Comscore Tracker

6 Rekomendasi KDrama yang Bisa Bikin Kamu Nostalgia

Masing-masing punya nuansa jadul yang unik dan seru!

Drama Korea memiliki banyak tema cerita yang menarik dan beragam. Termasuk di antaranya, memasukkan nuansa jadul ke dalam jalinan kisahnya. Baik menjadi setting utama maupun sebagai penopang cerita.

Kalau kamu mencari rekomendasi KDrama unik dengan nuansa jadul, enam judul berikut bisa jadi pilihanmu. Semuanya bergenre romance dan friendship, keenamnya sama-sama menarik dan pantang untuk kamu lewatkan!

1. Reply 1997 (2012)

https://www.youtube.com/embed/o0aGA2ZiH94

"Reply 1997" adalah KDrama pertama dari 'Reply Series' karya Shin Won Ho dan penulis Lee Woo Jung. Dibintangi Jung Eun Ji, Seo In Guk, dan Hoya, KDrama ini menggunakan dua setting waktu, yakni 'masa kini' dan masa lalu.

Salah satu setting waktu yang di KDrama ini adalah tahun 1997 di mana ketika itu KPop generasi pertama sedang berkembang. Karena itu, salah satu poin utama yang dibahas di KDrama ini mengenai remaja sekolah yang jadi KPoper saat itu.

2. Reply 1994 (2013)

https://www.youtube.com/embed/CrY4faglYng

Dibintangi Go Ara, Jung Woo, dan Yoo Yeon Seok, "Reply 1994" menceritakan tentang kisah para mahasiswa yang tinggal di satu rumah kos. Merupakan bagian dari 'Reply Series', KDrama ini juga menggunakan dua setting waktu. 

Selain mereka ulang suasana dan berbagai pernak-pernik jadul tahun 1994, KDrama ini turut membahas berbagai kejadian dan peristiwa penting secara historis dan budaya yang terjadi di tahun tersebut serta tahun-tahun setelahnya.

3. Reply 1988 (2015)

https://www.youtube.com/embed/JF_VP7KNJxg

Dibintangi Hyeri, Ryu Jun Yeol, Park Bo Gum, Go Kyung Pyo, dan Lee Dong Hwi, "Reply 1988" menceritakan tentang kisah lima sahabat yang tinggal bertetangga di wilayah Ssangmun-dong. Kelimanya berteman akrab sejak kecil hingga dewasa.

Termasuk dalam 'Reply Series', KDrama ini memilih tahun 1988 sebagai setting masa lalu yang dipakai. Ada banyak hal jadul yang dibahas di KDrama ini. Mulai dari suasana, jajanan, hingga gaya busana.

Baca Juga: Letting Go, 5 KDrama Ini Ajarkan Keikhlasan untuk Melepaskan

4. Go Back Couple (2017)

https://www.youtube.com/embed/9RCXhccoqkM

"Go Back Couple" merupakan KDrama yang dibintangi Jang Nara dan Son Ho Jun. KDrama ini bercerita tentang sepasang suami istri di usia pertengahan 30an yang secara misterius kembali ke masa-masa mereka menjadi mahasiswa di tahun 1999.

Bertema time travel dengan kisah yang banyak mengandung nilai kehidupan, KDrama ini tak hanya membawamu melihat suasana zaman dulu. Namun juga bisa membuatmu nostalgia dengan indahnya masa kuliah.

5. Hospital Playlist (2020)

https://www.youtube.com/embed/xqIM2cenBAs

KDrama "Hospital Playlist" dibintangi Jo Jung Suk, Yoo Yeon Seok, Jung Kyung Ho, Kim Dae Myung, dan Jeon Mi Do. Ceritanya sendiri mengenai kisah keseharian lima dokter spesialis yang telah bersahabat sejak tahun 1999.

Berbeda dengan KDrama lain di daftar ini, "Hospital Playlist" tak terlalu membawa nuansa jadul melalui suasana yang direka ulang. Melainkan dengan lagu-lagu jadul yang menjadi soundtrack-nya, juga yang dinyanyikan oleh band yang dibentuk kelima tokoh utama.

6. When My Love Blooms (2020)

https://www.youtube.com/embed/-zKFrKMyouo

"When My Love Blooms" memiliki dua setting waktu yang secara imbang ada dalam KDramanya, yakni tahun 1990an dan 2020. KDrama ini mengisahkan tentang dua orang yang pernah menjalin kasih saat kuliah dan kini bertemu lagi dua puluh tahun kemudian.

KDrama ini dibintangi Yoo Ji Tae dan Lee Bo Young untuk cerita tahun 2020, sementara untuk tahun 1990an ada Jin Young dan Jeon So Nee. Tak hanya melihat suasana jadul, KDrama ini kamu juga bisa membuatmu mengingat memori mengenai cinta pertama.

Nah, itulah enam rekomendasi KDrama seru yang bisa membuatmu nostalgia dengan masa lalu. Dari daftar di atas, ada KDrama favoritmu, tidak?

Baca Juga: 7 KDrama 2020 yang Underrated padahal Sayang bila Dilewatkan  

S. M. Fatimah Photo Verified Writer S. M. Fatimah

Menulis adalah bekerja untuk keabadian. (Pramoedya Ananta Toer)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya