Comscore Tracker

5 Rekomendasi Film Korea yang Membahas Surat, Bikin Nostalgia!

Didominasi genre romance yang bikin baper #WaktunyaKorea

Seiring perkembangan zaman yang kian modern, kegiatan surat-menyurat manual perlahan mulai ditinggalkan. Banyak orang lebih memilih berkomunikasi dengan email, aplikasi chatting, dan berbagai media sosial.

Namun, surat dengan tulisan tangan memberikan vibes nostalgia tersendiri yang berbeda dibanding komunikasi lewat teknologi. Hal inilah yang tecermin dalam kelima film Korea Selatan berikut ini yang semuanya membahas surat dalam plot ceritanya. 

1. The Letter (1997)

https://www.youtube.com/embed/jRmujB7rbRQ

The Letter merupakan film romance jadul yang dirilis pada 1997 silam. Film ini dibintangi aktor dan aktris legendaris, seperti Choi Jin Sil, Park Shin Yang, serta Choi Yong Min.

Film ini bercerita tentang pasangan suami istri yang hidup harmonis. Suatu hari, sang suami mengetahui bahwa ia menderita kanker. Sebelum meninggal, ia memutuskan menulis surat-surat cinta untuk istri yang dikasihinya.

2. Il Mare (2000)

https://www.youtube.com/embed/YpysBtYMz2I

Il Mare merupakan film bergenre romance yang dibintangi Lee Jung Jae dan Jun Ji Hyun. Film ini sudah di-remake versi Hollywood dengan judul The Lake House (2006) yang dibintangi Keanu Reeves dan Sandra Bullock.

Film ini menceritakan kisah cinta dua orang yang tinggal di sebuah rumah di tepi laut bernama Il Mare, namun terpisah waktu dua tahun. Sung Hyun (Lee Jung Jae) ada di tahun 1997 dan Eun Joo (Jun Ji Hyun) di 1999. Keduanya hanya bisa berkomunikasi lewat kotak surat yang ada di rumah tersebut.

Baca Juga: 10 Drama dan Film Korea Ini Berasal dari Legenda Korea, Tonton Yuk!

3. The Classic (2003)

https://www.youtube.com/embed/VU1ah3RxIww

Seperti judulnya, The Classic merupakan salah satu film romance klasik yang sangat ikonik dan tak terlupakan. Bertabur bintang ternama Negeri Ginseng, film ini dibintangi Son Ye Jin, Cho Seung Woo, Jo In Sung, dan Lee Ki Woo.

Film ini bercerita Ji Hye (Son Ye Jin) yang terjebak cinta segitiga karena sahabatnya suka pada pria yang dicintainya. Suatu hari, ia menemukan kotak berisi surat-surat cinta milik sang ibu yang mempunyai kisah cinta yang mirip dengan situasinya saat ini.

4. Waiting For Rain (2021)

https://www.youtube.com/embed/PFfFBQESrcU

Waiting For Rain adalah film romance terbaru Kang Ha Neul dan Chun Woo Hee. Selain keduanya, film ini turut dibintangi Lee Seol, Lim Ju Hwan, dan kameo dari Kang So Ra.

Cerita dalam film ini terpusat pada Young Ho (Kang Ha Neul) yang mulai menulis surat untuk cinta pertamanya, So Yeon. Namun, tanpa diketahuinya, adik So Yeon yang bernama So Hee (Chun Woo Hee) yang membalas.

Keduanya lalu membuat janji untuk bertemu langsung pada 31 Desember dengan syarat turun hujan di hari tersebut. Young Ho setia menunggu, tapi meski tahun-tahun berlalu, hujan tak kunjung turun di tanggal tersebut.

5. Miracle: Letters to President (2021)

https://www.youtube.com/embed/e852rSJcyh0

Film yang berjudul asli 기적 ini berlatar tahun 1980-an. Beberapa pemeran ternama dalam film ini antara lain Park Jung Min, Yoona SNSD, Lee Sung Min, Lee Soo Kyung, Jung Moon Sung, Ahn Tae Rin, dan Kim Kang Hoon.

Miracle: Letters to President bercerita tentang siswa SMA dan genius matematika bernama Joon Kyeong (Park Jung Min) yang tinggal di desa kecil. Ia bermimpi di desanya dibangun stasiun kereta api demi memudahkan transportasi. Salah satu upayanya adalah menulis banyak surat yang ditujukan kepada Presiden Korea Selatan saat itu.

 

Kelima film di atas bisa membangkitkan nuansa nostalgia ketika menulis dan membaca surat dengan tulisan tangan. Semuanya seru dan menarik, mana film yang sudah atau ingin kamu tonton? Yuk, tulis di kolom komentar!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Film dan Drama Korea Bertema Survival, Menegangkan!

S. M. Fatimah Photo Verified Writer S. M. Fatimah

Menulis adalah bekerja untuk keabadian. (Pramoedya Ananta Toer)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya