Comscore Tracker

Selain Jadi Leader, 8 Idol KPop Ini Menulis Banyak Lagu Bagi Grupnya

Ada leader NCT 127 hingga Stray Kids

Seorang leader memiliki peran penting dalam sebuah grup. Gak hanya memimpin proses latihan, sosok leader juga menjadi pilar yang kuat bagi personel lain. Selain memimpin grupnya, tak jarang mereka ikut menuangkan ide dalam penulisan lagu untuk albumnya. Dari banyaknya idol KPop, berikut deretan leader yang menulis banyak lagu bagi grupnya.

1. G-Dragon

Selain Jadi Leader, 8 Idol KPop Ini Menulis Banyak Lagu Bagi Grupnyahttps://www.instagram.com/xxxibgdrgn

Bagi KPopers yang telah mengikuti KPop sejak generasi kedua tentu gak asing lagi dengan G-Dragon. Terlahir dengan nama Kwon Ji Yong, artis kelahiran 18 Agustus 1988 ini memulai debutnya bersama grup Big Bang dan mengisi posisi leader.

Selain sering menciptakan trend setter di Korea karena gaya fashion yang unik, GD juga dikenal sebagai musisi yang jenius. Sejak album pertama Big Bang, ia telah ikut menulis lirik dan membuat musiknya. Bahkan dalam album Made yang memuat lagu Bang Bang Bang, ia berpartisipasi dalam pembuatan lirik semua lagu pada album ini.

2. RM

Selain Jadi Leader, 8 Idol KPop Ini Menulis Banyak Lagu Bagi Grupnyainstagram.com/bts.bighitofficial

Memulai debutnya sejak tahun 2013, RM merupakan leader dari grup besutan Bighit Entertainment, BTS. Selain menjalani perannya sebagai seorang leader, RM juga ikut berpartisipasi dalam penulisan lirik banyak lagu BTS.

Sejak album debut 2 Cool 4 Skool, nama RM telah muncul dalam deretan penulis lirik dari beberapa lagu pada album tersebut. Bahkan dalam album Map of the Soul: 7 yang rilis Februari lalu, namanya tercantum sebagai penulis lirik pada 17 lagu dari total keseluruhan 20 lagu.

3. JB

Selain Jadi Leader, 8 Idol KPop Ini Menulis Banyak Lagu Bagi Grupnyainstagram.com/jaybnow.hr

JB mulai dikenal luas sejak bermain dalam drama Dream High 2 pada tahun 2012. Dua tahun kemudian, ia debut sebagai idol dalam grup Got7 dan terpilih menjadi leader. JB menjadi personel Got7 pertama yang berpartisipasi dalam penulisan lirik.

Dia pun mulai terlibat sejak album mini kedua yang bertajuk Got Love dengan lagu Bad Behaviour. Ia menjadi penulis tunggal untuk lagu ini. Dalam album terbaru Got7 yang dirilis April lalu, JB terlibat dalam pembuatan lirik dan musik dari beberapa lagu, salah satunya adalah lagu berjudul Crazy.

4. S.Coups

Selain Jadi Leader, 8 Idol KPop Ini Menulis Banyak Lagu Bagi Grupnyahttps://www.instagram.com/saythename_17

Debut bersama SEVENTEEN sejak 2015, S.Coups telah terlibat dalam penulisan lirik lagu-lagu SEVENTEEN sejak album debut mereka yang bertajuk 17 Carat. Ia selalu masuk dalam deretan nama penulis lirik dari tiap album SEVENTEEN sejak debut hingga yang terbaru, Heng:garæ yang rilis Juni lalu.

Baca Juga: 6 Grup KPop yang Sering Merilis Musik Video ala Drama, Bikin Kagum! 

5. Exy

Selain Jadi Leader, 8 Idol KPop Ini Menulis Banyak Lagu Bagi Grupnyainstagram.com/exy_s2

Chu So Jung atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Exy adalah leader dari grup WJSN. Sebelum debut, ia menjalani masa pelatihan hingga lima tahun dan pernah mengikuti Unpretty Rapstar 2, sebuah ajang pencarian bakat bagi para rapper pada tahun 2015.

Debut bersama WJSN sejak Februari 2016, Exy selalu terlibat dalam penulisan lirik lagu WJSN dari album pertama hingga terbaru. Tak hanya menulis lirik untuk b-side track, namanya juga tertulis sebagai salah satu penulis lirik dari title track semua album WJSN. Bahkan dalam album terbaru grupnya yang bertajuk Neverland, Exy terlibat dalam penulisan lirik semua lagunya.

6. Taeyong

Selain Jadi Leader, 8 Idol KPop Ini Menulis Banyak Lagu Bagi Grupnyainstagram.com/nct

Tergabung dalam beberapa sub-unit NCT, Taeyong memulai debutnya bersama NCT 127 pada bulan Juli 2016. Ia juga ikut menulis lagu sejak album debut NCT 127 hingga yang terbaru.

Dalam album debutnya, Taeyong ikut menulis lima lagu termasuk lagu utamanya yang berjudul Fire Truck. Tak hanya Fire Truck, Taeyong juga terlibat dalam penulisan lirik lagu utama NCT 127 lainnya, seperti Cherry Bomb dan Regular.

Selain itu, ia juga menulis lirik deretan b-side tracks tiap album NCT 127. Dalam album Neo Zone yang dirilis Maret lalu, nama Taeyong tertulis pada tiga lagu, yaitu Pandora's Box, Mad Dog, dan Love Song.

7. Bang Chan

Selain Jadi Leader, 8 Idol KPop Ini Menulis Banyak Lagu Bagi Grupnyatwitter.com/Stray_Kids

Lolos audisi di Australia kemudian menjalani masa pelatihan selama tujuh tahun, Chan memulai debutnya bersama Stray Kids sejak 2018 dengan album mini bertajuk I Am Not. Sebelum memulai debut resminya, Chan telah dikenal luas lewat reality show yang diadakan JYP Entertainment.

Ia bersama dua personel Stray Kids lainnya juga tergabung dalam sub-unit yang diberi nama 3Racha. Bersama 3Racha, Chan menulis banyak lagu yang kemudian dirilis menjadi deretan lagu Stray Kids.

8. Soyeon

Selain Jadi Leader, 8 Idol KPop Ini Menulis Banyak Lagu Bagi Grupnyainstagram.com/amazingsat_official

Sama seperti Bang Chan, Soyeon telah dikenal publik sebelum memulai debut resminya. Ia pernah mengikuti ajang Produce 101 Season 1 dan Unpretty Rapstar 3 pada tahun 2016. Dua tahun kemudian, Soyeon baru memulai debutnya bersama G(I)-dle dengan album bertajuk I Am. Ia terlibat dalam penulisan lima dari enam lagu dalam album ini.

Dari lima album yang telah dirilis G(I)-dle hingga kini, nama Soyeon tercantum hampir pada semua lagu dari deretan album tersebut. Terbaru, comeback G(I)-dle dengan lagu Dumdi Dumdi pada awal Agustus ini juga ditulis oleh Soyeon.

Itulah delapan leader grup K-Pop yang juga aktif terlibat dalam penulisan banyak lagu untuk grupnya. Ada idolamu gak nih ?

Baca Juga: BTS hingga BLACKPINK, 7 Idol KPop Ini Punya Lagu Berjudul 'Fire'

Ria Agustiana P Photo Verified Writer Ria Agustiana P

This too, shall pass.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya