Comscore Tracker

Miris, 5 Idol KPop Ini Menjadi Korban Rasisme

Rasisme tak seharusnya dijadikan bahan lelucon, itu tak lucu

Isu seputar rasisme memang sangat sensitif. Tindakan atau bahkan ucapan yang dianggap sepele saja bahkan sudah sanggup merujuk pada suatu hal yang offensive. Tak terkecuali dalam dunia hiburan Korea Selatan. Misalnya saja terhadap apa yang menimpa para idol Kpop berikut. Padahal manusia itu diciptakan sepaket dengan kurang dan lebih, dari ras manapun itu.

1. Lisa (Blackpink)

Miris, 5 Idol KPop Ini Menjadi Korban Rasismewomantalk.com

Sejak debut Blackpink pada 2016 silam, sosok Lisa memang mengundang pro dan kontra dari netizen Korea Selatan. Munculnya anggapan bahwa semua idol dalam girlband tersebut harusnya merupakan orang Korea asli lengkap dengan kebangsaan Koreanya, serta lahir dan besar di Korea.

Seiring perjalanan karir girlband asuhan YG Entertainment tersebut, respon berbau rasis tetap kerap ditujukan pada pemilik nama asli Pranpriya Manoban ini. Mulai dari kebangsaan Thailand, polesan make-up, rambut hitamnya, perbandingan penampilannya saat pre-debut, bahkan belakangan ini turut pula menyeret ras dari Asia Tenggara. Padahal talenta dari Main Dancer Blackpink ini sudah tak perlu dipertanyakan lagi, ya.

Akhirnya, beragam komentar rasis itu lantas membuat fans Lisa dari berbagai negara menggalang tagar #RespectLisa pada awal 2019 sebagai bentuk dukungan bagi idol kelahiran 1997 tersebut. Bahkan para fans  juga meminta YG Entertainment untuk mengambil tindakan hukum, lho.

2. BamBam (GOT7)

Miris, 5 Idol KPop Ini Menjadi Korban Rasismeen.koreaportal.com

Dilansir dari laman Koreaboo.com, isu rasis ini muncul pada 2018 lalu. BamBam mengunggah foto dirinya yang sedang melakukan pose Wakanda (dari film Black Panther) dengan caption ‘WAKANDA FOREVER.’ Nah, salah satu netizen berkata bahwa BamBam yang berkebangsaan Thailand tersebut tak pantas melakukan cosplay sebagai Black Panther.

Kendati demikian, tak sedikit pula netizen yang mendukung BamBam bahwa tak ada salahnya kok kalau idol yang merupakan sahabat masa kecil dari Lisa Blackpink tersebut berpose Wakanda.

Baca Juga: Jennie BLACKPINK Hingga RM BTS, 10 Idola KPop dengan Rap Tercepat

3. Vernon (SEVENTEEN)

Miris, 5 Idol KPop Ini Menjadi Korban Rasismekpopmap.com

Visual dari grup SEVENTEEN ini merupakan campuran Korea dan Amerika. Wajar saja apabila penampilan fisiknya tampak berbeda dengan orang Korea yang bukan keturunan campuran.

Hal ini pula yang memicu mengapa Vernon sempat merasa tak nyaman ketika orang-orang memperhatikan penampilannya tersebut, serta merasa asing di lingkungan tempat tinggalnya sendiri. Bahkan, dia juga tak jarang menerima kata-kata kasar berbau rasis selama masa kecilnya.

4. K.A.R.D

Miris, 5 Idol KPop Ini Menjadi Korban Rasismetwitter.com

Grup yang beranggotakan dua wanita dan dua pria tersebut mengalami momen berbau rasis saat mempromosikan mini album debut mereka di luar negeri, tepatnya di Brazil. Grup asuhan DSP Media ini menjadi korban rasis oleh MC yang sengaja membuat-buat matanya terlihat sipit seperti orang Asia.

Alhasil, netter Korea lantas geram. Mereka bahkan melayangkan komentar tak kalah rasis pada MC tersebut, tak luput juga kepada negara Brasil.

5. Junghwa EXID

Miris, 5 Idol KPop Ini Menjadi Korban Rasismeflickr.com

Junghwa EXID sempat menjadi korban rasisme salah satu media Amerika Serikat, Tmz, pada 2015 silam. Gaya bicara berbahasa Inggris dari Maknae EXID ini diolok-olok oleh staf media tersebut saat menyapa para penggemar EXID di bandara Los Angeles. Perlakukan tersebut bahkan turut memancing geram beberapa idol KPop, serta hujatan dari para penggemar KPop di berbagai negara.

Nah, miris ya bagaimana rasisme masih saja bergulir di tengah peradaban ini. Padahal, mereka pun sama-sama manusia, memiliki kekurangan dan kelebihan. Belajar dan berlatihlah untuk saling menghargai. Jadilah pribadi yang tak hanya cerdas otak, tapi juga nurani.

Toh, di balik semua serangan rasis tersebut, prestasi yang mereka torehkan tetap saja gemilang. Bahkan, usahamu meraih mimpi mungkin tak setegar mereka. Maka intropeksi dirilah terlebih dahulu sebelum menyinyiri orang lain. Bijaklah dalam memaknai perbedaan.

Baca Juga: Wah, 6 Idol KPop ini Ternyata Punya Marga Super Langka Lho!

Rahmadila Eka Putri Photo Community Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang
  • Indra Zakaria

Just For You