Comscore Tracker

5 Fakta Serial Secret Invasion, Bertema Konspirasi Alien!

Perlawanan manusia terhadap alien yang menginvasi bumi

Serial Secret Invasion pertama kali diumumkan pembuatannya oleh Marvel Studios dalam acara Disney's 2020 Investor Day pada tanggal 10 Desember 2020. Tidak tanggung-tanggung, serial ini menggandeng beberapa aktor dan aktris ternama seperti Emilia Clarke yang terkenal berkat perannya sebagai Daenerys Targaryen dalam serial Game of Thrones (2011).

Dalam acara D23 Expo tanggal 11 September 2022 kemarin, Marvel Studios akhirnya merilis trailer pertama dari serial ini. Selain memberi gambaran alur cerita secara garis besar, trailer tersebut juga menyuguhkan beberapa fakta menarik. Penasaran ada apa saja? Berikut fakta-fakta serial Secret Invasion yang wajib diketahui!

1. Adanya ancaman terhadap Bumi

5 Fakta Serial Secret Invasion, Bertema Konspirasi Alien!Nick Fury kembali ke Bumi (dok. Marvel Studios/Secret Invasion)

Adanya indikasi ancaman yang membahayakan Bumi dapat dilihat dari munculnya Nick Fury di awal cuplikan trailer. Bagi kamu penggemar film-film besutan Marvel Studios, kamu pasti sudah mengenal siapa Nick Fury. Dia adalah mata-mata sekaligus sosok penting di balik terbentuknya Avengers dalam semesta Marvel Cinematic Universe.

Dalam post-credit scene film Spiderman: Far From Home (2019) diketahui bahwa Nick Fury tengah berlibur ke luar angkasa dan sosok dirinya di Bumi digantikan oleh alien Skrull bernama Talos yang memiliki kemampuan menyamar. Kemunculan Nick Fury yang mendadak setelah bertahun-tahun menghilang tentunya memancing banyak pertanyaan, termasuk dari rekannya sendiri yaitu Maria Hill.

Dari potongan percakapan yang ditampilkan, Nick Fury menyebutkan bahwa dirinya tengah berada dalam kondisi yang cukup berbeda. Hal itu mengisyaratkan bahwa ia mengetahui ada sesuatu yang tidak beres sehingga akhirnya memutuskan untuk kembali. Sesuatu yang tidak beres tersebut berkaitan dengan adanya pihak yang mengancam Bumi dan bukan berasal dari kalangan ras manusia.

2. Hadirnya Skrull yang jahat

5 Fakta Serial Secret Invasion, Bertema Konspirasi Alien!Talos menghadapi ras Skrull jahat (dok. Marvel Studios/Secret Invasion)

Di dalam komik, peristiwa Secret Invasion bermula ketika ras alien Skrull menyusup secara diam-diam ke Bumi. Berkat kemampuan mereka sebagai perubah bentuk, para Skrull mulai menculik dan menyamar sebagai petinggi-petinggi negara dengan tujuan untuk memperluas daerah kekuasaan mereka dan menghentikan perkembangan manusia.

Alur tersebut sepertinya akan diadaptasi ke dalam serial mengingat ras Skrull telah diperkenalkan dalam film Captain Marvel (2019). Dikisahkan bahwa Carol Denvers dan Nick Fury menjalin pertemanan dengan Skrull bernama Talos setelah mereka berhasil menyelamatkan keluarganya. Talos pun dipercaya oleh Nick Fury untuk menyamar sebagai dirinya dan menyelesaikan pekerjaannya di Bumi selama ia mengambil cuti berlibur ke luar angkasa.

Di dalam trailer, Talos terlihat melanjutkan perannya membantu Nick Fury. Dalam salah satu adegan, dirinya terlibat konfrontasi dengan beberapa pria yang dapat mengubah penampilan mereka. Talos pun akhirnya menyadari bahwa mereka adalah Skrull dan hal tersebut mengindikasi bahwa bukan hanya dirinya saja Skrull yang berada di Bumi. Terdapat Skrull lain yang memiliki tujuan jahat dan mengancam kehidupan manusia.

3. Mengangkat tema konspirasi alien

5 Fakta Serial Secret Invasion, Bertema Konspirasi Alien!Rhodey tidak percaya dengan alien (dok. Marvel Studios/Secret Invasion)

Tema konspirasi alien sepertinya akan menjadi fokus utama dalam serial ini. Hal itu dapat dilihat dalam cuplikan trailer dimana Nick Fury bertemu dengan rekan dari Iron Man, yaitu Rhodey atau War Machine, yang juga bekerja sebagai perwira angkatan udara Amerika Serikat.

Nick Fury mendatanginya untuk bertanya mengenai seberapa detail pertahanan yang dimiliki oleh angkatan udara Amerika Serikat. Jika melihat dari respon Rhodey yang terkesan meremehkan, Nick Fury sepertinya juga menceritakan teorinya mengenai serangan Skrull terdahap Bumi. Namun karena tidak melihat adanya tanda-tanda kehadiran alien apapun, Rhodey memutuskan untuk tidak mempercayai teori tersebut.

Hal ini cukup masuk akal mengingat bangsa Skrull memiliki kemampuan untuk menyamar menjadi manusia dan mampu meniru semua hal yang dimilikinya. Kemampuan tersebut mempermudah mereka untuk berbaur dengan penduduk asli Bumi dan melancarkan serangan secara diam-diam. Hal itulah yang membuat banyak pihak tidak akan menyadari bahwa terdapat alien yang sedang menyamar di antara mereka, termasuk pemerintah Amerika Serikat.

Baca Juga: Terbaru Ms. Marvel, Ini 10 Superhero Perempuan di Marvel

4. Tidak berkisah tentang superhero

5 Fakta Serial Secret Invasion, Bertema Konspirasi Alien!Pemerintah Amerika menemukan kejanggalan (dok. Marvel Studios/Secret Invasion)

Serial Secret Invasion sepertinya akan menyuguhkan kisah yang berbeda dari serial Marvel Studios lainnya. Jika kebanyakan serial berfokus pada penemuan jati diri seorang superhero, serial ini justru tidak akan berkisah tentang hal tersebut.

Marvel Studios telah mengumumkan bahwa Nick Fury akan menjadi tokoh sentral dalam serial ini dimana dirinya tidak memiliki kekuatan super apa pun. Serial ini nantinya akan lebih banyak mengangkat tema politik sesuai dengan kisah Secret Invasion di dalam komik dimana para Skrull akan menyamar menjadi beberapa petinggi negara untuk menyabotase pemerintahan.

Meskipun begitu, banyak penggemar yang percaya bahwa beberapa superhero tetap akan dihadirkan dalam serial ini sebagai cameo. Rhodey atau War Machine bahkan sudah muncul di dalam trailer dan berperan sebagai perwira angkatan udara Amerika Serikat. Selain itu, superhero yang digadang-gadang akan muncul dalam serial ini adalah Capten Marvel karena kisahnya yang cukup berkaitan dengan bangsa Skrull.

5. Emilia Clarke berperan sebagai ratu Skrull

5 Fakta Serial Secret Invasion, Bertema Konspirasi Alien!Emilia Clarke dalam Secret Invasion (dok. Marvel Studios/Secret Invasion)

Bergabungnya Emilia Clarke dalam jajaran cast serial Secret Invasion  tentunya menimbulkan kehebohan. Beberapa sumber menyebutkan bahwa dirinya akan berperan sebagai ratu Skrull bernama Veranke.

Di dalam komik, Veranke juga merupakan dalang dari penyerangan ras alien tersebut terhadap Bumi. Jika hal itu benar, maka Emilia Clarke akan memegang peran besar sebagai salah satu musuh dalam dunia Marvel Cinematic Universe.

Penampilan perdana dari karakter yang diperankan oleh Emilia Clarke dapat dilihat dalam trailer yang telah dirilis. Masih belum banyak informasi yang terungkap mengenai karakter tersebut, namun jika rumor yang beredar benar dan dia adalah ratu para Skrull, maka sosok manusia yang terlihat di trailer hanya bentuk penyamarannya agar tidak menarik perhatian.

Serial Secret Invasion dipercaya menjadi pembuka dari kisah yang lebih besar dalam semesta Marvel Cinematic Universe. Serial ini sendiri dijadwalkan tayang pada tahun 2023 melalui saluran streaming Disney+. Kamu siap menantikannya?

Baca Juga: 9 Karakter Marvel yang Mirip Dengan Wolverine

Apryan Fajar Gumelar Photo Writer Apryan Fajar Gumelar

Sekarang nulis dulu di Community, ke depannya kerja langsung di IDN Media semoga jadi rejeki. Business inquiries: apryanfgumelar@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya