Comscore Tracker

6 Misteri yang Perlu Dijawab di KDrama 'It's Okay to Not Be Okay'

Mana yang paling bikin penasaran?

It's Okay to Not Be Okay merupakan salah satu KDrama yang banyak dibicarakan tahun ini. Menggabungkan tema kesehatan mental, healing romance, dan dongeng, KDrama ini bercerita tentang kisah cinta perawat jiwa dan penulis dongeng dengan gangguan kepribadian antisosial.

Sampai artikel ini ditulis, KDrama yang dibintangi Kim Soo Hyun dan Seo Ye Ji ini sudah mulai memasuki paruh kedua cerita. Hanya menyisakan enam episode sebelum tamat, ada beberapa hal dalam ceritanya yang masih jadi misteri dan belum terjawab. Contohnya, enam poin berikut ini.

1. Identitas ibu Go Moon Young, apakah masih hidup atau sudah meninggal

6 Misteri yang Perlu Dijawab di KDrama 'It's Okay to Not Be Okay'Instagram.com/tvndrama.official

Salah satu pertanyaan yang paling bikin penasaran penonton It's Okay to Not Be Okay adalah identitas ibu Go Moon Young. Dari berbagai adegan flashback dan mimpi buruk yang dialami Go Moon Young, nampak bahwa ibunya adalah sosok menakutkan baginya.

Meski Go Moon Young dan ayahnya pernah mengatakan bahwa sang ibu telah meninggal, namun belum ada penjelasan pasti terkait hal ini. Justru ada kecurigaan bahwa ibu Go Moon Young sebetulnya masih hidup dan lama bersembunyi dengan identitas baru.

2. Keterkaitan antara kematian ibu Kang Tae dan Sang Tae dengan kupu-kupu

6 Misteri yang Perlu Dijawab di KDrama 'It's Okay to Not Be Okay'Instagram.com/tvndrama.official

Sejak kecil, Moon Kang Tae sudah menjadi tulang punggung keluarga. Ia juga menjadi caregiver bagi sang kakak, Moon Sang Tae, yang memiliki gangguan spektrum autisme. Dari salah satu adegan flashback, diperlihatkan ada kejadian buruk yang menewaskan sang ibu.

Sebagai satu-satunya saksi, Moon Sang Tae mengalami PTSD dan membuatnya ingin pindah setiap tahun karena ketakutannya pada kupu-kupu. Topik mengenai kupu-kupu ini memegang petunjuk penting tentang peristiwa tragis yang membuat Moon bersaudara kehilangan ibu mereka.

Baca Juga: 5 Hal dari It's Okay to Not be Okay Ini Sering Terlewat dari Kehidupan

3. Kejadian traumatis yang dialami Go Moon Young saat kecil

6 Misteri yang Perlu Dijawab di KDrama 'It's Okay to Not Be Okay'Instagram.com/tvndrama.official

Sejak pulang ke rumah masa kecilnya yang disebut kastil terkutuk karena mewah namun menyeramkan, Go Moon Young sering mengalami mimpi buruk. Dan di dalam mimpi tersebut, selalu ada sosok sang ibu dan potongan adegan yang menyeramkan.

Selain itu, di episode 1, ada adegan flashback di mana Go Moon Young kecil pernah dicekik oleh ayahnya sendiri. Kejadian ini kembali terulang di episode 4 saat ia menemui ayahnya yang dirawat di Rumah Sakit Jiwa OK.

Mimpi buruk yang dialami Go Moon Young dan hubungannya yang tak baik dengan sang ayah menimbulkan pertanyaan, sebetulnya kejadian traumatis seperti apa yang dialaminya saat kecil. Dan apa itu menjadi salah satu penyebab ia memiliki gangguan kepribadian antisosial.

4. Rahasia yang disimpan Park Ok Ran, pasien RSJ OK yang menyanyikan Oh My Darling, Clementine

6 Misteri yang Perlu Dijawab di KDrama 'It's Okay to Not Be Okay'Instagram.com/tvndrama.official

Park Ok Ran merupakan salah satu pasien Rumah Sakit Jiwa OK. Karakternya menarik perhatian saat ia kedapatan menyanyikan lagu Oh My Darling, Clementine yang sering dinyanyikan ibu Go Moon Young. Anehnya, ia berbohong dan mengatakan bahwa ia tidak menyanyikan lagu tersebut.

Tak sampai di situ, sosoknya yang tampak menyimpan rahasia terkait keluarga Go Moon Young menimbulkan kecurigaan bahwa ia adalah sosok sang ibu yang selama ini bersembunyi. Apalagi di episode 10, ia datang menemui Go Moon Young. Meski begitu, belum bisa dipastikan bahwa kecurigaan ini benar.

5. Akhir dari 'kisah cinta segitiga' antara Moon bersaudara dan Go Moon Young

6 Misteri yang Perlu Dijawab di KDrama 'It's Okay to Not Be Okay'Instagram.com/tvndrama.official

Salah satu konflik utama dalam hubungan Go Moon Young dan Moon Kang Tae terletak pada restu dari Moon Sang Tae pada mereka. Ini bukan karena Moon Sang Tae menyukai Go Moon Young, namun lebih karena Moon Sang Tae hanya ingin Moon Kang Tae bersamanya dan memprioritaskan dirinya.

Saat Moon Sang Tae mengetahui bahwa Go Moon Young dan adiknya pergi bersama dan menginap di luar, ia sangat marah dan kecewa. Sebab sebetulnya ia ingin mereka bertiga pergi bersama. Bagi Moon Sang Tae, Go Moon Young adalah sahabat pertamanya. Dan di sisi lain, ia sangat menyayangi Moon Kang Tae.

6. Kelanjutan karier Go Moon Young sebagai penulis dan cerita di buku dongeng terbarunya

6 Misteri yang Perlu Dijawab di KDrama 'It's Okay to Not Be Okay'Instagram.com/tvndrama.official

Sejak Go Moon Young tertarik pada Moon Kang Tae, ia vakum dari dunia kepenulisan. Di saat bersamaan, buku terakhirnya diprotes dan ditarik dari peredaran. Meski begitu, ia tengah mengerjakan proyek terbarunya, dengan Moon Sang Tae sebagai ilustratornya.

Sayangnya, hingga episode sepuluh, Go Moon Young belum terlihat menulis buku dongeng terbarunya. Hal ini membuat penasaran tentang buku terbarunya, mengingat setiap kisah dongeng dalam KDrama ini berhubungan dengan cerita para tokoh utamanya.

Nah, itulah enam misteri yang perlu dijawab di akhir episode It's Okay to Not Be Okay. Dari daftar di atas, mana yang paling bikin kamu penasaran?

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup dari Drama It's Okay to Not Be Okay, Menyayat Hati!

S. M. Fatimah Photo Verified Writer S. M. Fatimah

Menulis adalah bekerja untuk keabadian. (Pramoedya Ananta Toer)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya