Comscore Tracker

Sebelum Fachri Albar, 10 Artis Ini Lebih Dulu Terjerat Kasus Narkoba

Fachri Albar ditangkap dengan dua jenis narkoba

Jakarta, IDN Times - Penangkapan aktor Fachri Albar hari ini menambah deretan artis yang terjerat kasus narkoba. Setidaknya selama 2017 hingga kini ada 10 artis yang terlibat kasus barang haram itu.

Deretan artis tersebut di antaranya Andika 'The Titans', Ello, Ridho Rhoma, Iwa K, Tora Sudiro, hingga Jennifer Dunn. Berikut ulasan singkat nama-nama artis yang terlibat narkoba sebelum Fachri Albar. 

1. Jennifer Dunn

Sebelum Fachri Albar, 10 Artis Ini Lebih Dulu Terjerat Kasus NarkobaIDN Times/Vanny El Rahman

Polda Metro Jaya mengamankan Jennifer Dunn atau lebih dikenal Jedun di kediamannya kawasan Jalan Ampera, Jakarta Selatan, pada 31 Desember 2017. Jedun ditangkap lantaran kepemilikan sabu 0,5 gram. Ia mengaku narkoba itu diperolehnya dari tersangka FS.

Selain barang bukti sabu, polisi juga memiliki barang bukti berupa percakapan Jedun dengan FS. Berdasarkan pengakuan FS, Jedun telah memesan sabu 10 kali sepanjang 2017. Pernyataan itu dibantahnya, Jedun mengatakan pernah memesan sabu ke FS hanya tiga kali.

Kini, Jedun masih menjalani penahanan di kepolisian. Berkas perkara kasus dugaan penyalahgunaan narkotika kini telah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

2. Tio Pakusadewo

Sebelum Fachri Albar, 10 Artis Ini Lebih Dulu Terjerat Kasus NarkobaInstagram/@pksdw

Aktor senior Tio Pakusadewo menjadi sorotan di penghujung tahun 2017 karena menambah deretan nama artis yang terseret kasus narkoba. Tio memang memiliki sejarah kelam dengan obat-obatan terlarang. Tio yang sempat beberapa bulan lepas dari bayang-bayang narkotika justru kembali berkasus dengan narkotika.

Saat disambangi di kediamannya, Tio tertangkap sedang menggunakan sabu. Barang bukti yang diamankan polisi beratnya kurang di bawah satu gram yang memperkuat Tio hanyalah pemakai.

Atas perbuatannya tersebut, aktor berusia 54 tahun itu harus menjalani rehabilitasi di RS Bhayangkara Sespimma Polri, Ciputat Raya, Pondok Pinang, Jakarta Selatan, terhitung sejak 29 Desember lalu.

3. Axel Matthew

Sebelum Fachri Albar, 10 Artis Ini Lebih Dulu Terjerat Kasus NarkobaReno Esnir/ANTARA FOTO

Pada September 2017, putra sulung artis Jeremy Thomas ini didakwa ikut serta dalam pemufakatan untuk menerima narkotika jenis Happy Five di sebuah hotel kawasan Jakarta Barat. Axel mengakui kesalahannya kepada pihak yang berwajib bahwa ia memesan barang haram tersebut, serta mentransfer pembayaran Rp 1,5 juta. 

Ibu Axel, Ina Thomas dalam akun instagram pribadinya mengaku bangga karena puteranya berani bertanggung jawab atas kekeliruan yang dibuatnya, dan meminta maaf karena merasa telah lalai dalam mendidik putra sulungnya. Axel kini sudah bebas dari tahanan di Lapas Pemuda Tangerang, Banten.

4. Tora Sudiro

Sebelum Fachri Albar, 10 Artis Ini Lebih Dulu Terjerat Kasus Narkobaantaranews.com

Tora Sudiro ditangkap oleh pihak kepolisian di rumahnya kawasan Tangerang Selatan, Banten, pada 3 Agustus 2017. Dari kediaman Tora polisi menyita 30 butir obat penenang Dumolid. Suami Mieke Amalia ini mengaku mengonsumsi obat tersebut untuk membantunya beristirahat. Sayangnya Tora mengonsumsi obat tersebut tanpa resep dokter terlebih dahulu.

Dumolid yang dikonsumsi Tora sendiri sebenarnya bukan narkoba. Dumolid adalah varian obat terlarang yang dijual secara bebas di pasaran. Namun obat ini seharusnya diresepkan dokter pada pasien yang mengalami gangguan tidur.

Pada akhirnya Tora menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat, Cibubur, Jakarta Timur. Tora mengaku sudah mengonsumsi obat-obatan itu sejak setahun belakangan.

Baca juga: Tangkap Aktor Fachri Albar, Polisi Temukan 2 Jenis Narkoba

5. Pretty Asmara

Sebelum Fachri Albar, 10 Artis Ini Lebih Dulu Terjerat Kasus NarkobaANTARAFOTO/Muhammad Adimaja

Pesinetron sekaligus komedian ternama ini diciduk polisi ketika sedang menggelar pesta narkoba bersama rekan-rekannya di hotel berbintang. Pretty ditangkap bersama tujuh rekan artis lainnya pada 16 Juli 2017 di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. 

Saat ditangkap, Pretty dinyatakan polisi sebagai pengedar yang sudah beroperasi kurang lebih dua tahun belakangan ini dan hasil tes urine positif menggunakan narkoba. Barang bukti yang ikut ditahan polisi bersama dengan penangkapan Pretty adalah alat hisap, sabu, pil happy five, pil ekstasi serta uang tunai sebesar Rp25 juta. 

Tertangkapnya Pretty membuat kaget banyak orang saat itu mengingat Pretty sendiri merupakan Ketua Selebriti Anti Narkoba Indonesia. Pretty bahkan sempat menghadiri beberapa acara Anti Narkoba bersama dengan pihak BNN. Kini, Pretty masih menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

6. Ammar Zoni

Sebelum Fachri Albar, 10 Artis Ini Lebih Dulu Terjerat Kasus NarkobaInstagram/@ammarzoni

Ammar Zoni merupakan aktor Indonesia yang ditangkap bersama dua orang temannya oleh tim Reserse Narkoba Unit I Subnit 2 Satnarkoba Polres Metro Jakarta Pusat di kediamannya kawasan Perumahan Pesona Khayangan, Depok, Jawa Barat, pada Juli 2017.

Aktor yang sempat mendapatkan medali emas dan perunggu di ajang Festival Silat Internasional pada 2016 ini, terbukti memiliki ganja seberat 39,1 gram, beberapa linting rokok, dan plastik yang diduga bekas tempat sabu dan korek api. Dalam pemeriksaan diketahui Ammar merupakan pengguna sabu dan ganja. Kini, Ammar sudah terbebas dari rehabilitasi narkoba.

7. Iwa K

Sebelum Fachri Albar, 10 Artis Ini Lebih Dulu Terjerat Kasus Narkobaantaranews.com

Rapper ternama Indonesia ini menggegerkan masyarakat karena ditangkap terkait kasus penyalahgunaan narkotika. Iwa K ditangkap di Bandar Udara Soekarno Hatta pada bulan April lalu. Barang bukti yang diamankan dari pelantun ‘bebas’ itu berupa tiga linting ganja. 

Setelah melakukan tes urine, Iwa K terbukti positif menggunakan ganja. Tidak ada bantahan ataupun perlawanan dari Iwa K selama proses penangkapan sampai dengan proses peradilan. 

Iwa K kini sudah menyelesaikan masa rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantuan Obat (RSKO), Cibubur, Jakarta Timur.

8. Ello 

Sebelum Fachri Albar, 10 Artis Ini Lebih Dulu Terjerat Kasus NarkobaInstagram/@marcello_tahitoe

Penyanyi yang satu ini membuat geger karena penangkapannya terkait kasus narkotika pada 10 Agustus 2017. Marcello Tahitoe atau yang akrab dipanggil Ello ditangkap karena kedapatan memiliki satu paket ganja di kawasan Jakarta Selatan.

Penyanyi bersuara merdu ini memiliki proses penangkapan yang sedikit berbeda dengan artis lainnya. Informasi peangkapan Ello baru tersebar empat hari setelah Ello ditangkap. Banyak pihak membahas mengenai kasus yang menimpa Ello dan menyayangkannya. 

Tidak hanya itu tatto Ello pun kerap dibahas karena juga diduga telah memberikan kode sedari awal bahwa pria ini menggunakan obat-obatan terlarang. Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Selasa 16 Januari 2018 akhirnya menjatuhkan hukuman sembilan bulan rehabilitasi Ello.

9. Ridho Rhoma

Sebelum Fachri Albar, 10 Artis Ini Lebih Dulu Terjerat Kasus Narkobaantaranews.com

Maret 2017, penyanyi dangdut Ridho Rhoma jadi sorotan publik karena ditangkap polisi atas dugaan kasus narkoba. Ridho ditangkap karena kedapatan memiliki dan mengonsumsi obat-obatan terlarang jenis sabu. Polisi mengamankan sabu seberat 0,7 gram dari mobil putra Raja Dangdut Rhoma Irama.

Ridho ditangkap polisi di sebuah hotel kawasan Jakarta Barat, 25 Maret 2017 pada pukul 04.00 WIB. Diketahui tidak ada perlawanan darinya saat ditangkap polisi. Menurut pengakuan Ridho dalam persidangan, ia kembali menggunakan obat terlarang itu karena tuntutan syuting utuk membentuk badan.

Pada Kamis 25 Januari 2018, Ridho Rhoma akhirnya bebas dari Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO), Cibubur, Jakarta Timur.

10. Andika 'The Titans'

Sebelum Fachri Albar, 10 Artis Ini Lebih Dulu Terjerat Kasus Narkobapikiran-rakyat.com

Andika yang merupakan keyboardist The Titans tertangkap tangan pada Februari 2017 memiliki narkoba jenis tembakau gorila sebanyak dua paket bungkus plastik. Ia diamankan oleh Satuan Narkoba Polrestabes Bandung di kawasan Sukasari, Bandung. 

Andika sampai sekarang ini masih melewati masa tahanannya di Rutan Kebon Waru Bandung. Meskipun terlibat dalam kasus narkoba, keluarga dan sahabat selalu memberikan dukungan pada Andika, agar tetap kuat menjalani proses hukum hingga nanti Andika bebas dan kembali berkarya di blantika musik Indonesia.

Pada Kamis 27 Juli 2017, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bandung akhirnya menjatuhkan vonis delapan bulan penjara kepada Andika. Kini, Andika tengah menjalani masa-masa akhir hukumannya.

Baca juga: Tangkap Aktor Fachri Albar, Polisi Temukan 2 Jenis Narkoba

Topic:

Berita Terkini Lainnya