Comscore Tracker

Gak Cuma Indonesia, 7 Artis Bollywood Ini Juga Terjun ke Dunia Politik

#Bollywood Ada yang mundur karena menyesal tak tepati janji

Di Indonesia, kalangan artis yang terjun ke politik selalu hangat diperbincangkan. Bahkan pada Pemilu 2019, 54 artis terdaftar menjadi calon anggota legislatif.

Salah satunya adalah Nafa Urbach yang diusung oleh Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Ia mengakui bahwa keinginannya terjun politik karena ingin memperbaiki permasalahan kekerasan pada perempuan, pelecehan anak dan pernikahan dini.

Jika beberapa artis di Indonesia terjun ke politik, India juga begitu lho ternyata. Beberapa artis terkenal Bollywood juga sama, bahkan ada yang masih aktif sampai sekarang. Penasaran, siapa saja?

1. Kirron Kher

Gak Cuma Indonesia, 7 Artis Bollywood Ini Juga Terjun ke Dunia Politikinitiateindia.in

Penyuka film Bollywood pasti sudah tidak asing dengan wajahnya, ia biasa berperan sebagai ibu dalam film-film besar seperti Devdas, Veer Zaara, Kabhi Alvida Naa Kehna dan masih banyak lagi.

Sebelum terjun politik, Kirron Kher pada tahun 2005 menjadi duta LSM yang berjuang melawan pembunuhan bayi perempuan. 4 tahun berkiprah menjadi aktivis, di tahun 2009, istri dari Anupam Kher ini memutuskan menjadi anggota partai terkemuka di India, Bharatya Janata Party (BJP).

Kirron Kher juga salah satu artis yang aktif dalam keanggotaan Partai selama kampanye. Pada tahun 2011, ia terilbat cukup sering datang ke kota Chandigarh. Karena sikap loyalnya, di tahun 2014 ia dipilih partai mengikuti pemilihan anggota parlemen dan membawanya menjadi anggota parlemen.

Bukan itu saja, ia pun memenuhi janjinya untuk menjadikan Chandigarh sebagai kota film untuk melayani industri film Punjab dan Mumbai.

2. Shatrugan Sinha

Gak Cuma Indonesia, 7 Artis Bollywood Ini Juga Terjun ke Dunia Politikwikipedia.org

Saat menjadi aktor, ia lebih dikenal menjadi aktor pelapis di era 70an akhir hingga pertengahan 80an dari aktor utama, seperti dengan Shashi Kapoor dalam Aa Gale Lag Jaa, ataupun dengan Amitabh Bachchan dalam Naseeb, Dostana dan Kala Patthar. Berbeda dengan sahabatnya, Amitabh Bachchan, Shatrughan Sinha bisa dikatakan sangat sukses karir politiknya.

Karir politiknya dimulai pada tahun 1991, saat itu ia mencalonkan diri menjadi anggota parlemen. Walaupun gagal, ia masih terus berjuang di pemilihan berikutnya. Bahkan puncak karirnya menjadi politisi adalah saat ia menjadi Menteri Kesehatan pada tahun 2003 - 2004.

Baca Juga: Penerus Kajol, 5 Aktris Bollywood Baru yang Sukses dengan Filmnya

3. Hema Malini

Gak Cuma Indonesia, 7 Artis Bollywood Ini Juga Terjun ke Dunia Politiknewindianexpress.com

Di era 70an, aktris yang dijuluki Dream Girl ini sangat terkenal, bahkan sampai sekarang. Terlepas dari kontroversinya menikah dengan aktor ternama Bollywood pada saat itu, Dhrmendra, Hema Malini salah satu aktris pencetak film-film box office di eranya.

Sebut saja Seeta Aur Geeta, Dream Girl, Kranti dan Sholay. Bahkan dalam film yang disebutkan terakhir, mendapatkan predikat film terbaik sepanjang masa.

Hampir 2 dekade bertahan di industri perfilman, awal karirnya menjadi politisi saat ia membantu sahabatnya sendiri yang juga sesama bintang film, (mendiang) Vinod Khanna di tahun 1999.

Sejak saat itu, ia mulai berpolitik, bergabung dengan salah satu partai ternama, Bharatya Janata Party (BJP). Puncak karir politiknya adalah saat ia menjabat Sekjen di partainya pada tahun 2011. Ia juga menjadi anggota parlemen di tahun 2014.

4. Mithun Chakraborty

Gak Cuma Indonesia, 7 Artis Bollywood Ini Juga Terjun ke Dunia Politikindianexpress.com

Sebelum terjun politik, Mithun Chakraborty termasuk salah satu aktor ternama sampai sekarang. Ia populer di tahun 80an berkat film Disco Dancer. Selain itu, ia juga bermain dalam film - film hits seperti Agneepath (1991), dan Jallad (1996)

Puncak karier tertingginya menjadi anggota parlemen pada 3 April 2014 - 29 Desember 2016.

5. Govinda

Gak Cuma Indonesia, 7 Artis Bollywood Ini Juga Terjun ke Dunia Politiktheindianwire.com

Hingga menjelang akhir 90an, siapa yang tidak mengenal Govinda? Aktor jenaka yang menghibur dengan film - film komedi seperti Raja Babu, Coolie No. 1, dan masih banyak lagi. Ia sempat beralih menjadi politisi pada tahun 2004 yang mengantarkannya menjadi anggota parlemen, namun karirnya berakhir hanya sebentar. Ia hanya menjadi anggota parlemen 1 periode.

Seperti ada penyesalan dalam dirinya, pada 2009 ia memutuskan tidak lagi mengikuti pemilihan. Seperti yang dilansir indiatvnews.com, "Politik tidak pernah ada dalam keluarga kami... Saya tidak akan kembali."

Fokusnya hanya tetap aktif dalam industri perfilman. Setelah tidak ingin lagi terjun politik, ia membuktikannya dalam film Partner bersama Salman Khan yang diterima sangat baik oleh penonton di India.

6. Amitabh Bachchan

Gak Cuma Indonesia, 7 Artis Bollywood Ini Juga Terjun ke Dunia PolitikInstagram.com/amitabhbachchan

Pada tahun 1984, ia memutuskan beristirahat dari dunia perfilman untuk terjun politik. Keputusannya saat itu untuk membantu teman lamanya, Rajiv Gandhi. Di Allahabad, salah satu provinsi di India yang juga tempat lahirnya, ia memenangkan pemilihan dengan margin yang cukup besar terhadap lawan politiknya.

Namun, tidak seperti karirnya di perfilman, karir Amitabh Bachchan sangat singkat dalam berpolitik. 3 tahun setelah memenangkan pemilihan, ia memutuskan mundur.

Seperti yang dilansir Indian Express, pada sebuah acara Off The Cuff, ia mengatakan: "Ketidakmampuan saya dalam menjaga janji-janji itu begitu menyakitkan. Saya terlalu banyak membuat janji ke kota Allahabad dan warganya, tetapi saya tidak mampu memenuhinya," kata Bachchan.

Ia juga sempat mengatakan tidak bisa melupakan kejadian itu, "Aku menyesal tidak memenuhi janji."

7. Paresh Rawal

Gak Cuma Indonesia, 7 Artis Bollywood Ini Juga Terjun ke Dunia Politikdnaindia.com

Ada yang ingat dengan wajahnya tapi nggak tahu namanya?

Paresh Rawal. Ia merupakan salah satu aktor multi talent yang dimiliki Bollywood, berbagai macam peran telah ia mainkan. Kelucuannya dalam film Hera Pheri (2000) dan Awara Paagal Deewana (2002) dan penampilannya dalam peran jahat dalam film Oye Lucky! Lucky Oye! (2008) sukses mendapatkan ajang penghargaan.

Bukan itu saja, film biopic karya Rajkumar Hirani yang berjudul Sanju, ia sukses memainkan peran karakter Sunil Dutt dalam film itu.

Pada tahun 2014, aktor kelahiran 30 Mei 1950 ini juga seorang politisi. Ia terpilih menjadi anggota parlemen dari daerah pemilihan di Ahmedabad bagian Timur. Saat ditanya apakah dunia akting dan cara membagi waktunya, seperti yang dilansir dnaindia.com, ia menjawab:

"Saya tidak akan meninggalkan akting... Saya pikir ini tentang manajemen waktu. Saya tidak pernah mempunyai sekretaris dalam 21 tahun terakhir untuk mengurus pekerjaan sendiri. Dan ini sangat mudah melakukannya."

Nah, itu dia beberapa selebriti Bollywood yang menjadi politisi. Walaupun ada beberapa yang mengundurkan diri, namun ada juga lho yang memenuhi janjinya, bahkan ada yang bisa membagi waktu antara karir film dan anggota parlemen.

Keren, kan?

Semoga menjadi inspirasi juga ya buat para selebritis Indonesia yang sudah terpilih menjadi calon legislatif. Dan semoga sukses menjadi anggota DPR untuk memperjuangkan janjinya selama kampanye.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, 7 Artis Bollywood Ini Bukan Warga Negara India

Sandra Sastra Photo Verified Writer Sandra Sastra

anak Sastra pemerhati film India. Sering 'iseng' di Instagram @seniman_teknik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You