Comscore Tracker

5 Reality Show Korea Spesial Dance, Pertunjukan Sisi Lain Idol KPop

Kompetisi para pecinta dance nih #WaktunyaKorea

Tak lupa dengan para pecinta dance, stasiun-stasiun TV Korea Selatan juga ikut mengadakan program reality show yang menjadi wadah untuk penampilan dance, baik berupa kompetisi maupun suatu misi. Tak hanya menjadi hiburan bagi para penonton, namun juga menjadi ajang pengembangan skill bagi para kontestan, mulai dari idol hingga fans.

Bagi para idol, reality show seperti ini menjadi kesempatan bagi mereka untuk menunjukkan sisi lainnya, khususnya kemampuan dance-nya sesuai style yang selama ini belum ditunjukkannya. Bagi para fans, ini menjadi wadah untuk lebih dekat dengan idolanya bahkan kesempatan untuk berkolaborasi.

Berikut lima reality show khusus dance yang ditujukan untuk para pencinta dance dari lokal hingga internasional. Ini bisa menjadi list tontonanmu untuk mengisi waktu ice breaking-mu, lho!

1. Hit the Stage 

https://www.youtube.com/embed/L1PV-AA9ZJg

Hit the Stage merupakan reality show kompetisi khusus dance yang ditayangkan di Mnet pada tahun 2016 dengan total 10 episode. Di sini para bintang grup idol berkolaborasi dengan para dancer profesional. Setiap episode telah ditentukan tema yang berbeda-beda. Oleh karena itu, para bintang dengan para dancer pilihannya harus tampil di panggung setiap minggu dengan konsep yang telah ditetapkan. Di samping itu, para panelis akan mengomentari penampilan mereka dan mereka akan memperoleh peringkat sesuai dengan hasil voting oleh 200 penonton yang hadir di studio.

Para bintang idol pria yang mengikuti kompetisi ini di antaranya Taemin (SHINee), Jang Hyun Seung (eks Beast), Hoya (Infinite), Changjo (Teen Top), U-Kwon (Block B), Seyong (Myname), Feeldog (Big Star), Yugyeom (Got7), Shownu (Monsta X), Bitto (UP10TION), Rocky (Astro), dan Ten (NCT). Sedangkan idol wanita di antaranya Stephanie (eks The Grace), Nicole (eks Kara), Hyoyeon (Girls’ Generation), Bora (Sistar), Min (miss A), Mijoo (Lovelyz), Eunjin (DIA), Chaeyeon (DIA & I.O.I), Momo (Twice), dan Chungha (I.O.I).

Di setiap episode kita akan disuguhkan sisi baru dari para idol yang tidak pernah diperlihatkan sebelumnya, khususnya pada kemampuan dance mereka. Tentunya mereka bekerja keras dan percaya diri untuk menampilkan penampilan hebatnya. Setiap tim membangun konsep sesuai tema dengan genre yang bervariatif. Di sinilah para idol berkesempatan untuk menampilkan dance sesuai style-nya masing-masing. Penentuan pemilihan yang terbaik murni hanya berdasarkan dance. Penasaran betapa kompetitifnya para idol dan betapa menawannya penampilan mereka? Kamu dapat menontonnya di channel YouTube Mnet Official.

2. WHYNOT? The Dancer

https://www.youtube.com/embed/klV6di5GXV4

WHYNOT? The Dancer merupakan reality show khusus dance yang ditayangkan di salah satu stasiun TV Korea yaitu JTBC4 pada 2018 dengan total 8 episode. Para anggota grup idol yang merupakan main dancer di grupnya di antaranya Eunhyuk (Super Junior), Lee Gi Kwang (Highlight), Lee Taemin (SHINee), dan Park Ji Sung (NCT) berkeliling dunia, tepatnya Los Angeles dan mengunjungi seorang koreografer profesional yaitu Lia Kim. Di sana mereka mempelajari koreografi yang rumit dan kembali ke Korea Selatan mereka harus merekrut grup idol untuk menampilkannya.

Ini merupakan ajang di mana mereka bisa belajar dan berbagi tentang trendy. Selain itu, menunjukkan perkembangan lain dari seorang idol KPop dengan level yang berbeda. Mereka diberikan misi untuk menjadi sutradara dance dan membuat koreografi untuk artis luar, tepatnya USA.

Awalnya misi ini hanya diberikan pada Gi Kwang dan Eun Suk, namun karena mereka merasa ini merupakan tugas yang cukup sulit, akhirnya mereka merekrut Taemin dan Jisung. Ini bisa dikatakan sebagai proyek tantangan dance global. Apakah mereka akan sukses menjawab tantangan ini? Kamu dapat menontonnya di channel YouTube JTBC4.

3. Dancing High

https://www.youtube.com/embed/M02UvMLR_kI

Dancing High merupakan reality show kompetisi khusus dance yang ditayangkan di salah satu stasiun TV Korea yaitu KBS2 pada tahun 2018 dengan total 8 episode. Reality show ini bertujuan untuk menemukan dancer terbaik di antara para remaja Korea yang mencintai dance yang nantinya akan diberikan beasiswa dance dan kesempatan belajar dance di luar negeri. Ini merupakan kompetisi dance untuk remaja dan oleh remaja.

Lebih dari 3000 remaja tertarik mengikuti kompetisi ini, namun setelah melewati seleksi yang ketat, hanya 43 tim yang terpilih untuk berpartisipasi. Lima pelatih di antaranya Lia Kim, Lee Gi Kwang (Highlight), Hoya (Infinite), Lee Seung Hoon (Winner), dan Young J dan J Ho (grup tari Just Jerk) memilih 35 dancer remaja untuk bersaing dalam kompetisi ini.

Di evaluasi pertama, para remaja top 10 terbaik berdasarkan skor yang diberikan para kontestan lainnya berkesempatan untuk memilih pelatih mereka terlebih dahulu, dan selanjutnya para pelatih akan memilih sisa anggota timnya. Para remaja memiliki keahlian dance yang bervariasi di antaranya locking, hip hop, break dance, urban dance, KPop, waacking, kontemporer dance, krumping, voguing, dan popping. Oleh karena itu, ini menjadi tantangan bagi para pelatih dalam menyusun strategi dalam pembentukan tim.

Melalui reality show ini kita akan disuguhkan betapa semangatnya para remaja bekerja sama untuk menunjukkan penampilan terbaiknya dan juga betapa tulusnya para pelatih dalam membimbing mereka menuju jalan mencapai mimpi mereka. Penasaran bagaimana prosesnya? Kamu dapat menontonnya di channel YouTube KOCOWA TV, KBS KPop dan juga viu.

Baca Juga: Top 10 Selebriti Korea Paling Berpengaruh di 2020 Versi Forbes Korea

4. Stage K

https://www.youtube.com/embed/t4RKHjJw7aU

Stage K merupakan kompetisi dance KPOP global yang ditayangkan di salah satu stasiun TV Korea yaitu JTBC pada tahun 2019 dengan total 11 episode. Penggemar global memasuki kompetisi ini untuk dapat berdiri di panggung bersama idola KPop-nya. Ini merupakan tantangan global untuk para penggemar KPop di seluruh dunia yang suka cover dance KPop. Para peserta yang tertarik mengikuti kompetisi ini berasal dari 77 negara berbeda.

Peserta yang berpartisipasi telah melewati seleksi awal dan berhasil mewakili negaranya untuk tampil di panggung utama di Seoul, Korea Selatan. Pemenang akan berkesempatan untuk tampil dengan idola KPop-nya di panggung, bahkan juga berkolaborasi bersama di atas panggung. Setiap episode dihadirkan grup idol yang berbeda-beda.

Selain itu, setiap minggunya hanya 4 tim terbaik yang akan datang ke Korea dan tampil di depan idola mereka. Pada akhirnya, hanya tim pemenang yang dapat tampil berkolaborasi dengan idol KPop. Penasaran bagaimana penampilan para tim menarik perhatian para idolanya? Kamu dapat menontonnya di JTBC Entertainment.

5. Road to Kingdom

https://www.youtube.com/embed/28zJshLmZnA

Road to Kingdom merupakan reality show yang ditayangkan di Mnet pada tahun 2020 dengan total 8 episode. Reality show ini merupakan program battle antar 7 grup idol pria bertalenta namun kurang diketahui banyak orang, di antaranya Pentagon, ONF, Golden Child, The Boyz, Verivery, Oneus, dan TOO untuk mendapatkan tempat di Kingdom.

Para grup idol akan menampilkan keahliannya melalui penampilan 90 detik. Ketujuh grup berkompetisi dengan tujuan untuk menang dan berkesempatan untuk tampil di pertunjukan mendatang yaitu Kingdom. Para grup idol akan berkompetisi melewati empat babak dan dua grup akan dieliminasi selama pertunjukan. Itu artinya, hanya lima grup yang berkesempatan untuk tampil di final secara live.

Para grup idol berusaha keras untuk menampilkan performance hebatnya melalui konsep dan koreografi dance yang sangat menakjubkan. Penasaran bagaimana keberhasilan para grup idol dalam menguasai panggung? Kamu dapat menontonnya di channel YouTube Mnet KPop.  

Itulah lima reality show Korea Selatan khusus dance. Wah, ternyata genre dance itu bervariasi juga ya. Terus berkarya untuk para pencinta dance!

Baca Juga: Ini 10 Film Korea yang Menceritakan Perjuangan untuk Bertahan Hidup

Sarah Ferwinda Photo Writer Sarah Ferwinda

Who passionate about writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya