Comscore Tracker

Nostalgia, yuk! 10 Grup Band Asal Bandung Ini Populer pada Era 2000-an

Jadi kangen masa-masa sekolah

Sejak dulu hingga kini, Bandung menjadi salah satu daerah penghasil talenta seni berbakat. Bukan hanya aktor, aktris, dan penyanyi saja, sederet grup musik juga diketahui lahir dari Kota Kembang ini.

Seperti sepuluh grup band yang populer pada era 2000-an ini, lagu-lagunya yang mayoritas bertemakan cinta menjadi idola anak muda kala itu. Siapa saja? Yuk, kita nostalgia sejenak sambil mengingat kenangan pada masa itu. Masih ingat, gak?

1. Naff

https://www.youtube.com/embed/2Qo29yaNvS4

Grup musik Naff dibentuk di Bandung pada 1998 dengan anggota Ady (vokal), Ade dan Dedy (gitar), Odeu (bas), serta Hilal (drum). Beberapa lagu seperti "Terendap Laraku", "Kau Masih Kekasihku" dan "Akhirnya Ku Menemukanmu" mengantarkan mereka ke puncak kesuksesan di panggung musik. 

2. Mocca

https://www.youtube.com/embed/paCm-W8EURI

Grup musik Mocca dibentuk oleh Riko Prayitno (gitar), Arina Ephipania (vokal dan flute), Achmad Pratama (bas), dan Indra Massad (drum) yang saat itu merupakan mahasiswa Institut Teknologi Nasional Bandung. Lirik lagunya yang romantis, seperti "I Remember" dan "On the Night Like This", digandrungi remaja era 2000-an

3. Peterpan

https://www.youtube.com/embed/_OW30kEHcZo

Awalnya, Peterpan merupakan band yang kerap bermain di kafe di daerah Bandung dengan formasi Ariel (vokal), Uki (gitar), Lukman (gitaris) Andika (keyboard), Reza (drum), dan Indra (bass).

Pada 2002, single pertama mereka berjudul "Mimpi yang Sempurna" sukses di pasaran. Sayangnya, setelah 4 tahun menjadi band idola, Andika dan Indra memutuskan untuk hengkang dan membuat band baru. Agustus 2012, Peterpan pun mengumumkan perubahan nama menjadi Noah.

 4. The Titans

https://www.youtube.com/embed/wsZFPns6DlE

Hengkang dari Peterpan, Andika dan Indra menggandeng Rizky (vokal), Onny (gitar), Imot (drum), dan Tomtom (penyintesis) untuk membentuk grup baru bernama The Titans. Debut album mereka dirilis April 2007 bertajuk The Titans dengan "Rasa Ini" sebagai single hit pertama.

5. Cokelat

https://www.youtube.com/embed/aNUAY1Mgv1w

Grup musik Cokelat dibentuk pada 1996 dan digawangi oleh Kikan (vokal), Deden (drum), Ronny (bas), Robert (gitar), dan Bernard (gitar). Hingga kini, Cokelat telah mengalami beberapa kali pergantian personel termasuk posisi vokalis. Lagu-lagunya seperti "Karma", "Segitiga", dan "Bendera" selalu menghiasi tangga musik era 2000-an.

Baca Juga: Bukan Cuma Band, 10 Grup Musik Ini Pernah Jadi Idola Anak Muda 2000-an

6. Dygta

https://www.youtube.com/embed/7lYJoL8I2ns

Pada 2002, grup musik Dygta yang kala itu beranggotakan Yon (keyboard), Adjie (vokal), Teddy (gitar), Gilang (bas), dan Dimas (drum) memulai debut dengan merilis album perdana yang berjudul Persembahan Jiwa. Lagu "Tak Mungkin Ku Melepasmu" yang menjadi andalan meledak masih kerap diputar hingga sekarang. 

7. Gigi

https://www.youtube.com/embed/XmcJiaMDZrc

Berkali-kali mengalami pergantian personel, Gigi kini digawangi oleh Armand (vokal), Thomas (bas), Budjana (gitar), dan Gusti Hendy (drum). Sepanjang kariernya, grup musik ini telah menelurkan puluhan album termasuk lagu-lagu religi yang masih diingat hingga hari ini. 

8. La Luna

https://www.youtube.com/embed/LEOzxFqTy9M

Lagu "Selepas Kau Pergi" milik La Luna hampir tidak pernah absen menghiasi playlist anak muda era 2000-an. Grup musik asal Bandung ini awalnya didirikan oleh Manik (vokal), Uti (Gitar), Boyan (drum), dan Erwin (bas).

9. Utopia

https://www.youtube.com/embed/xXbGYCi5XHI

Satu lagi grup musik dengan vokalis perempuan yang populer era 2000-an: Utopia. Sebelum mengalami pergantian pemain, grup musik ini awalnya digawangi oleh Pia (vokal), Tommy (drum), Dodo (gitaris) dan Buche (bas). Beberapa lagu andalan mereka seperti "Antara Ada dan Tiada" dan "Hujan" pernah menjadi soundtrack sinetron remaja.

10. Rocket Rockers

https://www.youtube.com/embed/sSInpse53Tk

Rocket Rockers merupakan grup musik pop punk asal Bandung yang awalnya digawangi oleh Ucay (vokal), Aska (gitar), Bisma (bas), dan Ozom (drum). Meskipun judulnya "Hilang Ingatan", nyatanya lagu ini masih selalu diingat oleh para penggemar setia mereka.

Itulah sepuluh grup band asal Bandung yang populer pada era 2000-an. Untuk urusan kreativitas, orang Bandung memang jagonya. Setuju, gak?

Dari daftar di atas, mana yang meninggalkan kenangan paling mendalam di hati kamu? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Putuskan Hengkang dari LYLA Band, 10 Momen Naga Jadi Vokalis ADA Band

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya