Comscore Tracker

Dari Properti hingga Indomie, Ini 5 Keluarga 'Crazy Rich Indonesian'

Konglomerat tujuh turunan nih

'Crazy Rich Indonesia' sepertinya menjadi julukan yang tepat untuk kelima keluarga pemilik gurita bisnis berikut ini. Tidak hanya satu, mereka bahkan memiliki puluhan bisnis yang membuat kekayaannya semakin melimpah. Siapa saja mereka? Berikut lima keluarga pemilih kerajaan bisnis yang menggurita di Indonesia.

1. Keluarga Hartono

Dari Properti hingga Indomie, Ini 5 Keluarga 'Crazy Rich Indonesian'instagram.com/rikicipil

Forbes menyebut total harta yang dimiliki keluarga Hartono berjumlah 36 miliar dolar AS atau sekitar Rp510 triliun. Keluarga Hartono merupakan pemilik Djarum Grup dan Bank Central Asia (BCA). Selain itu, keluarga Hartono juga memiliki aset properti Hotel Indonesia (Kempinski) dan pusat perbelanjaan Grand Indonesia. 

2. Keluarga Wonowidjojo

Dari Properti hingga Indomie, Ini 5 Keluarga 'Crazy Rich Indonesian'instagram.com/anltsai

Di posisi kedua, bertengger keluarga Wonowidjojo dengan total kekayaan Rp140 triliun. Susilo Wonowidjojo merupakan pemilik PT. Gudang Garam sedangkan sang istri, Melinda Setyo, menjadi pemilik perusahaan PT. Hair Star Indonesia yang menyuplai rambut palsu ke ribuan salon di Indonesia. Mereka juga memiliki perkebunan kelapa sawit Grup Makin. 

3. Keluarga Widjaja

Dari Properti hingga Indomie, Ini 5 Keluarga 'Crazy Rich Indonesian'smart-tbk.com

Mendiang Eka Tjipta Widjaja merupakan pendiri Sinar Mas Grup yang memiliki banyak usaha yang kini dikelola keluarganya seperti perbankan, kelapa sawit, SDM, dan lainnya. Anak usahanya yang terkenal yakni Asia Pulp & Paper (APP), PT SMART Tbk, Sinar Mas Land, Smartfren dan lainnya. 

Baca Juga: 12 Gaya Artis Istri Konglomerat Pengusaha Tajir, Siapa Paling Cetar?

4. Keluarga Lohia

Dari Properti hingga Indomie, Ini 5 Keluarga 'Crazy Rich Indonesian'forbes.com

Keluarga Lohia merupakan pemilik Indorama Corporation yang memiliki kekayaan sebasar Rp110 triliun. Pendirinya adalah Sri Prakash Lohia, yang memulai bisninsnya sebagai pedagang tekstil kecil hingga berkembang menjadi bisnis-bisnis berbasis plastik dan petrokimia. Perusahaan asal Indonesia itu juga menjadi produsen poliolefin terbesar kedua di Afrika. 

5. Keluarga Salim

Dari Properti hingga Indomie, Ini 5 Keluarga 'Crazy Rich Indonesian'instagram.com/axtonsalim

Keluarga Salim memiliki harta kekayaan sebesar Rp80 triliun dan merupakan pemilik PT. Indofood Sukses Makmur Tbk yang memproduksi mi instan paling populer di Indonesia, Indomie. Salim Group juga memiliki bisnis consumer goods bermerek Indofood, jaringan ritel Indomaret, perkebunan sawit, dan lainnya. 

Itu dia lima keluarga kaya raya di Indonesia pemilik perusahaan dengan kekayaan triliunan rupiah. 

Baca Juga: 9 Artis yang Menikah dengan Konglomerat Indonesia, Keren dan Tajir!

Santi Rizki Photo Verified Writer Santi Rizki

Aku tak pernah berhenti!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya