Comscore Tracker

5 Survival Show yang Melahirkan Idol Group Korea dari Agensi Besar

Semuanya jadi idola panutan! #WaktunyaKorea

Sudah tidak diragukan lagi, Korea Selatan berhasil menguasai dunia Internasional melalui Idol KPop. Namun, bukan hal yang mudah perjalanan para idol untuk berhasil mencapai mimpinya. Mereka harus menjalani training sebagai trainee yang terkadang harus bertahun-tahun untuk bisa debut. Mereka dituntut untuk bisa segala hal, nyanyi, rap, dance, visual, bahasa, pengetahuan, dan lain sebagainya. 

Terkadang berhasil debut namun tidak terkenal yang akhirnya agensi terpaksa harus melakukan disband. Oleh karena itu, agensi-agensi besar seperti YG, JYP, dan Big Hit Entertainment lebih memilih untuk mendebutkan para trainee-nya melalui ajang survival show, di mana dapat dinilai oleh juri dan juga para netizen.

Berikut lima survival show yang dibesut oleh agensi-agensi besar yang berhasil mendebutkan grup idol mereka. Sekalian belajar bagaimana tidak putus asa berjuang dari mereka ya! 

1. WIN: WHO IS NEXT

https://www.youtube.com/embed/4EHnnF95l0I

Survival program WIN: WHO IS NEXT ini diselenggarakan oleh agensi YG Entertaiment yang ditayangkan di Mnet dan tvN pada tahun 2013. Grup idol yang berada di bawah naungan YG Entertainment yang telah debut sebelum survival show ini yaitu BIGBANG yang debut pada tahun 2006 dan 2NE1 yang debut pada tahun 2009. Tujuan YG Entertainment menyelenggarakan survival program ini yaitu untuk mendebutkan boy band baru setelah 8 tahun lamanya BIGBANG debut.

Ada 11 trainee YG yang diikutkan dalam survival program WIN ini. Mereka dibagi dalam dua tim, yaitu Tim A dan Tim B yang pada akhirnya hanya satu tim yang dipilih oleh audiens yang akan debut sebagai WINNER (nama grup bagi yang berhasil debut). Tim A terdiri dari 6 trainee laki-laki dengan usia rata-rata 20 tahun, di antaranya Kang Seung Yoon, Song Min Ho, Lee Seung Hoon, Kim Jin Woo, dan Nam Tae Hyun.

Sedangkan Tim B terdiri dari 5 trainee dengan usia rata-rata 17 tahun, di antaranya Kim Han Bin (B.I), Kim Jin Hwan, Kim Ji Won (Bobby), Song Yoon Hyung, Koo Jun Hoe, dan Kim Dong Hyuk. Selama menjalani masa training-nya, para trainee latihan selama 12 jam setiap harinya di gedung latihan yang terpisah dari YG Building. YG Building hanya diperuntukkan bagi artis-artis YG yang telah debut, tidak untuk para trainee.

Sepanjang program ini kamu akan melihat bagaimana perjuangan para trainee untuk dapat debut, dimulai dari kemampuan kepemimpinan seorang leader, kekompakan tim, kreativitas mengaransemen lagu, menciptakan koreografi, bahkan menciptakan lagu sendiri. Tentunya ada dukungan dari para senior mereka yang telah sukses, di antaranya GDragon dan Taeyang ditantang untuk menjadi mentor di salah satu misi dan diberikan penilaian oleh personil BIGBANG lainnya dan juga 2NE1. 

Tidak hanya berkompetisi dengan trainee sesama agensi, mereka juga ditantang untuk battle dengan para trainee dari JYP Entertainment. Mereka harus battle 3 babak, di antaranya rap, dance, dan menyanyi. Tim yang akan maju di setiap babak dipilih oleh Yang Hyun Suk (CEO YG Entertainment pada masa itu).

Di sini tekanannya lebih besar karena mereka mempertaruhkan harga diri dan nama baik agensi. Penasaran gimana keseruannya dan ingin ikut merasakan gimana semangat berjuang mereka? Kamu dapat menontonnya di channel YouTube YG Entertainment atau Mnet K-POP.

2. Mix and Match

https://www.youtube.com/embed/825Eio2Q_uo

Setelah berhasil mendebutkan idol group WINNER yang dimenangkan oleh Tim A, banyak permintaan dari para fans di berbagai negara yang meminta Yang Hyun Suk selaku CEO YG Entertainment untuk tidak membubarkan Tim B. Para fans dan YG Family sangat salut akan kekompakan Tim B.

Akhirnya, di tahun 2014 YG Entertainment kembali menyelenggarakan survival program yaitu Mix and Match. Proses seleksi Mix and Match ini melalui tiga 'battle matches' dan penilaian dari juri dan audiens dipisah. Ada sembilan anggota yang berpartisipasi, di antaranya 6 anggota dari Tim B dan 3 anggota trainee baru akan bertarung untuk mendapatkan 7 spot, yang akhirnya debut sebagai grup bernama IKON. 

Sementara itu, untuk melatih kepemimpinan B.I, Jin Hwan, dan Bobby, yang di mana mereka merupakan trainee dengan masa pelatihan yang paling lama maka dalam survival ini dibagi dalam tiga tim. Setiap tim dipimpin oleh B.I, Jin Hwan, dan Bobby. Ini berlaku untuk penampilan menyanyi, namun untuk penampilan dance mereka tetap 1 tim. 

Konflik yang terjadi di survival ini disebabkan karena kehadiran tiga trainee baru, di mana ada kemungkinan beberapa anggota Tim B dapat tergantikan oleh member baru. Tim B merasa tidak adil jika malah trainee baru yang debut. Penasaran bagaimana mereka mengatasi konflik di antara mereka? Kamu dapat menonton full episodenya di channel YouTube YG Entertainment dan Mnet K-POP.

Baca Juga: 7 Idol KPop yang Ikut Survival Show Tiongkok dan Berhasil Debut

3. Stray Kids

https://www.youtube.com/embed/bqnJd5N2pI8

Survival show Stray Kids ini diselenggarakan oleh JYP Entertainment dan Mnet pada tahun 2017, bertujuan untuk mendebutkan grup idol yang ditayangkan di Mnet. Sebelumnya JYP Entertainment juga telah menyelenggarakan survival program Sixteen, yang berhasil mendebutkan girl group TWICE.

Di balik terpilihnya Stray Kids sebagai generasi selanjutnya yang direncanakan untuk debut, para kontestan ini harus melawan trainee tim wanita yang dibentuk oleh tim training, sedangkan tim laki-laki ini dibentuk oleh trainee sendiri, yaitu Bang Chan.

Nah, melalui evaluasi Showcase, salah satu di antara 2 tim ini yang akan dipilih untuk didebutkan dan pada akhirnya Park Jin Young selaku CEO JYP Entertainment memilih tim laki-laki sebagai kandidat debut. Oleh karena itu diselenggarakanlah survival show Stray Kids ini yang terdiri dari 9 trainee, di antaranya Bang Chan, Seo Chang Bin, Han Ji Sung, Hyun Jin, Felix, Lee Min Ho, Kim Woo Jin, Kang Seung Min, dan Yang Jeong In.

Sementara itu, untuk menuju debut, tim laki-laki diberikan misi-misi oleh Park Jin Young dan apabila ada yang keterampilannya kurang, tertinggal jauh, dan tidak bisa menyatu dengan tim maka akan dieliminasi. Dengan demikian, mereka tidak bisa debut bersama.

Tentunya semua anggota ingin debut bersama-sama sebagai satu kesatuan tim bersembilan. Oleh karena itu, mereka latihan cukup intens dan keras di bawah pimpinan Bang Chan, selaku leader yang menjalani masa trainee ke-7 tahunnya. Sama halnya dengan YG, kali ini JYP juga melakukan battle dengan trainee YG Entertainment. Battle antar kedua agensi ini meruapakan tradisi dari tahun ke tahun apabila salah satu dari mereka mengadakan survival show. 

Survival show ini berhasil melahirkan boy group yang dikenal sebagai STRAY KIDS. Penasaran bagaimana mereka berhasil menyelesaikan setiap misinya? Kamu bisa menontonnya di YouTube channel Mnet K-POP.

4. YG Treasure Box

https://www.youtube.com/embed/9_qidyxaQE8

Survival show yang satu ini diselenggarakan oleh YG Entertainment pada tahun 2018. Pada survival kali ini, YG membagi para trainee menjadi 4 kelompok, yaitu Treasure, A, B, C,dan J.

Treasure A yang merupakan trainee dengan rata-rata masa training 4 tahun terdiri dari 7 tarinee, Treasure B yang merupakan tim pemula yang dipilih melalui casting jalanan terdiri dari 8 trainee, Treasure C yang merupakan trainee termuda terdiri dari 7 trainee, dan ada tambahan 7 trainee dari Jepang yang diberi nama Treasure J. Jadi, total trainee yang mengikuti survival show ini yaitu 29 trainee

Penilaian dilakukan kepada setiap individu yang kemudian diberi perankingan. Pada awalnya, Yang Hyun Suk berencana untuk mendebutkan grup idol dengan 5 anggota, namun di tengah perjalanan acara memutuskan menjadi 7 anggota. Oleh karena itu, tujuh anggota yang menempati ranking teratas akan masuk ke dalam tim kandidat debut, yang dinamakan Treasure 7.

Misi-misi yang diberikan terdiri dari setiap grup menampilkan lagu dari senior yang telah debut sesuai pilihan masing-masing grup yang dinilai oleh para juri, menampilkan keterampilan unik yang dimiliki masing-masing trainee di depan seniornya yaitu BLACKPINK, battle 1:1 antara Treasure 7 dengan trainee lainnya, battle 2:2, dan penampilan langsung yang dibagi menjadi 4 tim dan menampilkan lagu yang telah ditetapkan.

Melalui survival ini YG berhasil mendebutkan boy group yang dikenal dengan TREASURE. Penasaran bagaimana konflik yang terjadi dan bagaimana para trainee berjuang? Kamu bisa menontonnya di channel YouTube YG Treasure Box.

5. I-LAND

https://www.youtube.com/embed/QYNwbZHmh8g

I-LAND merupakan survival show Big Hit Entertainment pertama yang bekerja sama dengan CJ E&M Entertainment yang diselenggarakan oleh Belift Lab pada tahun 2020. Uniknya, survival ini menggunakan sistem I-LAND, di mana semua fasilitas telah disediakan dan semuanya dikendalikan oleh sistem.

Fasilitas yang diberikan berkualitas tinggi dan mewah. I-Land merupakan tempat yang benar-benar terisolasi dari luar yang berada di tengah hutan, yang didesain berbentuk telur. Di tempat inilah para trainee yang bermimpi menjadi idol akan tumbuh sendiri dan keluar dari telur mereka. Hanya ada dua aturan di I-LAND, yaitu waktu terbatas dan pilihan sendiri, yang artinya para trainee sendiri yang bertanggung jawab atas memecahakan telur mereka untuk dapat keluar dan debut.  

Ditambah lagi, Rain dan Zico bersama Bang Si Hyuk selaku CEO Big Hit Entertainment ikut memberikan penilaian kepada para trainee. Ada 23 trainee yang berhasil dipilih melalui Global Audition yang berasal dari beragam negara yang diikutkan dalam survival show ini. Mereka akan dinilai oleh para produser di ruangan rahasia melalui monitor.

Menariknya, hanya 12 trainee terpilih yang bisa mendapatkan seluruh fasilitas yang tersedia di I-LAND, sedangkan sisanya akan ditempatkan ke Ground, yang hanya tersedia ruang latihan tanpa fasilitas lainnya. Oleh karena itu, setelah latihan para trainee yang ditempatkan di Ground dipulangkan dan kembali lagi keesokan paginya.

Selain itu, astinya ada dukungan selama menjalani program ini dari senior mereka yang telah berhasil sukses yaitu BTS dan SEVENTEEN. Hasil survival show ini berhasil mendebutkan grup idol yang diberi nama ENHYPEN yang terdiri dari 7 anggota. Penasaran bagaimana mandirinya mereka dalam menyelesaikan semua tantangan? Kamu dapat menontonnya di channel YouTube Mnet K-POP. 

Itulah lima survival show yang diselenggarakan oleh agensi-agensi besar yang berhasil melahirkan idol bertalenta. Tidak mudah bukan perjuangan mereka? Namun percayalah usaha tidak akan mengkhianati hasil. Tetap semangat dan sukses terus untuk para idol dan juga para penggemar!

Baca Juga: Profil 7 Member ENHYPEN, Boy Group Jebolan I-LAND yang Segera Debut

Sarah Ferwinda Photo Verified Writer Sarah Ferwinda

Who passionate about writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya