Comscore Tracker

Inspiratif, 7 Film Bertema Kemerdekaan Ini Wajib Kamu Tonton

Menonton sambil mempelajari sejarah Indonesia

Hari ini seluruh rakyat Indonesia sedang berbahagia. Pasalnya pada tanggal ini, tepatnya pada tanggal 17 Agustus Indonesia telah merdeka yang 73 tahun. Berbagai macam kegiatan pun dilakukan masyarakat Indonesia untuk mengekspresikan kebahagiaan mereka dan ikut memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia yang ke 73.

Selain dari melakukan perlombaan-perlombaan 17 Agustus-an. Tidak ada salahnya juga untuk menonton film-film yang mempunyai tema tentang kemerdekaan. Dimulai dari tokoh kemerdekaan hingga perjuangan para pahlawan Indonesia dalam meraih kemerdekaan.

1. Film Merah Putih

https://www.youtube.com/embed/sAeuJRz4yiY

Film pertama ada sebuah film yang dirilis pada tahun 2009. Film merah putih adalah sebuah film yang menceritakan tentang perjuangan para pahlawan dalam melawan tentara Belanda pada tahun 1947.

Film yang dimainkan oleh Lukman Sardi, Doni Alamsyah hingga Zumi Zola ini berhasil membuat banyak penonton mempunyai semangat yang menggebu-gebu.

2. Film Darah Garuda

https://www.youtube.com/embed/ER0cvzvL7xk

Setelah suksesnya film Merah Putih. Akhirnya sekuel dari film ini pun dibuat dengan judul yang berbeda dari film sebelumnya. Darah Garuda adalah sebuah film yang menceritakan tentang sekelompok kadet heroik yang bergerilya di pulau Jawa pada tahun 1947. Saat itu terjadi peristiwa Agresi Militer Belanda I di jantung pemerintahan Republik Indonesia di Jawa Tengah.

3. Film Jendral Soedirman

https://www.youtube.com/embed/umT89YjxnhI

Adipati Dolken adalah aktor yang mendapatkan kesempatan untuk membintangi film Jendral Soedirman. Film ini bercerita tentang Jenderal Soedirman yang sedang didera sakit berat saat melakukan perjalanan ke arah selatan dan memimpin perang gerilya selama tujuh bulan. Soedirman pun membuat Jawa menjadi medan perang gerilya yang luas, membuat Belanda kehabisan logistik dan waktu.

4. Film Sang Kiai

https://www.youtube.com/embed/eQoVWCNT3_0

Kali ini seorang tokoh pendiri Nahdatul Ulama sekaligus tokoh kemerdekaan yang dijadikan inspirasi untuk film yang berjudul Sang Kiai ini. KH Hasyim Asyari pada saat itu harus dihadapkan dengan para penjajah dari Jepang yang sangat kejam sekali.

Film ini berhasil memancing emosi para penonton menjadi tidak karuan. Pasalnya kekerasan yang dilakukan oleh Jepang saat itu sangatlah kejam.

Baca Juga: 5 Lomba 17 Agustus Ini Melatih Caramu Bekerja sama, Seru!

5. Film Hati Merdeka

https://www.youtube.com/embed/hiHZVWalWV4

Film Hati Merdeka adalah sebuah film sekuel terakhir dari Trilogi Merdeka. Film yang dirilis pada tahun 2011 ini menceritakan tentang lanjutan dari film sebelumnya yang berjudul Darah Garuda.

Para pejuang kemerdekaan dalam film Hati Merdeka ini kembali mengalami sebuah konflik. Pada saat itu ketua pemimpin mereka, Amir yang diperankan oleh Lukman Sardi memutuskan untuk mundur. Tetapi meskipun begitu para kadet tetap melanjutkan misi mereka untuk membunuh salah satu kolonel yang sangat kejam.

6. Film Soekarno

https://www.youtube.com/embed/oWLCasO3rcE

Jika membahas tentang kemerdekaan, pasti tidak akan lengkap jika tidak membahas seputar film Bapak Soekarno. Film yang dirilis pada tahun 2013 ini berhasil mendapatkan penghargaan dari berbagai pihak. Salah satunya dari ASEAN Internasional Film Festival and Awards 2015.

7. Film Battle Of Surabaya

https://www.youtube.com/embed/Jar7zUU_Kls

Film bertemakan kemerdekaan yang satu ini sangat berbeda sekali dari beberapa film sebelumnya. Film Battle Of Surabaya ini dikemas dalam sebuah kartun yang sangat keren dan layak sekali untuk ditonton.

Film ini terinspirasi dari peristiwa 10 November tahun 1945 di Surabaya. Film animasi pertama di Indonesia ini juga mempunyai soundtrack yang melibatkan banyak penyanyi tanah air seperti Maudy Ayunda hingga Sherina.

Itu dia 7 film bertemakan kemerdekaan yang wajib banget untuk kamu tonton. Dengan mempelajari sejarah Indonesia, secara tidak langsung kita juga sudah menghargai para pahlawan Indonesia.

Baca Juga: Mengintip 10 Fakta Kelam Sejarah Panjat Pinang, Lomba Khas 17 Agustus

sandinugraha Photo Verified Writer sandinugraha

Kepoin aja dulu, Siapa tahu jodoh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang
  • Ernia Karina
  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya