Comscore Tracker

6 Film Horor Garapan Monty Tiwa, Keramat 2 hingga Hidayah

Sutradara langganan memproduksi film horor

Setelah berhasil menggarap film Sayap-Sayap Patah di tahun 2022, Monty Tiwa ternyata telah mempersiapkan dua film horor yang juga telah digarapnya. Pertama ada film Keramat 2: Caruban Larang, kedua ada Hidayah.

Selain dua karya tersebut, film horor garapan Monty Tiwa lainnya sayang banget untuk kamu lewatkan, nih. Terkenal sukses dengan film horor, berikut sederet rekomendasi film horor garapan Monty Tiwa yang cocok untuk nobar.

1. Keramat (2009)

6 Film Horor Garapan Monty Tiwa, Keramat 2 hingga HidayahPoster film Keramat (dok. StarVision Plus/Keramat)

Keramat yang dirilis 2009 memiliki gaya shoot yang unik. Layaknya dokumenter, film horor ini sukses menyita sinefil dalam negeri dan internasional. 

Film Keramat (2009), menceritakan tentang sekelompok orang yang akan memproduksi film di Bantul, Yogyakarta. Tentunya, mereka semua membawa berbagai macam perlengkapan syuting, sebagai persiapan untuk sebuah film. Namun ternyata semua tidak berjalan sesuai dengan rencana, mereka harus mengalami hal-hal mistis yang seram.

Dalam film Keramat (2009), Monty Tiwa menjadi salah satu pemainnya juga. Selain itu ada juga beberapa bintang seperti Poppy Sovia, Migi Parahita, Sadha Triyudha, Miea Kusuma, Dimas Projosujadi, Diaz Ardiawan dan Brama Sutasara. Sedangkan untuk rumah produksi, film Keramat (2009) di produksi oleh, Kharisma StarVision Plus dan Indie Picture.

2. Film Reuni Z (2018)

https://www.youtube.com/embed/qKyvbiVUzLs

Tidak hanya selalu menggarap film horor yang sangat menakutkan dan menegangkan, Monty juga menjadi sutradara dari film horor komedi berjudul Reuni Z (2018). Mengambil tema zombie, Monty berkolaborasi secara langsung dengan salah satu komika Indonesia dalam penggarapan filmnya, Soleh Solihun.

Reuni Z (2018) menceritakan tentang kegiatan reuni yang dilakukan di sebuah sekolah setelah berpuluh-puluh tahun tidak pernah bertemu. Awalnya reuni ini berjalan seperti biasanya, yang dipenuhi dengan kegembiran dan melepas rasa rindu. Hingga tiba-tiba salah satu dari pengisi acara mengalami hal yang aneh dan menjadi sosok zombie.

Tentu, zombie ini memburu semua orang yang ada di sekolah tersebut, hingga banyak orang yang berubah menjadi zombie yang menyeramkan. Semakin segar, film ini dibintangi oleh Soleh Solihun, Tora Sudiro, Ayushita, Dinda Kanya Dewi, Cassandra Lee  dan Kenny Austin. Sedikit tambahan, tema zombie sendiri masih jarang dijadikan film di Indonesia, lho. 

3. Film Pocong the Origin (2019)

https://www.youtube.com/embed/O0irSt5p8cY

Selain menjadi sutradara, Monty juga menjadi penulis skenario bagi film Pocong the Origin (2019). Bagi kalian yang belum tahu juga, kalau film ini merupakan remake dari film Pocong (2006), yang sebelumnya dilarang tayang.

Film Pocong the Origin (2019) menceritakan tentang seorang narapidana hukum mati yang sulit sekali meninggal, karena memiliki sebuah ilmu hitam. Kalau pun ingin mati, ternyata harus anaknya sendiri yang membunuh sang ayah, bukan orang lain. Tidak sampai di situ, narapidana ini juga meminta untuk dikuburkan di kampung halaman, sebelum bulan purnama datang. Katanya, agar dia tidak bangkit atau hidup kembali.

Berbagai gangguan-gangguan mistis pun terjadi, selama pengantaran jenazah ke kampung halaman. Narapidana ini sendiri diperankan oleh Surya Saputra dan anaknya sendiri diperankan oleh Nadya Arina. Selain itu ada juga Samuel Rizal hingga Della Dartyan yang menjadi pemeran dalam film Pocong the Origin (2019) .

Baca Juga: 5 Film dan Series Tahun 2022 Karya Monty Tiwa, Berbagai Macam Genre!

4. Film Ghibah (2021)

https://www.youtube.com/embed/ZEzaGvL2JUg

Di posisi yang keempat ada film Ghibah (2021), menjadi film yang digarap juga oleh sutradara Monty Tiwa. Skenario film Ghibah ditulis oleh Riza Pahlevi dan Vidya yang juga menuliskan untuk cerita film Makmum. orang yang menulis film Makmum. Unik, film ini ternyata terinspirasi dari sebuah ayat Al-Quran, surah Al-Hujarat ayat 12 yang menjelaskan tentang manusia yang sebaiknya menjauhi prasangka terhadap orang lain.

Sedangkan untuk alur cerita filmnya sendiri, membahas tentang beberapa orang yang sering sekali membicarakan keburukan orang lain. Film Ghibah juga menghadirkan alur cerita yang cukup menyeramkan.

Para pelaku ghibah ini, sering sekali memakan daging mentah yang menjijikan dan beberapa diantaranya memilliki bau badan seperti bangkai. Film Ghibah (2021) dibintangi oleh Anggika Bölsterli, Verrell Bramasta, Zsa Zsa Utari dan Arafah Rianti.

5. Film Keramat 2: Caruban Larang (2022)

https://www.youtube.com/embed/AptTON0OSiI

Menjadi salah satu proyek film horor bagi Monty di tahun 2022, ada Keramat 2: Caruban Larang. Film ini merupakan sekuel dari film sebelumnya di tahun 2009, yakni Keramat

Keramat 2: Caruban Larang menceritakan tentang sekelompok mahasiswa yang akan melakukan sebuah penelitian di Cirebon. Tidak hanya melakuakn riset, mereka juga membawa beberapa vlogger untuk mengabadikan kegiatan mereka. Sesampainya di sana, mereka semua malah mengalami hal-hal mistis yang sangat menyeramkan.

Dalam film Keramat versi terbarunya ini, beberapa bintang baru juga ikut bermain. Ada Umay Shahab, Lutesha, Ajil Ditto, Arla Ailani, Josephine Firmstone, Maura Gabrielle dan Keanu Angelo. Sedikit fakta uniknya, Keramat 2: Caruban Larang menjadi debut akting pertama bagi Keanu. Tambahan, film ini tayang tanggal 24 November 2022.

6. Film Hidayah (2023)

https://www.youtube.com/embed/_go_3e9ojZ0

Hidayah merupakan film yang diadaptasi dari sinetron religi Indonesia. Film ini sebenarnya akan rilis Oktober 2022, namun diundur menjadi tahun 2023. Sampai saat artikel ini dibuat, belum ada tanggal resmi rilisnya.

Film Hidayah menceritakan tentang seorang ustad mantan narapidana, yang kembali ke kampung halamannya setelah lama merantau di kota. Bukanya tenang, ustad bernama Bahri ini malah dihadapkan dengan hal-hal yang sulit untuk dihadapi. Seperti mengobati perempuan misterius yang sakit. Selain itu, Bahri juga harus menghadapi gangguan mistis, yang ternyata sering meneror masyarakat sekitar.

Dalam film Hidayah, Monty Tiwa memercayakan untuk dibintangi oleh Ajil Ditto, Givina, Alif Joerg dan tentunya masih banyak pemain lainnya.

Dari rekomendasi film horor garapan Monty Tiwa di atas, ada yang sudah pernah kamu tonton? Kalau belum, pilih salah satu dan tonton di situs resmi, ya. Untuk yang baru, jangan lupa tonton di bioskop kesayangan kamu.

Baca Juga: 10 Film Horor yang Dibintangi Shareefa Daanish, Ratu Horor Indonesia

Sandi Nugraha Photo Verified Writer Sandi Nugraha

Bismillahirrahmanirrahim

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya