Comscore Tracker

Sering Dapat Cibiran, 5 Dampak Positif yang Justru Dialami Fans KPop

Dasar ava KPop halu ~

Bicara tentang dunia musik KPop nih ya guys pastinya gak bisa terlepas dari penggemarnya yang memilikinya massa yang sangat banyak di berbagai negara. Fans KPop juga dikenal sebagai fans yang punya antusias tinggi setiap idola mereka menggelar konser. Terbukti dari ramainya konser KPop yang kerap digelar di Indonesia.

Ada yang sangat menyukai KPop, namun ternyata ada juga nih pihak yang kurang menyukai cara para fans dalam mengekspresikan rasa cinta pada idola mereka. Berbagai tudingan miring, hingga cibiran yang kurang mengenakkan sering kali ditujukan untuk fans KPop.

Tidak sedikit pihak yang sering mencibir dengan mengatakan "Dasar ava kpop halu", "Buat apa sih menghambur-hamburkan duit buat KPop?"atau "Dasar pemuja plastik". Seperti apa sih tudingan mereka akan hal tersebut? Benarkah adanya? Atau justru banyak orang tidak tahu akan dampak positif yang dirasakan remaja saat menjadi KPopers?

1. Membuka diri dengan dunia luar dan memiliki banyak teman baru

Sering Dapat Cibiran, 5 Dampak Positif yang Justru Dialami Fans KPopIDN Times/Triadanti

Tak ada yang lebih membahagiakan dari memiliki teman yang satu frekuensi, satu hati dan satu pikiran. Itulah yang dirasakan para KPopers saat bertemu teman satu fandom mereka.

Seperti halnya Keara (16), di usianya yang masih muda ia sudah bisa membuat sebuah acara Fan Cafe yang dihadiri oleh puluhan hingga ratusan Wannable (panggilan untuk fans boyband Wanna One). Hanya dengan bantuan panitia yang juga teman seumurannya, Keara membuat reservasi, dekorasi sendiri demi bisa berkumpul dengan sesama Wannable. Bahkan Keara tidak pernah mengambil keuntungan dari acara yang ia buat.

"Karena kita tahu ketemu dengan orang yang punya kesukaan sama, jadi kayak seru aja gitu" tuturnya antusias. "Tanpa harus kenalan, awkward kita sudah kayak punya kesamaan gitu loh!" lanjutnya.

Ia juga mengaku tidak peduli dengan cibiran orang lain di luar sana, karena menurut Keara dengan ia menjadi KPopers atau memajang foto idola KPop di profil media sosialnya tidak mengganggu orang lain. Benar banget ya guys?

2. Motivasi untuk menabung lebih besar

Sering Dapat Cibiran, 5 Dampak Positif yang Justru Dialami Fans KPopIDN Times/Reza Iqbal

Siapa bilang kalau KPopers hanya menghabiskan uang orangtua tanpa memikirkan keadaan ekonomi orang kesayangan kita? Tidak boleh memukul rata penilaian kita terhadap KPopers, ternyata justru banyak penggemar musik satu ini yang menabung sendiri uang saku atau penghasilan mereka untuk membeli merchandise.

Hal tersebut diakui salah satu KPopers yakni Tasya (20). "Aku bisa nabung karena ada sesuatu yang pingin aku beli," ungkapnya.

3. Bisa menjadi pribadi yang lebih mandiri

Sering Dapat Cibiran, 5 Dampak Positif yang Justru Dialami Fans KPopIDN Times/Reza Iqbal

Jauh dari imej manja, menjadi KPopers juga bisa membuat kamu menjadi pribadi yang lebih mandiri. Hal tersebut dibuktikan oleh Keara (16), Amel (19), Winda (19) dan Anin (15). Di usia yang terbilang masih sangat muda, mereka sudah bisa menggelar sebuah acara yang dihadiri ratusan orang dari fandom favorit mereka. Berbagai hal yang harus diurus mulai dari administrasi, pemilihan venue, hingga dekorasi harus mereka persiapkan matang-matang demi acara fan cafe yang mereka gelar. 

"Aku pingin tahu aja sih di belakang acara itu ada masalah apa yang aku hadapi saat jadi panitia," ujar Amel yang saat itu menjadi panitia Fan Cafe OngNiel di kawasan Kuningan.

Bahkan Winda, rela jauh-jauh datang dari Palembang ke Jakarta untuk menggelar Exhibition dan Birthday Party untuk salah satu anggota BTS yakni J-Hope. Apalagi proyek ulang tahun J-Hope ini diselenggarakan di 4 kota lho! Winda juga belajar membangun hubungan dengan panitia lainnya melalui media sosial. Berawal dari nekat, acara Hobinist Project yang diusung oleh Winda dan Anin rampung hanya dalam waktu sebulan saja! Keren banget ya guys?

Baca Juga: Jadi Fans KPop Berfaedah Gak, Sih? Fanboy Ini Membuktikannya

4. Termotivasi belajar bahasa Inggris dan Korea

Sering Dapat Cibiran, 5 Dampak Positif yang Justru Dialami Fans KPopIDN Times/Rangga Raditya

Tidak hanya dari aspek sosial yang dirasakan para KPopers, berkat energi positif yang ditularkan idola KPop, bahkan gak sedikit fans yang merasakan dampak tersebut dalam aspek pendidikan.

"Orang-orang terlalu banyak mengeneralisir tentang KPopers, padahal di balik ava KPop itu justru ada orang yang berprestasi seperi teman kita Mutia yang akan exchange ke Malaysia ini," tunjuk Melissa (23) ke arah sahabat sesama Army, Mutia (19).

Saat ditanya hal positif terbesar apa yang mereka rasakan saat menjadi KPopers, Melissa menjawab dengan semangat, "Bisa bahasa Inggris" yang kemudian diamini oleh keempat temannya, Patris (21), Sandra (22), Monica(21 dan Mutia (19).

"Kalau kita suka nonton konten Korea kebanyakan subtitlenya bahasa Inggris, jadi kita belajar bahasa Inggris dan Korea juga," lanjut Melissa. 

"Bahkan dia nih (Sandra)punya rahasia, pas SMA pernah bikin contekan pakai bahasa Korea," ungkap Melissa sambil bercanda.

Belajat bahasa Korea keren banget tapi untuk menyonteknya jangan dicontoh ya guys! Hehehe...

5. Mutia: Army yang lanjut sekolah di luar negeri berkat motivasi dari RM BTS

Sering Dapat Cibiran, 5 Dampak Positif yang Justru Dialami Fans KPopIDN Times/Rangga Raditya

Energi positif dari seorang idola KPop ternyata sangat berdampak besar bagi penggemarnya. Seperti RM BTS salah satunya. Sudah bukan rahasia lagi sosok RM merupakan idola yang dikenal pintar dan bijak. Meski bukan lahir di Amerika dan Inggris, RM bisa berbahasa Inggris dengan fasih dan berbicara di UN PBB dengan percaya diri bersama anggota BTS lainnya.

Hal tersebut ternyata memotivasi Mutia yang terinspirasi dari sosok RM BTS dan membawanya bisa exchange sekolah di Malaysia. "Sebenarnya kalau inspirasi itu adanya di Namjoon (RM BTS) ya, terus terbantu juga belajar bahasa Inggris dari Twitter dari teman-teman di luar negeri," tutur Mutia.

Nah ternyata banyak ya hal positif yang justru dirasakan para KPopers. Jadi jangan sembarangan menilai ya guys. Kalau kamu sendiri, hal positif apa sih yang kamu rasakan sebagai KPopers? Share di kolom komentar ya guys!

https://www.youtube.com/embed/xe4tjHJsEDs

Baca Juga: Jadi Gaya Hidup, Benarkah Fans KPop Kaya Raya atau Cuma Modal Kuota?

Topic:

  • Ramadani Barus
  • Erina Wardoyo

Just For You