Comscore Tracker

5 Film dan Series Dibintangi Matt Smith, Ada House of The Dragon!

Mulai dari Doctor Who hingga prekuel Game of Thrones

Matt Smith kembali menjadi pembicaraan berkat penampilannya dalam series House of The Dragon. Sebelum membintangi series prekuel Game of Thrones, aktor berkebangsaan Inggris ini sudah banyak bermain dalam film dan series terkenal, lho. Setelah memulai karir beraktingnya dalam dunia teater, Matt Smith berhasil debut di layar kaca sebagai Jim Taylor dalam serial televisi BBC The Ruby in the Smoke (2006).

Hingga saat ini, Matt Smith telah berhasil masuk nominasi ajang penghargaan televisi bergengsi BAFTA Awards di tahun 2011 dan Emmy Award di tahun 2018. Berikut deretan film dan series dibintangi Matt Smith yang wajib kamu tonton!

1. Doctor Who (2010-2013)

5 Film dan Series Dibintangi Matt Smith, Ada House of The Dragon!Matt Smith sebagai Eleventh Doctor dalam series Doctor Who. (dok. BBC/Doctor Who)

Matt Smith berhasil melambungkan namanya berkat peran ikoniknya sebagai Eleventh Doctor dalam series science-fiction keluaran BBC, Doctor Who. Ia pertama kali muncul dalam series ini sebagai 'The Doctor' pada episode "The Eleventh Hour" di tahun 2010 hingga 2013.

Sempat diragukan karena dianggap kurang berpengalaman dan terlalu muda untuk perannya, Matt Smith berhasil membuktikan kemampuan aktingnya yang membuat dirinya masuk nominasi Outstanding Drama Performance Category dalam National Television Awards. Ia juga merupakan aktor pemeran 'the Doctor' pertama yang dinominasikan dalam British Academy Television Award sebagai Best Actor.

2. The Crown (2016-2017)

5 Film dan Series Dibintangi Matt Smith, Ada House of The Dragon!Matt Smith sebagai Prince Philip dalam series The Crown. (dok. Netflix/The Crown)

Matt Smith juga pernah bermain dalam series historical drama produksi Netflix, The Crown. Ia berperan sebagai Young Prince Philip selama dua season pertama di tahun 2016 hingga 2017.

Kepiawaian aktingnya dalam series tentang kerajaan Inggris ini berhasil mendapat pujian dari para kritikus dan membuahkan nominasi Primetime Emmy Award dalam kategori Outstanding Supporting Actor in a Drama Series di tahun 2018. Bahkan, Matt Smith juga mendapat tanggapan tak terduga dari anggota kerajaan asli, lho! Prince Harry pernah memanggilnya sebagai “kakek” ketika mereka bertemu.

3. Official Secrets (2019)

5 Film dan Series Dibintangi Matt Smith, Ada House of The Dragon!Matt Smith dalam film Official Secrets. (dok. IFC Films/Official Secrets)

Beralih ke film, Matt Smith memerankan seorang jurnalis bernama Martin Bright dalam Official Secrets. Karakternya menyelidiki sebuah memo tentang operasi antara pemerintah Amerika dan Inggris untuk memata-matai diplomat PBB. Film ini juga dibintangi oleh aktor terkenal lainnya seperti Keira Knightley dan Ralph Fiennes.

Disutradari oleh Gavin Hood, film ini ditayangkan perdana di Sundance Film Festival pada tahun 2019 dan mendapat pujian berkat penggambaran film yang akurat berdasarkan kisah nyata.

Baca Juga: 10 Potret Fabien Frankel, Curi Atensi Penonton di House of The Dragon

4. Last Night in Soho (2021)

5 Film dan Series Dibintangi Matt Smith, Ada House of The Dragon!Matt Smith dalam film Last Night in Soho. (dok. Focus Features/Last Night in Soho)

Film selanjutnya yang dibintangi Matt Smith adalah Last Night in Soho, film psychological horror yang disutradarai oleh Edgar Wright. Last Night in Soho menceritakan kisah seorang wanita bernama Ellie yang kembali ke Soho tahun 1960-an dalam mimpinya dan bertemu seorang penyanyi klub bernama Sandie.

Jarang mendapatkan peran sebagai penjahat sebelumnya, Matt Smith bermain piawai sebagai Jack, manajer Sandie sekaligus villain dalam film ini. Sang sutradara Edgar Wright mengatakan kalau Matt Smith bermain sangat baik dan natural sebagai predator jahat dalam Last Night in Soho berkat pesona dan akting karismatiknya.

5. House of The Dragon (2022)

5 Film dan Series Dibintangi Matt Smith, Ada House of The Dragon!King Viserys dan Daemon Targaryen dalam series House of The Dragon. (dok. HBO/House of The Dragon)

House of The Dragon sudah berjalan sejauh 5 episode sejak awal penayangannya pada Agustus 2022 di HBO. Sebagai prekuel Game of Thrones, series ini melahirkan banyak karakter baru dalam dunia Westeros, khususnya keluarga Targaryen. Salah satu karakter utama dalam House of The Dragon adalah Prince Daemon Targaryen yang diperankan oleh Matt Smith.

Daemon adalah cucu dari Jaehaerys I Targaryen, adik dari King Viserys Targaryen, dan paman dari Princess Rhaenyra Targaryen. Daemon adalah pewaris tahta Iron Throne yang dianggap sebagai ancaman terbesar bagi kerajaan karena karakternya yang kompleks, licik, dan sulit ditebak. Karakter Daemon yang penuh elemen dan menarik membuat Matt Smith memutuskan untuk bergabung dalam series ini, meski ia pernah menolak tawaran saat pertama kali di-casting.

Matt Smith dikenal sebagai aktor yang punya cakupan akting beragam. Mulai dari Time Lord eksentrik sang penjelajah waktu, villain predator, hingga prajurit pewaris tahta, mana peran Matt Smith yang jadi favoritmu?

Baca Juga: Review House of Dragon, Prekuel Game of Thrones Masih Rebutan Takhta

Rismawardani Nooriza Photo Writer Rismawardani Nooriza

Just a total geek who loves to write.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya