Comscore Tracker

7 KDrama Bertema Healing Romance yang Romantis Sekaligus Inspiratif

Mana aja yang sudah kamu tonton?

Salah satu genre yang banyak disukai penggemar KDrama adalah romance. Tak hanya membahas tentang kisah cinta yang bikin baper, banyak juga KDrama romantis yang memiliki cerita inspiratif.

Disebut dengan 'healing romance', KDrama dengan tema ini identik dengan kisah dua orang yang sama-sama memiliki luka batin. Dengan cinta, keduanya lantas saling merawat dan mengobati luka hati masing-masing.

Kalau kamu sedang mencari KDrama dengan cerita healing romance, tujuh judul berikut bisa jadi pilihan. Memiliki cerita romantis dan penuh chemistry, ketujuhnya juga mengandung banyak nilai kehidupan.

1. Secret Garden (2010-2011)

https://www.youtube.com/embed/_6mdPDisVt0

"Secret Garden" dibintangi Hyun Bin dan Ha Ji Won. KDrama ini menceritakan tentang kisah cinta antara dua orang yang tubuhnya saling tertukar. Berasal dari kelas sosial berbeda, yang satu merupakan CEO sebuah mall mewah, sementara yang lain adalah stuntwoman yang tangguh dan berani.

Bergenre fantasi, "Secret Garden" tak hanya menawarkan kisah unik, kocak, dan bikin gemas. Namun juga cerita inspiratif tentang orang-orang yang mengalami peristiwa traumatis di masa lalu, serta bagaimana mereka memaafkan diri sendiri agar bisa mengatasi trauma yang mereka miliki.

2. It's Okay, That's Love (2014)

https://www.youtube.com/embed/tb-5BpzCTmo

"It's Okay, That's Love" mengisahkan tentang jalinan kasih antara penulis dan penyiar radio populer yang memiliki OCD serta skizofrenia, dengan psikiater yang mempunyai sex phobia dan fear of commitment. Turut membahas mengenai kesehatan mental, KDrama ini dibintangi Jo In Sung dan Gong Hyo Jin.

Walau memiliki alur ringan dan banyak adegan kocak, "It's Okay, That's Love" nyatanya mempunyai cerita yang menyentuh hati. Terkait kisah cinta, KDrama ini seolah berpesan bahwa saling mendukung pasangan saat berada di situasi sulit adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan.

3. Kill Me, Heal Me (2015)

https://www.youtube.com/embed/jkLlJk2hsoc

"Kill Me, Heal Me" bercerita tentang cerita cinta antara dua orang yang memiliki luka batin karena mengalami peristiwa traumatis saat kecil. Yang satu tumbuh dewasa dengan melupakan kenangan masa kecilnya, sementara yang lain akhirnya memiliki tujuh kepribadian berbeda yang dikenal dengan dissociative identity disorder.

Dibintangi Ji Sung, Hwang Jung Eum, dan Park Seo Joon, KDrama ini turut membahas mengenai dampak kekerasan pada anak. Juga tentang perlunya tak terlalu menyalahkan diri sendiri saat situasi buruk terjadi, dan bagaimana dukungan dari orang terdekat memiliki andil dalam kesembuhan seseorang dengan gangguan mental.

Baca Juga: 5 KDrama yang Cocok Ditonton saat Kamu Merasa Tak Dicintai

4. Just Between Lovers (2017-2018)

https://www.youtube.com/embed/06_B7Sg8Vd8

Dikenal juga dengan judul "Rain or Shine", KDrama "Just Between Lovers" dibintangi Lee Jun Ho dan Won Jin Ah. Ceritanya sendiri mengenai Gang Doo dan Moon Soo yang kehilangan anggota keluarga mereka karena satu insiden yang sama. Keduanya lantas bertemu lagi setelah dewasa.

Membahas tentang salah satu insiden nyata di Korea Selatan, KDrama ini menawarkan kisah mengharukan tentang dua tokoh utamanya yang didera self-guilt selama bertahun-tahun karena menjadi yang selamat dari peristiwa naas yang menewaskan orang yang mereka sayangi. 

5. The Beauty Inside (2018)

https://www.youtube.com/embed/wkFD3ESBn10

Diadaptasi dari film berjudul sama namun dengan tokoh berbeda, "The Beauty Inside" menceritakan tentang Han Se Gye yang mengalami fenomena misterius di mana ia akan berganti rupa fisik setiap bulan selama satu minggu. Ia lalu bertemu dengan Seo Do Jae yang menderita prosopagnosia.

"The Beauty Inside" dibintangi Seo Hyun Jin, Lee Min Ki, Lee Da Hee, dan Ahn Jae Hyun. KDrama ini memiliki premis unik, yakni tentang mencintai tanpa melihat rupa fisik melainkan sifat dan kepribadian. Selain pesan tersebut, KDrama ini juga menekankan agar pasangan dapat saling menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing.

6. Chocolate (2019-2020)

https://www.youtube.com/embed/q_ALLnZTDBE

"Chocolate" merupakan KDrama yang dibintangi Ha Ji Won dan Yoon Kye Sang. KDrama ini bercerita tentang kisah cinta antara seorang koki berhati hangat dengan dokter berhati dingin. Saat kecil, keduanya pernah bertemu. Namun kemudian berpisah dan sejak saat itu, mereka mengalami berbagai kejadian tragis.

Melalui kisah yang ada di KDrama ini, kamu akan melihat bagaimana cinta dan ketulusan bisa mengobati luka batin akibat peristiwa-peristiwa buruk yang terjadi. Selain itu, KDrama ini juga membahas tentang proses memaafkan diri sendiri, mengikhlaskan apa yang telah terjadi, serta lebih terbuka terhadap emosi yang dimiliki.  

7. It's Okay to Not Be Okay (2020)

https://www.youtube.com/embed/89i-Fn2CqQg

"It's Okay to Not Be Okay" bercerita tentang kisah cinta antara Moon Kang Tae dan Go Moon Young. Moon Kang Tae merupakan perawat jiwa dan caregiver yang terlalu sibuk mengurus orang lain sehingga lupa mencintai diri sendiri. Sedangkan Go Moon Young adalah penulis buku dongeng yang sukses namun memiliki gangguan kepribadian antisosial.

Dibintangi Kim Soo Hyun dan Seo Ye Ji, KDrama ini menggabungkan tema healing romance dengan kisah dongeng, serta memiliki banyak pesan inspiratif tentang kehidupan, keluarga, dan persahabatan. Di tiap episodenya, kamu diajak untuk melihat bagaimana pelan-pelan cinta bisa membantu orang-orang mengatasi trauma yang mereka punya.

Nah, itulah tujuh KDrama bertema healing romance yang tak hanya memiliki cerita romantis, namun juga inspiratif. Dari daftar di atas, mana yang sudah atau ingin kamu tonton? Share di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Ini 5 Topik Mendidik yang Ada di KDrama 'It's Okay to Not be Okay'

S. M. Fatimah Photo Verified Writer S. M. Fatimah

Menulis adalah bekerja untuk keabadian. (Pramoedya Ananta Toer)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya