Comscore Tracker

6 Kompetisi Masak yang Tayang di TV Indonesia, Pernah Lihat?

Masih ingat Allez Cuisine di Indosiar gak, nih?

Tidak kalah dengan program televisi lainnya, acara kuliner juga banyak digemari para penonton. Salah satu program kuliner yang banyak diminati yaitu kompetisi memasak.

Para peserta akan bersaing untuk menyelesaikan tantangan memasak berbagai hidangan. Ditambah lagi dengan kehadiran para juri yang merupakan chef profesional untuk menilai, pasti tambah bikin tegang.

Jika kamu salah satu pencinta program tayangan kompetisi masak, ada sejumlah judul acara yang sempat tayang di televisi Indonesia, nih. Masih ingat ada apa saja? Yuk, lihat di sini ya!

1. MasterChef Indonesia

https://www.youtube.com/embed/PnbDPefYMdw

MasterChef Indonesia adalah salah satu kompetisi memasak yang sangat populer. Pertama kali tayang tahun 2011, acara ini sudah memasuki musim sembilan di awal tahun 2022. MasterChef Indonesia diikuti oleh sejumlah peserta yang berasal dari beragam kalangan, mulai dari ibu rumah tangga, wiraswasta, pelajar dan lainnya.

Para peserta ditantang untuk mengembangkan kemampuannya dalam membuat berbagai hidangan pada setiap challenge yang diberikan. Nantinya, masakan mereka akan dinilai oleh para juri yang kompeten di bidang kuliner. Selain itu, kompetisi memasak ini juga ada dalam versi Junior MasterChef Indonesia yang diikuti oleh anak-anak.

2. Allez Cuisine

https://www.youtube.com/embed/QJR9e2Z94H8

Sebelum acara MasterChef tayang di Indonesia, kalian masih ingat dengan kompetisi memasak yang dulu tayang di Indosiar? Ya, Allez Cuisine. Kompetisi memasak ini diikuti oleh para koki yang sudah berpengalaman bekerja di restoran atau hotel ternama.

Para penantang akan melawan salah satu dari ketiga juara bertahan yang mendapat gelar Super Chef. Mereka akan bertarung dan beradu kemampuan untuk membuat hidangan dari bahan makanan yang telah ditentukan.

3. Hell's Kitchen Indonesia

https://www.youtube.com/embed/y8gfpGW6bMc

Dikenal sebagai salah satu juri MasterChef Indonesia, chef Juna juga pernah tampil dalam acara Hell's Kitchen Indonesia sebagai head chef. Di sini, para kontestan akan berkompetisi dengan kondisi layaknya professional kitchen di restoran.

Para kontestan dibagi menjadi dua tim dan harus menyiapkan hidangan untuk para tamu dalam layanan dinner service. Saat pesanan mulai berdatangan, kedua tim dituntut untuk bekerja keras dan fokus agar berhasil menghidangkan makanan untuk para tamu.

Terbayang gimana sibuknya mereka! Chef Juna pun akan bertindak tegas dan tidak segan memarahi kontestan jika berbuat kesalahan.

Baca Juga: 10 Acara TV Pagi yang Dulu Temani Kamu Siap-siap ke Sekolah

4. Iron Chef Indonesia

https://www.youtube.com/embed/FxQbjY8gD_k

Iron Chef Indonesia  adalah kompetisi memasak yang mempertemukan para koki profesional. Chef penantang akan memilih salah satu dari ketiga Iron Chef yaitu Chris Salans, Adhika Maxi, dan Sezai Zorlu.

Mereka akan ditantang untuk membuat tiga jenis hidangan menggunakan bahan rahasia. Waktu yang diberikan untuk membuat semua hidangan yaitu 60 menit. Saat memasak, masing-masing koki dibantu oleh dua asisten.

Tentunya, pertarungan akan berjalan sengit mengingat para koki sama-sama sudah memiliki banyak pengalaman dan kemampuan yang handal.

5. Top Chef Indonesia

https://www.youtube.com/embed/t5uaGSUhgSI

Top Chef Indonesia juga diikuti oleh sejumlah koki yang sudah berpengalaman di dunia masak-memasak. Para peserta akan berkompetisi dengan menunjukkan skill mereka dalam mengolah berbagai bahan menjadi hidangan yang lezat di tiap tantangannya.

Masakan para peserta akan dinilai oleh empat orang juri yang sudah terkenal di bidang kuliner yaitu Vindex Tengker, Will Meyrick, Chris Salans, dan Henry Alexie Bloem. Sementara itu, chef Farah Quinn menjadi host dalam kompetisi memasak ini.

6. Cooking Master

https://www.youtube.com/embed/YQPMuIfCSS0

Cooking Master merupakan acara perlombaan memasak yang pernah ditayangkan di Indosiar. Chef  Vindex Tengker juga menjadi juri dalam acara ini dengan ditemani juri lainnya.

Di setiap episodenya, dua peserta atau cooking fighter akan beradu kemampuan dalam mengolah bahan makanan menjadi hidangan yang lezat dan menarik perhatian juri. Peserta yang ikut berasal dari berbagai kalangan, seperti ibu rumah tangga, pemilik kedai, selebriti, dan lainnya.

Kompetisi masak ini gak kalah seru dan menegangkan, lho! Mereka juga harus berpacu dengan waktu yang diberikan untuk menyelesaikan hidangan.

Acara kompetisi memasak memang menarik untuk ditonton. Para peserta harus membuktikan kepiawaiannya dalam mengolah berbagai bahan makanan untuk dijadikan hidangan lezat dan menarik agar bisa menjadi juara. Nah, dari yang telah disebutkan, kompetisi masak apa yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 9 Acara TV Indonesia tentang Petualangan, Nostalgia, yuk!

Rifa Photo Verified Writer Rifa

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya