Comscore Tracker

Sebelum Bumi Manusia, Ini 6 Film yang Juga Diperankan Iqbaal Ramadhan

Mana nih fansnya Iqbaal?

Setelah sukses memerankan tokoh Dilan yang diadaptasi dari novel best seller dengan judul Dilan 1990 dan Dilan 1991 karya Pidi Baiq, kini Iqbaal Ramadhan kembali dipercaya untuk berperan sebagai Minke dalam film Bumi Manusia yang juga diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Pramoedya Ananta Toer.

Dikenal sebagai mantan boyband cilik yang diberi nama CJR, kini Iqbaal juga merambah ke dunia akting melalui beberapa film layar lebar yang dibintanginya. Sebelum berperan sebagai Minke, Iqbaal telah bermain di 6 film Indonesia. Berikut 6 film yang dibintangi Iqbaal Ramadhan sebelum Bumi Manusia.

1. 5 Elang

https://www.youtube.com/embed/vVQ3633QMzI

Film 5 Elang merupakan film pertama yang dibintangi Iqbaal Ramadhan. Film ini salah satu film drama anak-anak Indonesia yang disutradarai oleh Rudi Soedjarwo pada tahun 2011. Iqbaal berperan sebagai Rusdi, seorang anak yang aktif sekali dalam kegiatan pramuka di sekolahnya. Film ini juga dibintangi oleh Christoffer Nelwan, Teuku Rizky Muhammad, Bastian Bintang Simbolon, Monica Sayangbati.

2. Coboy Junior The Movie

https://www.youtube.com/embed/e8vWZI-iyPE

Coboy Junior merupakan salah satu nama grup boyband cilik yang beranggotakan Iqbaal Ramadhan, Teuku Rizki, Alvaro Maldini dan Bastian Simbolon. Pada tahun 2013, Coboy Junior merilis film yang mengisahkan perjuangan grup nyanyi remaja yang mengikuti kompetisi bernyanyi di Indonesia.

Dalam film ini, keempat personel Coboy Junior tersebut yang menjadi pemeran utamanya. Film ini juga dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris senior lainnya seperti, Abimana Aryasatya, Nirina Zubir dan Dewi Sandra serta beberapa pemain lainnya.

3. CJR The Movie: Lawan Rasa Takutmu

https://www.youtube.com/embed/ItXZ8BNhP_Y

Pada tahun 2015, Bastian keluar dari Coboy Junior dan namanya berubah menjadi CJR. Film CJR The Movie: Lawan Rasa Takutmu ini menceritakan perjuangan CJR setelah ditinggalkan oleh Bastian dengan melakukan perjalanan keliling Australia.

Selain Iqbaal, Kiki dan Aldi, film ini juga dibintangi oleh Abimana Aryasatya, Arie Kriting, Rio Dewanto dan masih banyak lagi beberapa aktor dan aktris senior lainnya.

Baca Juga: 5 Film Indonesia Ini Mengisahkan Cinta Segitiga, Bikin Baper Abis

4. Ada Cinta di SMA

https://www.youtube.com/embed/jtRU5kVt2Gk

Tahun berikutnya, Iqbaal bersama CJR kembali bermain film dengan judul Ada Cinta di SMA karya manager mereka yaitu Pattrick Effendy. Film ini bercerita tentang kisah kasih remaja di masa putih abu-abu. Konflik dari benci jadi cinta juga dimainkan oleh Iqbaal dan Caitlin Halderman sebagai lawan mainnya.

Layaknya seperti drama musikal, film ini tidak lepas dari musik-musik CJR yang ikut bermain didalamnya. Bahkan Iqbaal dan Caitlin juga bernyanyi bersama untuk menjadi salah satu soundtrack film Ada Cinta di SMA ini.

5. Dilan 1990

https://www.youtube.com/embed/X_b-wNkz4DU

Awal tahun 2018, Iqbaal kembali membintangi film layar lebar yang diadaptasi dari novel best seller dengan judul yang sama, Dilan 1990 karya Pidi Baiq. Berbeda dari film-film sebelumnya, untuk film Dilan ini, Iqbaal tidak bermain bersama boybandnya. Berperan sebagai Dilan sang tokoh utama, Iqbaal sukses membawa film ini menjadi salah satu film terlaris sepanjang masa dengan meraih 6 juta lebih penonton.

Film ini menceritakan kisah remaja SMA dan Dilan yang seorang panglima tempur dalam geng motornya. Dalam film Dilan 1990 ini, Iqbaal beradu akting dengan Vanesha Prescilla yang berperan sebagai Milea.

6. Dilan 1991

https://www.youtube.com/embed/nwhB2Hb7g5c

Sukses dengan Dilan 1990, Iqbaal kembali menjadi Dilan dalam film Dilan 1991. Film layar lebar ini juga masih diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Pidi Baiq. Jika di dalam film Dilan 1990 masih tentang awal berpacaran antara Dilan dan Milea, di film Dilan 1991 inilah terjadi banyak konflik hingga menyebabkan putusnya jalinan cinta Dilan dan Milea. Beberapa pemeran di film ini juga masih sama dengan film Dilan 1990.

Nah, itulah 6 film yang juga pernah dimainkan Iqbaal Ramadhan sebelum Bumi Manusia. Kamu sudah pernah nonton semua belum nih?

Baca Juga: [INFOGRAFIS] Minat Penonton Terhadap Film Indonesia, Banyak Gak Sih?

Rizna M. Hidayah Photo Community Writer Rizna M. Hidayah

Sharing | Travelling | Writing Antara menulis dan bulutangkis, namun bukan seorang jurnalis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You