8 Film ini Perlihatkan Sisi Lain dari Kerasnya Kota Jakarta

Alur ceritanya selalu sukses mencuri perhatian

Kota Jakarta adalah salah satu kota di Indonesia yang mempunyai jutaan kisah dan cerita unik yang layak untuk dibahas. Entah itu kisah perihal cinta, mengejar mimpi, hingga kisah seputar kisah-kisah yang mungkin sangat sulit untuk ditemukan di beberapa kota lainnya di Indonesia. Hal ini membuat para sineas film Indonesia, tertantang untuk membahas kota Jakarta dalam sebuah film yang dapat menghibur.

Berikut, beberapa film Indonesia yang mengambarkan sisi lain dari Jakarta, yang bisa jadi list tontonan kamu semua.

1. Film Sanubari Jakarta

https://www.youtube.com/embed/wlE16IjTK-k

Film Sanubari Jakarta adalah film yang menceritakan tentang kisah percintaan orang-orang yang hidup di daerah Jakarta. Bukan film layar lebar seperti biasanya, film ini terdiri dari kumpulan film-film pendek yang digabung menjadi satu dan ditayangkan pada tahun 2012 kemarin di biokop seluruh Indonesia.

Beberapa film pendek yang ada di film Sanubari Jakarta adalah Pembalut, Kentang, 1/2, Lumba-lumba, Topeng Srikandi, Terhubung, Menunggu Warna, Malam ini Aku Cantik, Untuk A hingga film Kotak Coklat.

2. Film Jakarta Undercover

https://www.youtube.com/embed/dPW0xtXmY8g

Selanjutnya ada film yang dibintangi oleh Luna Maya, Jakarta Undercover. Film ini menceritakan tentang seorang wanita yang bernama Vikitra. Dia melarikan diri dari Medan ke Jakarta bersama sang adik, setelah membunuh ayahnya, karena harus melindungi sang ibu yang selalu disiksa oleh sang ayah. 

Banyak cerita tidak biasa yang dialami Vikitra dan sang adik, setelah mereka memutuskan untuk diam di Jakarta. Seperti melihat aksi pembunuhan secara langsung dan hal ini menjadi masalah baru bagi Vikitra. 

3. Film Selamat Pagi, Malam

https://www.youtube.com/embed/m9P_zl0IRj8

Film selanjutnya ada Selamat Pagi, Malam. Film yang menceritakan tentang kisah 3 orang wanita yang berlatar kehidupan kota Jakarta. Pertemuan tiga orang wanita yang akhirnya menjadi saling kenal satu sama lain ini, menjadi kisah awal dari perubahan-perubahan dalam hidup mereka bertiga. 

Film Selamat Pagi, Malam juga mempunyai nama lain dalam kancah internasional, In The Absence Of The Sun. Banyak juga penghargaan yang didapatkannya seperti Tokyo International Film Festival untuk kategori Asian Future Best Film Award dan Hong Kong Asian Film Festival untuk kategori New Talent Award.

Baca Juga: 11 Film Horor Indonesia yang Sering Dikira Film Semi, Beradegan Panas

4. Film Jakarta Maghrib

https://www.youtube.com/embed/UbHSM2Rm3Vk

Film Jakarta Maghrib mengkisahkan tentang kegiatan masyarakat Jakarta, disaat menjelang atau disaat maghrib. Di dalam film yang dirilis pada tahun 2010 ini, dibagi kedalam beberapa kisah pendek yang mempunyai kisah dan cerita tersendiri. Seperti Iman Cuma Ingin Nur, Adzan, Menunggu Aki, Jalan Pintas, Cerita Si Ivan dan Ba'da.

5. Film Orang Kaya Baru

https://www.youtube.com/embed/ZY4clGa250c

Kelima, ada film Orang Kaya Baru yang menceritakan tentang sebuah keluarga yang ditinggalkan meninggal oleh kepala keluarganya. Namun ternyata, sang ayah yang diperankan oleh Lukman Sardi ini, meninggalkan warisan yang sangat banyak. Alhasil, kehidupan keluarga yang awalnya sederhana ini, tiba-tiba menjadi orang kaya.

Film Orang Kaya baru juga mengambil latar kehidupan orang Jakarta. Dimana, diperlihatkan seperti apa kehidupan orang kaya baru yang ada di kota metropolitan ini. Dimulai dari hura-hura, lebih mengutamakan uang dan pamer di media sosial.

6. Film Surat Untuk Jakarta 

https://www.youtube.com/embed/5e1jDxjv9pY

Selanjutnya ada film yang berhasil menjadi film animasi terbaik dalam ajang Festival Film Indonesia 2016, film Surat Untuk Jakarta. Film yang juga menjadi hadiah ulang tahun untuk Jakarta yang ke 489 ini, menceritakan tentang kehidupan orang-orang jakarta dan tentunya, menyampaikan kritik-kritik sosial untuk Jakarta. 

7. Virgin: Ketika Keperawanan Dipertanyakan

https://www.youtube.com/embed/_k0rVNeiXLM

Masih menceritakan tentang sisi lain Jakarta, film Virgin: Ketika Keperawanan Dipertanyakan menceritakan tentang kenakalan-kenakalan anak SMA dalam hal menjaga keperawanannya. Film ini dibintangi Laudya Cynthia Bella sebagai Biyan, Ardina Rasti sebagai Stella dan Angie sebagai Katy.

8. Film Jakarta vs Everybody

https://www.youtube.com/embed/vxEocfIALhc

Teranyar dan masih hangat dibahas banyak orang, ada film Jakarta vs Everybody. Menceritakan tentang kisah perjuangan seorang pemuda yang mencoba untuk meraih mimpi di tanah Jakarta. Banyak lika liku yang harus dia temui, dimulai dari harus menjadi pengedar narkoba, bertemu dengan orang-orang salah, hingga pergaulan yang terlalu bebas di Jakarta.

Kota Jakarta, memang selalu ada saja hal yang seru untuk dibahas atau dijadikan kedalam sebuah cerita film. Tambahan, film-film di atas merupakan film yang banyak mendapatkan penghargaan lho. Segera di tonton di situs yang resmi guys.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Religi asal Indonesia untuk Ngabuburit

Sandi Nugraha Photo Verified Writer Sandi Nugraha

Bismillahirrahmanirrahim

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya