Mengenang 5 Film Ikonik Deddy Sutomo, Aktor Senior yang Tak Terlupakan

Dunia perfilman kembali berduka

Kabar duka kembali menyelimuti dunia perfilman Indonesia. Pasalnya aktor senior yang sudah malang melintang didunia hiburan dan perfilman telah meninggalkan alam dunia untuk selama-lamanya. Hari Rabu, tepatnya pukul 07.00 WIB aktor senior Deddy Sutomo menghembuskan napas terakhirnya.

Kariernya di dunia hiburan dan perfilman memang sudah tdak perlu dipertanyakan lagi. Mulai dari tahun 1970, Deddy Sutomo dikenal sebagai aktor di Indnesia dan sampai akhir hanyatnya beliau menggeluti dunia seni peran.

Sepanjang perjalanan karier sang legenda film Indonesia, ada banyak sekali film yang sempat beliau bintangi. Dari mulai film yang bergenre laga sampai kepada film yang bergenre religi. Berikut ada 5 film dari Deddy Sutomo yang sangat ikonik.

1. Panji Tengkorak

Film Panji Tengkorak merupakan film aksi laga yang dirilis pada tahun 1971. Film ini merupakan salah satu film yang berhasil membuat Deddy Sutomo dikenal di dunia perfilman. Panji Tengkorak sendiri disutradarai oleh A. Harris.

Dalam film tersebut Deddy beradu akting dengan beberapa pemain lainya seperti Shang Kuang Ling Fung dan Maruli Sitompul.

2. Laila Majenun

Selanjutnya adalah film Laila Majenun. Dalam film ini Dedy tidak berperan sebagai pemeran utama, meskipun begitu tokoh yang diperankan oleh Deddy merupakan tokoh yang cukup penting dalam film tersebut. Film Laila Majenun juga merupakan film yang terinspirasi dari film Hollywood yaitu Romeo and Juliet.

3. Janur Kuning

Siapa yang tidak kenal denagn film Janur Kuning. Dalam film ini Deddy Sutomo mendapatkan kehormatan yang luar biasa, karena dalam film ini Deddy memerankan tokoh pahlawan nasional Jendral Sudirman. Film yang dirilis pada tahun 1979 ini disutradarai oleh Alam Rengga Surawidjaja.

4. Mencari Hilal

Tidak sampai disitu, meskipun usia Deddy Sutomo saat itu sudah terbilang tidak muda lagi. Tetapi Deddy sutomo berhasil menjadi bintang dalam film terbarunya yang berjudul Mencari Hilal. Oka Antara merupakan lawan main Dedy dalam film yang dirilis pada tahun 2015 ini.

Berkat dari kesuksesanya dalam membintangi film tersebut, akhirnya Deddy mendapatkan penghargaan sebagai pemeran utama pria terbaik dalam FFI 2015.

5. Tanda Tanya

Mundur beberapa tahun dari film Mencari Hilal, Deddy juga sempat membintangi sebuah film yang berjudul Tanda Tanya. Film yang dirilis pada thun 2011 ini merupakan film yang menceritakan tentang konflik agama di Semarang. Dimana dalam film tersebut ada 3 keluarga yang mempunyai perbedaan kenyakinan.

Film ini juga tidak hanya tayang di Indonesia saja, film ini berhasil tayang dibeberapa negara dan sukses masuk 9 nominasi pada beberapa kategori di FFI 2011.

Itu dia 5 film ikonik dari sang aktor senior Deddy Sutomo. Masih banyak sekali film-film yang dibintangi oleh sang aktor senior satu ini. Kira-kira kamu punya rekomendasi film lain yang dibintagi oleh Deddy Sutomo? Yuk kita berbagi informasi di kolom komentar.

Sandi Nugraha Photo Verified Writer Sandi Nugraha

Bismillahirrahmanirrahim

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya