Comscore Tracker

6 KDrama Inspiratif yang Membahas Pentingnya Memiliki Support System

Semuanya punya cerita seru dan wajib ditonton!

Salah satu alasan mengapa drama Korea banyak disukai adalah karena keragaman tema cerita yang diangkat. Gak melulu tentang cinta, banyak juga tema inspiratif yang dibahas di KDrama. Di antaranya mengenai pentingnya support system yang kuat bagi seseorang.

Jika kamu mencari KDrama dengan tema ini, maka enam judul berikut bisa jadi pilihan. Memiliki cerita beragam, keenamnya membuktikan hal yang sama, bahwa memiliki support system itu penting. Selain untuk melewati masa sulit, namun juga untuk membantumu menjadi lebih baik.

1. Dr. Romantic 1 & 2

https://www.youtube.com/embed/S1nUaEPUnEI

Dr. Romantic merupakan KDrama medis yang menceritakan tentang Kim Sabu (Han Suk Kyu), dokter Bedah legendaris yang bekerja di RS Doldam yang kecil meskipun ia memiliki keahlian menakjubkan. Memiliki karakter tsundere, ia juga membantu dokter-dokter muda menemukan makna akan profesi dan kehidupan pribadi mereka.

Sejauh ini, sudah ada dua season dari KDrama Dr. Romantic. Season pertama yang tayang pada tahun 2016-2017 dibintangi Yoo Yeon Seok, Seo Hyun Jin, dan Yang Se Jong. Di season kedua yang tayang pada awal 2020, peran dokter muda dimainkan oleh Ahn Hyo Seop, Lee Sung Kyung, Shin Dong Wook, dan So Ju Yeon.

2. Strangers from Hell (2019)

https://www.youtube.com/embed/aSP__swZhL0

Strangers from Hell merupakan KDrama thriller yang diadaptasi dari webtoon populer. Dibintangi Im Siwan dan Lee Dong Wook, KDrama ini bercerita tentang Yoon Jong Woo yang berusia 20an. Setelah pindah ke sebuah indekos murah bernama Eden, ia mulai mengalami kejadian-kejadian mencekam yang melibatkan para penghuni di sana.

Meskipun bergenre thriller dengan banyak adegan menegangkan dengan tema kekerasan dan pembunuhan, KDrama ini juga mengandung beberapa pelajaran penting. Salah satunya, untuk bijak memilih lingkungan di mana kamu tinggal atau bekerja, sebab orang-orang di dalamnya berpengaruh besar pada kesehatan fisik dan mentalmu.

3. Chocolate (2019-2020)

https://www.youtube.com/embed/q_ALLnZTDBE

Menggabungkan tema makanan dan healing romance, Chocolate dibintangi Ha Ji Won, Yoon Kye Sang, dan Jang Seung Jo. KDrama ini mengisahkan tentang Lee Kang yang kini menjadi dokter bedah saraf meskipun mimpinya adalah menjadi koki, serta Moon Cha Young yang memilih profesi koki karena terinspirasi oleh Lee Kang.

Salah satu poin penting yang dibahas di KDrama ini adalah lingkungan bisa mempengaruhi sikap seseorang. Lee Kang yang sebetulnya berhati hangat, menjadi dingin dan ambisius karena keluarganya yang toksik. Namun karena sikap hangat Moon Cha Young dan orang-orang di sanatorium, ia pun bisa berubah menjadi sosok yang lebih baik.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Drama Jepang yang Gak Kalah Romantis dari Drama Korea

4. Itaewon Class (2020)

https://www.youtube.com/embed/NeaHNQJ1kCo

Dibintangi Park Seo Joon, Kim Dami, Yoo Jae Myung, dan Kwon Nara, Itaewon Class termasuk salah satu KDrama paling inspiratif yang pernah ada. Banyak hal positif yang digambarkan dalam KDrama adaptasi webtoon ini. Salah satunya, lingkungan yang suportif dan gak diskriminatif bisa mengubahmu menjadi lebih baik.

Hal ini digambarkan pada karakter para staf Kedai Danbam. Termasuk di antaranya, Jo Yi Seo yang awalnya memiliki kecenderungan sosiopat yang kuat. Namun interaksinya dengan Park Sae-ro-yi, bisa membantunya menjadi lebih empatik. Begitu pula dengan Choi Seung Kwon yang berhenti menjadi preman setelah bertemu Park Sae-ro-yi. 

5. Hospital Playlist (2020)

https://www.youtube.com/embed/xqIM2cenBAs

Berhasil meraih rating tinggi, Hospital Playlist memiliki cerita inspiratif tentang keseharian para tenaga kesehatan di Pusat Medis Yulje. Ada kisah tentang persahabatan, keluarga, kehidupan, hingga cinta, KDrama hasil kolaborasi kreator Reply Series ini dibintangi Jo Jung Suk, Yoo Yeon Seok, Jung Kyung Ho, Kim Dae Myung dan Jeon Mi Do.

Bergenre slice of life, KDrama ini menggambarkan bagaimana keluarga, lingkaran pertemanan, dan rekan kerja mempengaruhi perkembangan karakter seseorang menjadi lebih baik. Terutama pada kisah "geng dokter 1999", kamu bisa melihat bahwa mereka menjadi support system yang kuat bagi masing-masing di antara mereka.

6. It's Okay to Not Be Okay (2020)

https://www.youtube.com/embed/50ek4HQo0Bc

It's Okay to Not Be Okay menjadi salah satu KDrama yang banyak dibicarakan di 2020. KDrama yang dibintangi Kim Soo Hyun, Seo Ye Ji, dan Oh Jung Se ini bercerita tentang seorang pria yang terlalu sibuk mengurus orang lain hingga lupa dengan kebahagiannya sendiri, serta seorang gadis yang memiliki gangguan kepribadian antisosial.

Selain cerita cinta yang bikin baper, salah satu hal menarik dari KDrama ini adalah perkembangan karakter dari ketiga tokoh utamanya, yakni Moon Kang Tae, Go Moon Young, dan Moon Sang Tae. Setelah tinggal di rumah yang sama dan sering berinteraksi, ketiganya menjadi lebih bahagia sekalipun masing-masing memiliki luka dan trauma.

Nah, itulah enam KDrama inspiratif yang membuktikan bahwa memiliki support system itu penting. Dari daftar di atas, adakah judul favoritmu? Yuk, share di kolom komentar!

Baca Juga: 5 Drama Korea Bergenre Action-Comedy, Pasti Bikin Kamu Terbahak-bahak!

S. M. Fatimah Photo Verified Writer S. M. Fatimah

Menulis adalah bekerja untuk keabadian. (Pramoedya Ananta Toer)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya