Comscore Tracker

5 Pelajaran Berharga dari The Leaked, Thai Series yang Ciamik Abis!

Media sosial bisa menipumu #IDNTimesHype

The Leaked merupakan Thai series yang pertama kali tayang pada Desember tahun 2020 lalu. Dibintangi sederet aktor dan aktris muda terkenal Thailand, sebut saja Nanon, Yaimai, dan Jaja, series ini patut diperhitungkan.

Mengusung tema cyber crime yang identik dengan sosial media menjadikan series ini patut diperhitungkan. Setiap episodenya, serial ini menampilkan kejadian yang berbeda dengan durasi kurang lebih selama 20 menit. Kejadian-kejadian yang ditampilkan pun sangat berhubungan dengan kehidupan remaja saat ini.

Lalu, seperti apa pelajaran yang dapat kita ambil dengan adanya series ini?

1. Jangan mudah percaya pada orang-orang di media sosial

5 Pelajaran Berharga dari The Leaked, Thai Series yang Ciamik Abis!pexels.com/cottonbro

Mengangkat banyak isu termasuk sosial media, series ini dikemas dengan begitu epik. Mengajarkan berbagai kesadaran pada remaja meskipun terkadang sosial media memberikan dampak yang positif, nyatanya masih ada celah yang berbahaya yang tidak aman bagi para remaja.

Seseorang bisa saja sengaja memalsukan identitasnya hanya dengan satu foto dan rentetan bio yang mengesankan. Jadi kita harus selalu waspada terhadap apa yang kita klik di sosial media.

2. Sisi gelap dari kehidupan remaja di sekolah

5 Pelajaran Berharga dari The Leaked, Thai Series yang Ciamik Abis!pexels.com/Keira Burton

Di ranah sekolah terdapat berbagai macam cara bergaul antar remaja. Beberapa siswa yang dianggap populer biasanya akan memiki kelompok sendiri dan minoritas akan merasa tak dihargai dan dipinggirkan. Bahkan tak jarang terjadi konflik antara si populer dan si kaum minor. Kaum yang merasa tertindas terus menerus bisa jadi mendapat keberanian untuk membalas dengan cara yang tidak diduga oleh si populer.

Baca Juga: Gandeng Aktor Thailand, 5 Fakta Series Forbidden dari HBO Asia

3. Beberapa remaja merasa sudah dewasa

5 Pelajaran Berharga dari The Leaked, Thai Series yang Ciamik Abis!pexels.com/kat wilcox

Menganggap remaja sudah dewasa memang tak sepenuhnya salah karena mereka sudah cukup bertanggung jawab terhadap perilakunya. Namun, dengan adanya tuntutan sosial dalam kelompok beberapa remaja malah berperilaku menyimpang.

Hal ini dilakukan agar tidak dikeluarkan dalam kelompok dan agar tetap selaras. Ditambah lagi adanya sosial media yang seakan menuntut kita untuk menjadi 'perfect', apa saja pasti akan dilakukan. Nyatanya atas semua yang telah dilakukan malah menimbulkan macam-macam masalah.

4. Remaja perlu menerima kelebihan dan kekurangannya

5 Pelajaran Berharga dari The Leaked, Thai Series yang Ciamik Abis!pexels.com/Aline Viana Prado

Dalam masa perkembangan remaja, menerima diri sendiri apa adanya merupakan salah satu fase yang penting. Menerima diri berarti mencintai diri sendiri dari segi kelebihan yang kita miliki dan kekurangannya.

Ketika kelompok sosialmu begitu mengagungkan dirimu untuk menjadi sempurna, namun dirimu sendiri merasa tidak demikian kita tidak harus memaksakannya. Jangan menjual martabat kita untuk memenuhi standar mereka. Jangan takut untuk menjadi diri kita apa adanya.

5. Media sosial memengaruhi emosi dan aksi

5 Pelajaran Berharga dari The Leaked, Thai Series yang Ciamik Abis!pexels.com/Gabby K

Perlu diingat ketika kita berselancar di media sosial, jangan biarkan hal-hal nyeleneh dan negatif memengaruhi sikapmu. Usahakan untuk mengunggah hal-hal yang dapat membantu orang lain dan menggerakkannya.

Ketika kamu mengalami isu-isu yang besar jangan menyebarkannya tanpa informasi yang lengkap. Orang-orang akan selalu menilai apa yang telah kita unggah.

Itulah lima hal yang dapat kita pelajari dari Thai series berjudul The Leaked. Series ini mengajarkan self awareness pada remaja yang begitu penting tentang menyikapi berbagai macam kejadian, khusunya dalam media sosial. Kedepannya, remaja diharapkan untuk lebih berhati-hati dan menemukan cara bersodial media yang tepat.

Baca Juga: Bergenre Thriller, 8 Alasan Harus Nonton Serial Thailand Blackout

Indrawati R Photo Verified Writer Indrawati R

Thank you!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya