Comscore Tracker

7 Proyek Luar Biasa yang Pernah Dilakukan Running Man, Super Kreatif!

Proyek mana yang jadi favoritmu? #WaktunyaKorea

Running Man merupakan salah satu variety show Korea Selatan yang memulai penayangannya pada tahun 2010 di stasiun televisi SBS. Pernah ditinggalkan oleh beberapa anggota, kini Running Man bertahan dengan delapan anggota yang di antaranya adalah Yoo Jae Suk, Ji Seok Jin, Kim Jong Kook, HaHa, Song Ji Hyo, Lee Kwang Soo, Jeon So Min, dan Yang Se Chan.

Acara yang telah memasuki usia penayangan yang ke-11 ini awalnya menghadirkan permainan melarikan diri dari sebuah gedung dengan melewati berbagai misi tertentu untuk menemukan kode tersembunyi dalam tempat tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu, format acara ini menjadi lebih kreatif dengan berbagai misi atau permainan yang beraneka ragam. 

Kreativitas para staf terbukti dengan terselenggaranya beberapa proyek Running Man yang bahkan beberapa di antaranya berlatarkan berbagai negara di belahan dunia. Nah, berikut adalah tujuh proyek luar biasa yang pernah dilakukan Running Man di beberapa episodenya. Penasaran apa saja? Simak, yuk!

1. Member’s Week Special (Episode 333-340) 

https://www.youtube.com/embed/pu6Z7CdoVIE

Sepeninggal Gary, Running Man menyelenggarakan sebuah proyek berjudul “Member’s Week Special”. Proyek ini juga menandakan acara ini akan tetap berjalan, karena saat itu ada rumor yang beredar tentang pembubaran Running Man.

Member’s Week merupakan proyek di mana pada setiap minggunya, semua anggota secara bergiliran akan menentukan tema episode tersebut sesuai keinginan mereka. Proyek ini di awali dengan Ji Hyo's Week yang memutuskan untuk melakukan perjalanan atau sebuah MT dengan para anggota Running Man. Namun, berbeda dengan ekspektasinya, MT kali ini dilaksanakan di tengah dinginnya musim dingin.

Minggu kedua adalah Jong Kook’s Week yang melakukan kencan buta. Selanjutnya ada Seok Jin’s Week yang berlatarkan di sebuah penjara, kemudian HaHa yang selalu dihadapkan akan dua pilihan di Member’s Week gilirannya, Jae Suk’s Week yang mengundang teman-temannya untuk melawan Running Man, dan Kwang Soo’s Week yang mengadakan perjalanan keliling kota di tengah malam. Tak lupa, staf juga mengadakan Gary’s Week meskipun saat itu Gary telah resmi keluar dari acara.

2. Global Race (Episode 346-354)

https://www.youtube.com/embed/PeoAHlfzALo

Untuk menyambut hadirnya dua anggota baru dan pergantian staf produksi. Running Man menyelenggarakan sebuah proyek berjudul “Global Race” di mana para anggota akan melakukan berbagai misi di beberapa tempat yang berlokasi di luar negeri. Anggota yang kalah di setiap episodenya akan diberi sebuah tourist card. Mereka yang di akhir proyek mendapat tiga tourist card akan diberi hukuman berupa kunjungan ke tempat-tempat wisata berbahaya di seluruh dunia.

Tempat-tempat yang menjadi lokasi misi pada proyek ini di antaranya adalah Jepang, Taipei, Pulau Jeju, Mongolia dan Rusia.

Global Race terakhir berlangsung di Jepang. Yoo Jae Suk, Ji Suk Jin, Lee Kwang Soo, Jeon So Min, dan Yang Se Chan mendapat hukuman dengan mengunjungi taman hiburan Fuji-Q Highland untuk menyelesaikan misi di sebuah rumah hantu yang terkenal akan keseramannya. Sementara itu, Kim Jong Kook, HaHa, dan Song Ji Hyo yang tidak ikut dihukum menghabiskan waktu dengan mengunjungi Yokohama di mana pengeluaran mereka mempengaruhi misi anggota lainnya.

Baca Juga: Bikin Baper, Ini 8 Episode Running Man yang Bertema Couple Race

3. 1% People's Recommendation (Episode 355-359, 370-371, 378-379)

https://www.youtube.com/embed/832ti-S4px4

Setelah proyek Global Race berakhir, Running Man langsung melanjutkan episodenya dengan memulai proyek baru berjudul “1% People's Recommendation”. Tempat-tempat yang akan mereka kunjungi adalah rekomendasi dari para penonton setia Running Man.

Beberapa tempat yang direkomendasikan tersebut di antaranya ada Katakomba di Paris, Giant Canyon Swing di Amerika Serikat, Gondola Kayu Manual yang berada di Indonesia, dan beberapa tempat menakutkan lain. Hanya dua anggota Running Man yang dipilih untuk menyelesaikan proyek tersebut, yang ditandai oleh tiga I-Go Stickers yang mereka dapatkan.

Pada akhirnya, Jeon So Min dan HaHa yang harus menerima hukuman karena mereka telah mendapatkan tiga I-Go Stickers. Jeon So Min memilih Lee Kwang Soo untuk menemaninya pergi ke Indonesia dan menaiki gondola kayu manual di Pantai Timang, Yogyakarta. Sedangkan HaHa yang memilih Yang Se Chan awalnya akan menaiki Giant Canyon Swing di Amerika, namun karena masalah visa, destinasi mereka diubah ke Nevis Swing yang berada di Selandia Baru.

4. Half and Half Tour (Episode 365-369, 378-379)

https://www.youtube.com/embed/0mkVtME_6mY

Kali ini giliran para anggota Running Man yang merekomendasikan destinasi menyenangkan untuk mereka kunjungi di proyek yang bernama “Half and Half Tour” ini. Namun, staf produksi juga ikut merekomendasikan tempat-tempat menakutkan sebagai hukuman bagi para anggota yang terpilih. Maka dari itu, pada proyek ini  para anggota akan bersaing dengan staf produksi untuk memenangkan destinasi yang mereka rekomendasikan.

Pada setiap episode, mereka akan memasukkan destinasi rekomendasinya ke dalam rolet dengan nama anggota yang dilampirkan untuk menyelesaikan misi. Proyek ini dimenangkan oleh staf produksi di mana Lee Kwang Soo dan Yoo Jae Suk akan pergi ke Australia untuk mengunjungi  Crocosaurus Cove's Cage of Death atau kandang buaya mematikan.

5. Family Package (Episode 392-397, 399-400, 406-408)

https://www.youtube.com/embed/BWnVoVmdQgE

Untuk menyambut musim semi, Lee Sang Yeob, Lee Da Hee, Hong Jin Young, dan Kang Han Na yang sudah dianggap sebagai keluarga karena sering muncul di Running Man, hadir untuk berpartisipasi dalam proyek berjudul “Family Package”.

Pertama-tama, keempat bintang tamu merekomendasikan masing-masing satu destinasi mewah dan menakutkan. Tanpa mereka ketahui, destinasi yang mereka rekomendasikan akan menjadi hadiah dan hukuman bagi proyek ini.

Anggota yang memenangkan proyek ini akan mendapatkan paket mewah, sedangkan jika kalah akan mendapat paket menakutkan. Paket mewah berupa liburan ke destinasi yang menyenangkan, di antaranya ada kunjungan ke tempat-tempat wisata di negara Spanyol, Meksiko, Kanada, dan Swiss. Sementara itu paket menyeramkan akan membawa mereka ke tempat-tempat yang menakutkan, seperti berjalan di atas pesawat di Inggris atau Giant Canyon Swing di Amerika Serikat.

Untuk mendapat paket mewah dan menghindari paket menakutkan, mereka semua berusaha untuk mendapat stiker paket mewah sebanyak-banyaknya dengan memenangkan setiap misi selama beberapa pekan.

6. Running Man Playing Game (Episode 433-436)

https://www.youtube.com/embed/cvkApfrbUSU

Running Man Playing Game atau disebut juga dengan RPG adalah proyek yang dibuat untuk menyambut tahun baru 2019. Kali ini, kedelapan anggota akan bertanding untuk mencapai level tertinggi. Permainan akan berhasil jika ada pemain yang telah mencapai level 10. Pemenang akan mendapat hadiah yang hebat. 

Namun, bukan perkara mudah untuk menaikkan level, karena level yang mereka capai bisa saja turun karena beberapa hal. Bahkan di episode 435 ada seseorang yang mencuri lencana level mereka. Proyek ini dimenangkan oleh Kim Jong Kook dan Song Ji Hyo yang berhasil mencapai level 10 di episode ke-436.  

7. Running Man Fan Meeting Project (Episode 452-456, 458-459, 462, 467-469)

https://www.youtube.com/embed/UqKV6J5GNtQ

Karena kepopulerannya, Running Man telah menyelenggarakan beberapa fan meeting di berbagai negara, seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Hongkong, dan negara-negara lain di Asia. Namun, ternyata Running Man belum pernah melakukan fan meeting di Korea Selatan. Maka dari itu, untuk memperingati hari jadi Running Man ke-9, staf produksi menyelenggarakan sebuah proyek fan meeting di Korea Selatan.

Dalam waktu dua bulan, anggota Running Man harus menyiapkan beberapa penampilan untuk acara fan meeting tersebut, di antaranya adalah tarian kelompok seluruh anggota, tarian duo, kolaborasi dengan beberapa penyanyi, dan beberapa penampilan luar biasa lain. Penyanyi-penyanyi yang akan berkolaborasi dengan para anggota adalah Gummy, Nucksal, Code Kunts, Soran, Apink.

Pada saat hari diselenggarakannya fan meeting, para anggota berhasil menampilkan pertunjukkan yang luar biasa. Puncak acara berlangsung ketika para anggota menampilkan sebuah dance energik hasil latihan mereka dengan koreografer Lia Kim. Selain itu, mereka juga sukses menciptakan suasana haru saat mereka menyanyikan sebuah lagu khusus yang diciptakan untuk Running Man.  

Itu dia tujuh proyek luar biasa yang pernah dilakukan Runnning Man. Wah, sepertinya ide kreatif dari para staf produksi tidak ada habisnya, ya. Di antara ketujuh proyek tersebut, mana nih yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 9 Episode Running Man yang Dibintangi Super Junior, Lawak Parah

Ratih Damayanti Photo Verified Writer Ratih Damayanti

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya