Comscore Tracker

5 Film yang Wajib Ditonton Oleh Mahasiswa Hubungan Internasional

Karena belajar itu tidak hanya lewat buku

Ilmu Hubungan Internasional merupakan salah satu jurusan yang sifatnya interdisipliner. Artinya, studi ini terdiri dari berbagai disiplin ilmu lainnya, mulai dari politik, ekonomi, sosial, hukum, bahkan hingga budaya. Oleh karena itu, ada banyak hal yang harus dipelajari sebagai mahasiswa HI.

Untuk mengakali cakupan studi yang luas, mahasiswa HI harus pintar-pintar dalam belajar. Untungnya, belajar hubungan internasional bisa lewat banyak cara, salah satunya lewat film. Berikut ini film-film yang sangat recommended buat kamu mahasiswa HI.

1. No Escape (2015)

5 Film yang Wajib Ditonton Oleh Mahasiswa Hubungan Internasionalhoustonpress.com

Latar belakang film ini adalah pemberontakan berdarah dari sekelompok masyarakat Thailand yang ingin membunuh semua orang Amerika Serikat yang mereka lihat. Cerita berfokus pada sebuah keluarga dari Amerika Serikat yang berusaha susah paya untuk keluar dari Thailand.

Film ini banyak mengangkat masalah internasional. Alasan di balik pemberontakan tersebut adalah masalah yang juga dipelajari dalam hubungan internasional. Selain itu, ada pula sedikit masalah perbatasan negara yang diperlihatkan mendekati akhir film.

2. The Argo (2012)

5 Film yang Wajib Ditonton Oleh Mahasiswa Hubungan Internasionalhotstar.com

Film ini mengangkat salah satu kisah yang terjadi dalam sejarah panjang revolusi Iran. Diawali dengan penyanderaan para staf Kedutaan AS oleh para aktivis yang menyerbu marah karena Presiden Jimmy Carter memberikan dukungan pada Mohammad Reza Pahlavi, Shah Iran. Alur cerita kemudian berfokus pada upaya untuk mengeluarkan enam diplomat yang berhasil lolos dari penyenderaan itu.

Film ini menyajikan gambaran dinamika hubungan antara aktor politik internasional dengan sangat epic. Oleh karena itu, film ini bisa banget dijadikan bahan belajar untuk mempertajam analisis kita sebagai mahasiswa HI. Apalagi, film ini diangkat dari kisah nyata.

Baca Juga: 5 Film Komedi Rowan Atkinson yang Wajib Ditonton Saat Suntuk

3. Bridge of Spies (2015)

5 Film yang Wajib Ditonton Oleh Mahasiswa Hubungan Internasionalsaminaik.com

Film ini berlatar belakang Perang Dingin. Seperti sejarahnya, dua negara pemimpin yaitu AS dan Rusia tidak saling menyerang namun saling memata-matai. Film ini menceritakan bagaimana mata-mata kedua negara saling tertangkap dan akhirnya menjadi objek negosiasi.

Negosiasi antar-negara adalah subjek utama dalam Hubungan Internasional. Melalui film ini, gambaran mengenai kompleknya proses negosiasi bisa dipelajari. Selain itu, film ini juga bisa memberikan gambaran epic tentang situasi Perang Dingin saat itu.

4. Woman in Gold (2015)

5 Film yang Wajib Ditonton Oleh Mahasiswa Hubungan Internasionaldenisemira.com

Film ini didasarkan pada kehidupan nyata seorang wanita Yahudi bernama Maria Altman yang mengungsi di Los Angeles. Ia bersama seorang pengacara bernama Randy Choenberg berjuang melawan pemerintah Austria di Pengadilan Tinggi Amerika Serikat untuk mengambil kembali kepemilikan lukisan berjudul Potrait of Adele Blotch-Bauer I, yang dirampas oleh Nazi di Vienna pada Perang Dunia II.

Film ini memberikan gambaran terkait salah satu subjek yang jarang dibahas dalam HI, yaitu individu melawan negara. Keterkaitan kompleks antara individu dan dua negera diceritakan dengan sangat menarik oleh sutradaranya.

5. Northern Limit Line (2015)

5 Film yang Wajib Ditonton Oleh Mahasiswa Hubungan Internasionalcinemaescapist.com

Film ini adalah salah satu gambaran hubungan Korea Utara dan Korea Selatan yang selalu berada dalam ketegangan. Film ini berfokus pada hubungan kedua negara dalam bidang militer. Secara dramatis, film ini berhasil menyampaikan ide cerita dengan alur yang menarik.

Salah satu bahasan dalam Hubungan Internasional adalah keamanan, terutama di perbatasan. Meskipun, dalam beberapa waktu terakhir sudah ada wacana damai, namun film ini masih relevan untuk melihat bagaimana sejarah hubungan kedua negara.

Itulah beberapa film yang tidak hanya sekadar menjadi hiburan, namun juga bisa jadi bahan belajar untuk Mahasiswa HI. Karena belajar bisa dari banyak hal. Maka sesekali gunakanlah cara belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Baca Juga: 5 Film dan Serial TV Ini Memiliki Soundtrack yang Keren Abis! 

Resty Photo Verified Writer Resty

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya