Comscore Tracker

Review Film Yowis Ben 2: Ada Siti Badriah & Ridwan Kamil Lho

#ReviewFilm Semakin lucu atau tidak ya?

Film yang mengisahkan terbentuknya band yang beranggotakan pemuda Malang yakni Yowis Ben kembali hadir dengan sekuel Yowis Ben 2 yang siap tayang 14 Maret mendatang. Film ini menceritakan kelanjutan kisah Bayu, Doni, Nando, dan Yayan. Bayu dengan masalah ekonomi keluarganya, Nando si anggota band yang paling kalem, Yayan yang sudah menikah hingga Doni yang masih jomblo.

Tidak cuma menceritakan kehidupan anak band, Yowis Ben 2 juga membahas berbagai hal mulai dari keberagaman budaya hingga kehidupan sosial. Sebelum kamu menyaksikan di bioskop nanti, yuk simak lebih dalam review film Yowis Ben 2 garapan Bayu Skak dan Fajar Nugros ini.

1. Menyampaikan kehidupan masyarakat yang dengan berbagai problema yang unik

Review Film Yowis Ben 2: Ada Siti Badriah & Ridwan Kamil LhoDok. Istimewa

Kekuatan film Yowis Ben 2 adalah cerita tentang kehidupan masyarakat suku Jawa dengan dialog yang tentunya hampir seluruhnya menggunakan bahasa Jawa. Film ini menunjukkan bahwa setiap pribadi memiliki masalah masing-masing yang seringkali tidak disadari oleh orang lain. Yowis Ben 2 menyampaikan cerita mulai dari kisah asmara, keluarga hingga persahabatan.

Bayu yang putus dari pacarnya, Nando yang ayahnya ingin menikah dengan biduan muda, hingga Yayan yang menikah dengan wanita melalui proses taaruf seakan membahas realita kehidupan yang sangat dekat dan kerap terjadi di kehidupan nyata.

2. Film komedi, apakah membuat tertawa?

Review Film Yowis Ben 2: Ada Siti Badriah & Ridwan Kamil LhoDok. Istimewa

Yowis Ben memang dikenal sebagai film komedi. Mengingat film ini dibintangi oleh beberapa komika ternama seperti Bayu Skak hingga Joshua Suherman. Ibarat hanya menggelitik pinggangmu sesaat, berbagai jokes atau kejadian lucu dalam film ini tanggung. Penonton tidak dibuat tertawa lepas, tentu saja hal ini dikarenakan porsi lucu dalam Yowis Ben 2 kurang dibandingkan dengan Yowis  Ben sebelumnya.

Baca Juga: Main Film Yowis Ben 2, 10 Potret Kedekatan Anya Geraldine & Bayu Skak

3. Hadir banyak wajah baru, cerita semakin mudah ditebak

Review Film Yowis Ben 2: Ada Siti Badriah & Ridwan Kamil LhoDok. Istimewa

Putus dari Susan, Bayu bertemu dengan gadis Bandung bernama Asih yang diperankan oleh Anya Geraldine. Selain Anya, Anggika Borsteli, Laura Theux hingga Timo Scheunemann menjadi wajah baru dalam Yowis Ben 2. Namun sayangnya pemain baru dalam film ini memiliki karakter yang membuat cerita justru semakin mudah ditebak.

Ada beberapa kejadian dalam film juga yang terkesan klise. Mulai dari Asih, wanita yang mereka temui di pesawat dan kembali lagi bertemu di Bandung hingga melanjutkan kuliah di Malang. Terlalu banyak kebetulan dalam film ini.

4. Banyak pesan kehidupan yang disampaikan

Review Film Yowis Ben 2: Ada Siti Badriah & Ridwan Kamil LhoDok. Istimewa

Pindah ke Bandung demi membuat bandnya semakin sukses, Bayu, Nando, Yayan dan Doni mempelajari budaya baru. Di sini, Yowis Ben menyampaikan indahnya keberagaman budaya Indonesia. Namun sayangnya begitu banyak pesan baik yang dikemas kurang matang dan menyentuh. Berbagai makna hidup yang ingin disampaikan Yowis Ben 2 seakan hanya diselipkan begitu saja dengan momen yang kurang tepat. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan putra Presiden Jokowi, Gibran juga muncul sebagai cameo di film ini.

Meski mengangkat tema yang penting dan sangat dekat dengan masyarakat, sayangnya pengemasan yang kurang menarik membuat film ini tidak bisa memuaskan rasa haus penonton dari segi komedi. Meski begitu keberagaman budaya yang disampaikan membuat Yowis Ben 2 menarik untuk ditonton. IDN Times memberikan 1,5/5 untuk Yowis Ben 2. 

https://www.youtube.com/embed/mkHCkYvgRVo

Baca Juga: Film Komedi Berbahasa Jawa, Ini 8 Fakta Unik 'Yowis Ben' Bayu Skak

Topic:

  • Ramadani Barus
  • Erina Wardoyo

Just For You