Comscore Tracker

5 Film Berlatar Peristiwa Mei 1998 yang Wajib Millennials Tonton

Menguras air mata

Kerusuhan yang terjadi pada Mei tahun 1998 memang tragedi yang tidak bisa dilupakan oleh banyak orang. Kejadian itu merupakan kerusuhan rasial terhadap etnis Tionghoa di Indonesia yang terjadi khususnya di daerah Jakarta dan beberapa daerah lain. 

Saat kerusuhan itu terjadi banyak toko dan perusahaan dihancurkan oleh massa. Kejadian pahit ini pastinya memberikan luka yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Maka para sineas banyak yang menjadikan kejadian ini sebagai inspirasi dalam menghasilkan sebuah karya film.

Untuk mengenang kejadian ini, kita rangkum 6 film Indonesia dengan latar kejadian kerusuhan Mei 1998.

1. Terbang

5 Film Berlatar Peristiwa Mei 1998 yang Wajib Millennials TontonDok. Istimewa

Film yang belum lama dirilis karya Fajar Nugros ini mencerikan kisah nyata seorang motivator Onggy Hianata yang merupakan keturunan Tionghoa asal Tarakan. Perjuangan hidupnya yang jatuh bangun demi meraih kesuksesan memang menginspirasi banyak orang. Onggy yang diperankan Dion Wiyoko pun sempat menghadapi cobaan di tengah kerusuhan Mei 1998 di Jakarta

2. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar

5 Film Berlatar Peristiwa Mei 1998 yang Wajib Millennials Tontonimdb.com

Film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama ini menceritakan tentang Merry Riana yang harus mengungsi ke Singapura karena kondisi di Indonesia saat kerusuhan Mei 1998. Film yang diperankan oleh Chelsea Islan dan Dion Wiyoko ini menginspirasi lewat perjuangan Merry dari pertama berangkat ke Singapura hingga akhirnya sukses setelah menghadapi naik turunnya ekonomi.

Baca juga: Kesaksian Tragedi Mei 98: Menyamar Jadi Warga Pribumi Hingga Mengurung di Rumah

3. Di Balik 98

5 Film Berlatar Peristiwa Mei 1998 yang Wajib Millennials Tontonmncpictures.com

Sesuai dengan judulnya, film ini berlatarkan kejadian Mei 1998 saat reformasi terjadi. Film Di Balik 98 menceritakan tentang seorang mahasiswi yang diperankan oleh Chelsea Islan memutuskan untuk menjadi seorang aktivis yang mendapat tentangan dari keluarganya.

Tidak sendiri, ia bersama Boy William menghadapi aksi demo yang membahayakan mereka semua. Beberapa aktor papapan atas lainnya seperti Ririn Ekawati, Fauzi Badilla dan Alya Rohali juga ikut membintangi film yang rilis pada tahun 2015 ini.

4. Habibie & Ainun

5 Film Berlatar Peristiwa Mei 1998 yang Wajib Millennials TontonDok MD Pictures

Di tahun 2012, MD Pictures mempersembahkan film Habibie dan Ainun yang diambil dari kisah nyata Presiden ketiga Indonesia B. J. Habibie yang diangkat setelah lengsernya Soeharto di tahun 1998.

Meski banyak mengisahkan kisah cinta Habibie dan Ainun namun kita bisa melihat ngerinya kerusuhan Mei 1998 lewat film yang diperankan Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari ini.

5. May

5 Film Berlatar Peristiwa Mei 1998 yang Wajib Millennials TontonDok Flix Pictures

May adalah film Indonesia yang diperankan oleh Jenny Chang, Yama Carlos, Jajang C. Noer dan Lukman Sardi di tahun 2008. Film ini menceritakan kisah asmara Jenny Chang sebagai May dan Yama Carlos yang berbeda suku dan terpaksa berpisah karena peristiwa Mei 1998. Saat peristiwa Mei 1998, May diperkosa dan terpisahkan dari sang ibu serta kekasihnya. 

Mungkin bagi millennials serta generasi Z, tragedi Mei 1998 terjadi saat masih kecil atau mungkin baru lahir. Namun kamu wajib mengetahuinya sebagai salah satu pengingat sejarah tanah air.

Baca juga: Mengingat Kembali Film Di Balik 98: Kisah Fiksi Berlatar Reformasi

Line IDN Times

Topic:

Just For You