Comscore Tracker

5 Film Anime Romance yang Bikin Baper, Mengharukan!

Jangan lupa siapkan tisu sebelum nonton film-film ini, ya!

Tak hanya di kalangan anak muda, anime juga menjadi primadona di kalangan orang dewasa. Bervisual menarik, cerita anti mainstream, voice acting yang brilian, plus soundtrack yang memorable jadi secuil alasan banyak orang terjun ke dunia anime.

Beberapa anime juga mendapat pengakuan secara global. Film Mirai, misalnya, masuk nominasi Best Animated Feature di Academy Awards ke-91. Spirited Away bahkan sukses membawa pulang gelar tersebut di Academy Awards ke-75.

Meski memiliki berbagai genre, salah satu tema anime yang paling laku untuk ditonton ialah romance atau percintaan. Nah, berikut adalah lima rekomendasi anime mengharukan bertema romance yang bikin baper. Yuk, simak ulasannya!

1. Your Name (2016)

https://www.youtube.com/embed/xU47nhruN-Q

Siapa yang tak tahu dengan anime satu ini? Anime ini terkenal dengan nama Kimi no Na wa. Beberapa menyebutnya dengan Your Name. Anime ini menjadi garapan Makoto Shinkai yang berhasil keluar sebagai salah satu anime terlaris sepanjang masa.

Berbeda dengan film-film percintaan lainnya, Makoto Shinkai menggabungkan tema fantasi ke dalam Your Name. Anime ini menceritakan seorang perempuan bernama Mitsuha yang tinggal di pedesaan Jepang. Ia tiba-tiba bertukar tubuh dengan seorang laki-laki yang tinggal di Tokyo bernama Taki.

Didukung dengan visual yang memukau, voice acting yang brilian, cerita yang emosional, dan musik-musik yang memorable dari band Radwimps, film Your Name wajib masuk ke dalam watchlist-mu.

2. Into the Forest of Fireflies' Light (2011)

https://www.youtube.com/embed/C7fi3PwDoGY

Film berikutnya adalah Into the Forest of Fireflies' Light atau Hotarubi no Mori e. Meski bervisual sederhana, film ini mengena ke dalam hati penonton. Ceritanya yang ringan dan emosional dibubuhi unsur komedi. Into the Forest of Fireflies' Light memiliki akhir yang indah dan mengharukan.

Film berdurasi 45 menit ini bercerita tentang hubungan seorang perempuan bernama Hotaru dengan seorang laki-laki bernama Gin. Akan tetapi, Gin mengungkap bahwa dirinya adalah seorang jin yang tidak boleh bersentuhan dengan manusia. Jika hal itu terjadi, Gin akan menghilang selamanya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Anime Romance Terbaik di iQiyi, Siap Bikin Geregetan!

3. A Silent Voice (2016)

https://www.youtube.com/embed/nfK6UgLra7g

Film ini bisa jadi film dengan cerita paling mendalam di daftar ini. A Silent Voice mengangkat isu perundungan. Menggambarkan bagaimana perundungan tak hanya berbahaya bagi korban, tetapi juga untuk sang pelaku. Dengan narasi yang kuat dan menginspirasi, A Silent Voice adalah sebuah kisah tentang cinta, persahabatan, kesehatan mental, dan pengampunan.

Film ini menceritakan bagaimana kerasnya perjuangan seorang siswa bernama Shouya Ishida dalam memperbaiki hubungannya dengan seorang siswi, Shouko Nishimiya, yang pernah ia rundung. Namun, hal itu tak semudah membalikkan telapak tangan.

4. I Want to Eat Your Pancreas (2018)

https://www.youtube.com/embed/72av7VTBE_8

Diadaptasi dari novel karya Yoru Sumino dengan judul yang sama, I Want to Eat Your Pancreas mungkin terdengar cocok untuk judul film horor. Akan tetapi, film ini menceritakan percintaan, persahabatan, dan kehilangan.

Film ini berkisah tentang seorang siswa introver bernama Haruki yang menjalin hubungan dengan perempuan ceria seumurannya bernama Sakura. Namun, Sakura rupanya mengidap penyakit pankreas yang mengakibatkan masa hidupnya tinggal menghitung bulan.

Mengetahui hal itu, Haruki membantu Sakura untuk mewujudkan mimpi-mimpinya sebelum meninggal. Momen-momen kebersamaan mereka sepanjang film dapat membuat penonton ikut tersenyum, geregetan, hingga menangis.

5. Josee, the Tiger and the Fish (2020)

https://www.youtube.com/embed/d8YSLthFpTM

Film terakhir dalam daftar ini adalah Josee, the Tiger and the Fish. Diadaptasi dari novel karya Seiko Tanabe pada 1984, film ini pernah dibuat versi live action pada 2003. Bahkan, sempat remake untuk versi Korea dengan judul Josee.

Suatu hari, Tsuneo, seorang mahasiswa yang bekerja paruh waktu di toko alat selam, menyelamatkan seorang perempuan yang kehilangan kendali atas kursi rodanya menuruni bukit curam. Rupanya, perempuan yang bernama Kumiko itu tak bisa berjalan karena memang terlahir lumpuh.

Melihat kepribadian Tsuneo sebagai pekerja keras, nenek Kumiko menawari pekerjaan untuk merawat cucu kesayangannya. Mulai dari momen inilah benih-benih cinta tumbuh di antara mereka.

Nah, itulah dia lima anime romansa yang dapat membuat banjir air mata. Dari beberapa film di atas, kamu sudah nonton semuanya belum?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Anime Romance Underrated, Pernah Nonton?

Rakha Alif Photo Verified Writer Rakha Alif

run like a chocobo and stab like a tonberry

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya