Comscore Tracker

A Man Called Ahok: Saat yang Kaya Kalah dengan Penguasa

#ReviewFilm Mengharukan banget!

A Man Called Ahok merupakan film dari rumah produksi The United Team of Art yang disutradarai oleh Putrama Tuta. Akan tayang pada 8 November, film yang diadaptasi dari buku berjudul sama karya Rudi Valinka ini menceritakan sosok Ahok, mantan Gubernur DKI yang dikenal dengan sikap tegasnya. 

Diperankan oleh aktor ternama di dunia perfilman seperti Daniel Mananta, Denny Sumargo, Ferry Salim, Chew Kin Wah dan Jill Gladys, film ini lebih menceritakan masa kecil Ahok yang penuh makna, dan perjalanan seperti apa yang membawa Ahok hingga sukses menjadi Gubernur.

1. Alur cerita sangat rapi

A Man Called Ahok: Saat yang Kaya Kalah dengan PenguasaInstagram.com/amancalledahok

Film ini tidak akan membuatmu bingung dengan alur cerita yang maju mundur. Semuanya sesuai dengan rentang waktu dari masa kecil Ahok, sosok seperti apa Ahok saat kecil, keluarga yang membangun karakternya hingga lingkungan sekitar yang membentuknya menjadi sosok Ahok yang dewasa. Semua dijabarkan dari A-Z sehingga membawamu larut ke dalam cerita kehidupan Ahok, putra Belitung dengan mimpi yang besar.

2. Membuat emosi terbawa sejak awal cerita dengan surat Ahok

A Man Called Ahok: Saat yang Kaya Kalah dengan PenguasaInstagram.com/amancalledahok

Di awal cerita, pesan Ahok di masa sulitnya saat masih di penjara akan jadi pembuka cerita dan membawa suasana haru ke dalam isi ruangan bioskop. Seketika penonton dibawa ke suasana Belitung, tempat di mana seorang Basuki Tjahaja Purnama dibesarkan oleh ayah yang seorang pengusaha tambang. Ahok yang cenderung pendiam saat kecil namun banyak berpikir dan mengetahui apa yang dialami keluarganya bertransformasi menjadi anak yang sering berselisih paham dengan sang ayah. 

Baca Juga: 10 Pesona VJ Daniel yang Membuatnya Terpilih Memerankan Sosok Ahok

3. Naik turunnya kehidupan keluarga Ahok yang mengaduk perasaan

A Man Called Ahok: Saat yang Kaya Kalah dengan PenguasaInstagram.com/amancalledahok

Setiap rumah, setiap keluarga pastinya memiliki masalah yang harus dihadapi. Tak terkecuali bagi Ahok yang lahir dari keluarga terpandang di Belitung. Anak seorang Big Boss pengusaha tambang yang sangat menjunjung tinggi kemanusiaan. Bukan tanpa masalah, keluarga Ahok yang berkecukupan ternyata mengalami jalan hidup yang naik turun. 

Kebiasaan sang ayah yang sangat suka memberi dan mimpinya untuk membuat warga sekitar sejahtera menghasilkan cerita tentang keluarga Ahok yang menyentuh dengan berbagai sentilan cerita yang membuat kita sadar akan berbagai pelajaran hidup.

4. Akting Chew Kin Wah dan Denny Sumargo yang sukses membuat penonton meneteskan air mata

A Man Called Ahok: Saat yang Kaya Kalah dengan PenguasaInstagram.com/amancalledahok

Seberapa besar peran ayahmu dalam membentuk karaktermu saat ini? Sifat apa yang kamu ingat dari seorang ayah? Hal itulah yang membuat kita langsung berpikir tentang ayah ketika melihat sosok Kin Nam, ayah Ahok yang diperankan oleh Chew Kin Wah.

Sosok ayah yang tegas, teguh akan prinsip yang juga membentuk karakter Ahok dewasa. Tidak selalu mulus, bisnis sang ayah ternyata mengalami banyak jalan terjal bahkan hingga akhir hayatnya. Meski sering berselisih paham dengan Ahok, Kin Nam adalah seorang ayah yang punya mimpi besar untuk kelima anaknya. 

Di film ini kamu akan melihat sisi yang jarang terlihat dari seorang ayah yang biasa menunjukkan kekuatan dan ketegasannya di hadapan sang anak.

5. Penuh pesan berharga pelajaran hidup

A Man Called Ahok: Saat yang Kaya Kalah dengan PenguasaInstagram.com/amancalledahok

Melihat secara jelas apa yang dialami bisnis ayahnya sejak ia masih SD membuat hal tersebut membekas di ingatan Ahok dewasa. Ahok yang meninggalkan studinya sebagai dokter dan ingin membangun bisnis ayahnya selalu dihadapkan dengan permasalahan pemerintah yang mencuri uang rakyat. Dalam fase ini akan menggambarkan betapa ironinya politik yang mengada-ada. 

A man called Ahok mengajarkan kita bahwa hidup tidak selalu sesuai dengan apa yang kita rencanakan. Ada kalanya niat baik justru membuat kita berada di posisi yang tidak kita inginkan yang mana hal tersebut menjadi ujian seberapa teguh kita dalam memegang prinsip.

Banyak nilai kehidupan yang bisa kita petik dari kisah Ahok dalam film ini. A Man Called Ahok fokus menceritakan masa kecil Ahok dengan keluarga yang membentuknya hingga dewasa dan hal apa yang membuatnya ingin masuk ke dunia politik. Jika kamu berharap film ini juga akan menceritakan intrik politik yang dihadapi Ahok saat menjabat sebagai Gubernur DKI, apakah ada? Langsung ditonton saja ya guys!

Baca Juga: 10 Transformasi VJ Daniel Jadi Ahok bak Pinang Dibelah Dua!

Topic:

  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya