik.

Iklan tersebut memperlihatkan bagaimana pemain Manchester United yang bergaya ala koboy datang ke sebuah bar. Kemudian Beckham ingin memesan Pepsi. Namun Pepsi yang dipesannya justru direbut oleh seorang pemain Real Madrid. Sebab itu, duel pun enggak bisa terhindarkan.

5. Pepsi x David Beckham

https://www.youtube.com/embed/68izU5g0CR0

Ini adalah salah satu contoh iklan Pepsi yang terbilang soft. Pasalnya, kalau diperhatikan hampir enggak ada sesuatu yang menonjolkan Pepsi. Justru, di sini sosok David Beckham beserta keterampilan tendangan bebasnya yang paling ditonjolkan.

Terlihat bahwa Bekcham diberi tantangan menendang bola agar dapat masuk ke tempat sampah yang jaraknya cukup jauh. Bekcham pun menerima tantangan tersebut. Satu per satu bola ditendang dan semuanya masuk ke tempat sampah.

Namun, pada iklan tersebut penonton digiring tanpa sadar bahwa ada produk Pepsi di sana. Yaitu sekaleng Pepsi yang selalu dibawa oleh Bekcham. Untuk membuat perhatian penonton sedikit teralihkan, Beckham sempat menaruh sekaleng Pepsi yang dibawanya sebelum menendang bola. Lalu mengambilnya lagi dan meneguknya pada penghujung iklan.

6. Pepsi x Snoop Dog

https://www.youtube.com/embed/_sugeMMyKPY

Satu lagi iklan Pepsi yang menyindir kompetitornya. Iklan ini memperlihatkan dua karyawan Pepsi dan Coca-Cola yang berlomba membuat display dari masing-masing produk semenarik mungkin di sebuah pusat perbelanjaan.

Display yang dibuat oleh kedua karyawan tersebut tak main-main, mulai dari membentuk display mereka menjadi mobil balap, kastil, roket, hingga akhirnya yang menjadi klimaks adalah menjadi panggung konser Snoop Dog yang dibuat oleh karyawan Pepsi.

7. Pepsi x Alien

https://www.youtube.com/embed/YT5IngAP_yk

Film Alien vs Predator rupanya membawa inspirasi bagi Pepsi. Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut pun membuat iklan yang di awal cukup mencekam. Di mana ada dua orang anak yang berusaha lari dari kejaran alien. Sampai akhirnya dua anak tersebut tersudut yang di belakang mereka hanya ada mesin minuman otomatis Pepsi.

Si alien sempat memukul mesin minuman otomatis tersebut dan membuat sekaleng Pepsi keluar. Seorang anak pun kemudian mengambil dan memberikannya pada sang alien. Selesai mereguk Pepsi, sang alien justru bersendawa lalu pergi.

Bagus-bagus dan menarik banget 'kan iklan-iklannya Pepsi ini. Jadi mana iklan Pepsi yang paling kamu suka guys?

Baca Juga: 7 Fakta Unik tentang Pepsi yang Hengkang dari Indonesia, Sudah Tahu?

Rahardian Shandy Photo Verified Writer Rahardian Shandy

Rutin menulis sejak 2011. Beberapa cerpennya telah dibukukan dan dimuat di media online. Ia juga sudah menulis 4 buah buku non-fiksi bertema bisnis. Sementara buku fiksi pertamanya terbit pada 2016 lalu berjudul Mariana (Indie Book Corner).

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya